PBESI Serahkan Bonus SEA Games ke-32 & Lepas Timnas ke IESF Romania

Billy Rifki
20/08/2023 16:07 WIB
PBESI Serahkan Bonus SEA Games ke-32 & Lepas Timnas ke IESF Romania
Press release

Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) resmi melepas Tim Nasional Esports Indonesia untuk berangkat bertanding pada kejuaraan dunia esports IESF 15th World Esports Championships 2023 yang akan berlangsung di Iasi, Rumania. Pelepasan dipimpin langsung oleh Ketua Harian PB ESI, Komisaris Jenderal Polisi Drs.Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum., dan dihadiri oleh para atlet, pelatih, serta orang tua dan keluarga atlet.

Ketua Harian PB ESI Komisaris Jenderal Polisi Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum.melalui pesan penuh motivasinya memberikan semangat kepada segenap Tim Nasional Esports Indonesia untuk berjuang seoptimal mungkin, tidak gentar menghadapi lawan, namun tetap menjunjung tinggi sportivitas, fairplay, dan integritas di sepanjang perhelatan IESF 15th World Esports Championships 2023 sehingga mampu menorehkan prestasi terbaik.

“Kami berharap, prestasi emas yang telah ditorehkan Tim Nasional Esports Indonesia padakejuaraan dunia esports ke-14 atau IESF 14th World Esports Championships 2022 yang berlangsung di Bali tahun lalu dapat dipertahankan pada kejuaraan dunia esports tahun ini.

Kami juga berharap, perjuangan terbaik dan prestasi yang ditorehkan nanti akan makin menguatkan posisi esports Indonesia dikancah dunia, sekaligus makin menginspirasi seluruh pelaku esports tanah air untuk berlomba-lomba menorehkan prestasi dunia lainnya guna memajukan ekosistem esports Indonesia,” pesannya.

Kepala Badan Tim Nasional Esports Indonesia untuk IESF 15th World Esports Championships 2023 Eddy Lim dalam laporannya mengungkapkan bahwa seluruh rangkaian kegiatan Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) telah berjalan dengan baik. Tim Nasional Esports Indonesia pun siap memberikan performa terbaik dan berupa optimal untuk dapat mempertahankan gelar juara.

“Tim Nasional yang terpilih melalui seleksi ketat dan berlatih serius mengikuti seluruh rangkaian Pelatnas merupakan tim-tim terbaik yang kami harapkan mampu mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Iasi, Rumania. Selama Pelatnas, PB ESI telah memberikan fasilitas dan dukungan persiapan teknis dan nonteknis guna mampu mewujudkan target mempertahankan gelar juara umum pada kejuaraan dunia esports ke-15 IESF World Esports Championships 2023. Dengan fokus dan disiplin, Tim Nasional Esports Indonesia dapat membalas kepercayaan yang telah diberikan oleh bangsa Indonesia dengan perjuangan dan prestasi terbaik,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, PB ESI juga memberikan apresiasi berupa bonus dan penghargaan kepada para atlet yang telah sukses menjadikan Indonesia sebagai juara umum cabang olahraga esports pada perhelatan multi event terbesar di Asia Tenggara, SEA Games ke-32 Kamboja,2023.

Pada perhelatan tersebut, Indonesia berhasil keluar sebagai negara terkuat pada cabor esports di Kawasan Asia Tenggara setelah meraih 3 Emas melalui MLBB Women Team,PUBGM Team, dan Valorant Team. Indonesia juga meraih 2 Perak melalui Alan Raynold Kumaseh atlet PUBGM Perseorangan dan CrossFire Team.

Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Drs. Bambang Sunarwibowo,S.H., M.Hum. meluapkan rasa bangga atas capaian Tim Nasional Esports Indonesia atas prestasi yang diraih pada kompetisi antar bangsa.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim Nasional Esports Indonesia yang telah menuntaskan target PB ESI meraih gelar juara umum pada SEA Games ke-32 Kamboja2023. Prestasi tersebut tentunya sangat berarti dalam menguatkan reputasi esports Indonesia setelah sebelumnya di penghujung tahun 2022 Timnas Esports Indonesia juga meraih gelar Juara Umum pada kejuaraan esports dunia ke-14 IESF World Esports Championships yang berlangsung di Bali. Bonus ini adalah tanda apresiasi dari PB ESI kepada para atlet esports nasional yang telah mendarmabaktikan perjuangan serta kemampuan terbaiknya untuk bangsa dan negara dan diharapkan dapat memacu pencapaian prestasi dunia yang lebih hebat lagi di masa depan,” pesannya.

Bambang menambahkan bahwa capaian yang diraih oleh Tim Nasional Esports Indonesia pada SEA Games ke-32 Kamboja 2023 juga menjadi kado istimewa di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

“Kami berharap Tim Nasional Esports Indonesia akan terus menorehkan prestasi dipanggung esports antar bangsa, mengibarkan Merah Putih dipuncak tertinggi dunia, mengumandangkan Indonesia Raya di pentas dunia, dan menjadi figur-figur inspirasional bagi generasi penerus bangsa lainnya,”pungkasnya.

Atlet Berprestasi di Kompetisi Antar Bangsa Berpeluang untuk Mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Persepsi bahwa atlet esports memiliki masa depan yang tidak terjamin saat ini telah terpatahkan. Sebab, Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan kesempatan kepada atlet esports peraih medali emas pada ajang SEA Games ke-32 Kamboja 2023 untuk mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Mereka yang mendapat kesempatan tersebut diantaranya Timnas Free Fire (SEA Games ke-31 Vietnam 2021), Timnas PUBG Mobile (SEA Games ke-31 Vietnam 2021), Timnas Valorant (SEA Games ke-32 Kamboja 2023), Timnas Mobile Legends: Bang-Bang Wanita (SEA Games ke-32 Kamboja 2023) dan Timnas PUBG Mobile (SEA Games ke-32 Kamboja 2023).

Ketua Harian PB ESI bersama dengan perwakilan Timnas Esports Indonesia peraih medali emas pada ajang SEA Games ke-32 Kamboja 2023.

Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Drs. Bambang Sunarwibowo,S.H.,M.Hum. kesempatan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh atlet esports Tanah Air.

“Kami berharap, kesempatan yang diberikan oleh Pemerintah dan Kemenpora dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh atlet esports untuk meningkatkan prestasi esports Indonesia di kejuaraan antar bangsa serta menguatkan ekosistem esports Tanah Air. Kesempatan positif ini merupakan bukti nyata bahwa esports dapat menjadi salah satu pintu untuk meningkatkan kesejahteraan atlet. Seperti mendapat jaminan pekerjaan dan jaminan ketika mereka purna tugas,” pungkasnya.

Bambang berharap kesempatan ini dapat meyakinkan para orang tua untuk tidak ragu mendorong anaknya menjadi atlet esports. Sebab, meningkatnya industri esports Tanah Air serta peluang yang hadir diharapkan dapat mendatangkan masa depan gemilang untuk anak mereka.