ASUS Memperkenalkan Motherboard dan Kartu Grafis BTF dengan Konektor Tersembunyi

Billy Rifki
11/01/2024 21:10 WIB
ASUS Memperkenalkan Motherboard dan Kartu Grafis BTF dengan Konektor Tersembunyi

Solusi Advanced BTF (Back to the Future) yang inovatif adalah pendekatan perakitan PC yang mudah dan rapi dengan membuat kabel tidak terlihat.

ASUS mengumumkan kehadiran ekosistem ROG BTF dan TUF Gaming BTF White yang masing-masing didesain untuk menyembunyikan kabel sehingga para perakit mendapatkan tampilan PC yang bersih dan tertata rapi di beragam kondisi. Inovasi ini diwujudkan melalui konektor PCIe® daya tinggi pada kartu grafis yang kompatibel dengan slot daya tinggi kartu grafis pada motherboard BTF.

BTF vs Advanced BTF

Ekosistem komponen BTF ASUS memberikan beragam opsi rakitan PC dengan konektor tersembunyi kepada pengguna. Dengan kombinasi chassis BTF dan motherboard BTF seperti TUF Gaming B760M-BTF WiFi D4, pengguna dapat menyembunyikan semua kabel yang terhubung langsung ke motherboard, misalnya kabel pemasok daya ke motherboard, penyambung drive SATA 2,5 inci, penyambung kipas casing, dan kabel penyambung tombol front panel dan port I/O.

Pilihan kelas atas dengan konektor tersembunyi: ROG Maximus Z790 Hero BTF

ASUS meluncurkan dua motherboard BTF terbaru yang dibekali dengan konektor tersembunyi, salah satunya ROG Maximus Z790 Hero BTF yang canggih. Dari segi desain dan spesifikasi, motherboard premium ini memiliki benyak kesamaan dengan ROG Maximus Z790 Dark Hero. Seperti halnya Dark Hero, motherboard ini memiliki corak bayangan, panel lapis baja, dan heatsink VRM yang besar. Pencahayaan Polymo pada shroud I/O menyempurnakan semuanya dengan menghadirkan aksen yang sempurna. Susunan mikrostruktur cahaya dan warna ini dilengkapi dengan dua lapisan pencahayaan RGB yang bekerja sama untuk menampilkan desain ROG yang berkilau.

Motherboard BTF dengan aksen putih yang menonjol: TUF Gaming Z790-BTF WiFi

ASUS telah menawarkan jajaran periferal, monitor, casing, kartu grafis, pendingin AIO, dll dengan warna putih, kini ASUS siap untuk menambahkan motherboard BTF bertema putih ke dalam jajaran produknya. Oleh karena itu, ASUS memperkenalkan motherboard WiFi TUF Gaming Z790-BTF.

Desain konektor tersembunyi memungkinkan peningkatan dan perluasan heatsink M.2, sehingga pengguna mendapatkan pendinginan yang baik pada SSD sekaligus tampilan rakitan yang mengesankan. Bahkan ASUS WiFi Q-Antenna dibekali dengan lapisan berwarna putih untuk memastikan rakitan PC memiliki tampilan yang serasi.

Dua opsi chassis untuk rakitan BTF

Untuk menghadirkan kompatibilitas yang luas, ASUS menawarkan dua opsi. Pertama adalah ROG Hyperion GR701 BTF Edition. Edisi chassis khusus yang telah memenangkan penghargaan ini mengadopsi rangkaian fitur premium chassis asli, kemudian menambahkan bentuk motherboard tray yang dapat dipasang dengan pas, sehingga pengguna dapat mengakses konektor motherboard BTF mereka. Seperti versi standar, chassis ini menawarkan performa pendinginan yang luar biasa dengan dukungan radiator ganda berukuran 420 mm, empat kipas berukuran 140 mm, dan hub kipas internal. Chassis ini juga menawarkan banyak ruang untuk memasangkan kartu grafis yang paling besar sekalipun, sekaligus menyediakan ruang manajemen kabel sedalam 34 mm dengan jalur rute kabel sepanjang 46 mm yang membantu proses perakitan.

Untuk memasang motherboard TUF Gaming Z790-BTF WiFi dengan sempurna, ASUS memperkenalkan chassis TUF Gaming terbaru, yaitu TUF Gaming GT302 ARGB. Chassis tipe mid-tower berwarna putih yang memukau ini siap dipakai untuk motherboard BTF serta menawarkan sejumlah peningkatan pendinginan dan fitur inovatif yang dapat menyederhanakan proses perakitan.

Kartu grafis BTF siap bergabung dalam pertarungan

 

Pengguna dapat menggunakan kartu grafis tradisional atau kartu grafis BTF pada motherboard BTF, karena ASUS telah menghadirkan slot PCIe 5.0 x16 yang dapat digunakan pada GPU apa pun. Meskipun demikian, jika pengguna menggunakan kartu grafis standar, mereka membutuhkan kabel daya yang terhubung seperti biasa serta dapat menonjol keluar dari rakitan konektor tersembunyi. Oleh karena itu, ASUS telah mengembangkan dua kartu grafis BTF: ROG Strix GeForce RTX™ 4090 BTF Edition dan TUF Gaming GeForce RTX™ 4070 Ti SUPER BTF White Edition. Alih-alih menggunakan konektor daya eksternal 16-pin tradisional, kedua kartu grafis tersebut ini memiliki konektor PCIe daya tinggi di bagian bawah untuk transmisi daya - sebuah mekanisme yang sama seperti pada server GPU. (Harap diperhatikan, meskipun pengguna tidak memerlukan kartu grafis BTF saat menggunakan motherboard BTF, jika pengguna membeli kartu grafis BTF, mereka harus memasangnya di motherboard BTF).

Standar baru untuk showcase build

Dengan motherboard WiFi ROG Maximus Z790 Hero BTF dan TUF Gaming Z790-BTF WiFi, pengguna memiliki dua opsi konektor tersembunyi berkinerja tinggi yang siap menyederhanakan proses perakitan dan memberikan tampilan PC yang bersih dan profesional. ROG Strix GeForce RTX™ 4090 BTF Edition dan TUF Gaming GeForce RTX™ 4070 Ti SUPER menawarkan gaya yang saling melengkapi dan performa gaming yang luar biasa, sedangkan ROG Hyperion GR701 BTF Edition dan TUF Gaming GT302 ARGB memberikan kompatibilitas yang dibutuhkan pengguna dalam dua pilihan warna yang berbeda.

Opsi chassis BTF lebih banyak dari BTF Alliance

Para pengguna dapat melihat opsi-opsi case ini pada kuartal pertama 2024. Pada bulan Januari, Thermaltake, Inwin, dan Phanteks akan memulai meluncurkan beragam case seperti Thermaltake Ceres 330 TG ARGB, Inwin F5, dan Inwin D5. Pada bulan Februari, Cooler Master akan meluncurkan MasterBox 600, dan Corsair akan meluncurkan seri 6500. Selain itu, Silverstone juga berencana untuk meluncurkan SETA A2 series dari beragam case PC yang siap untuk BTF pada kuartal pertama 2024. Selain itu, penggemar produsen be quiet!, Lian Li, dan Aerocool juga akan senang karena semua produsen ini juga akan meluncurkan desain chassis BTF. Nantikan pengumuman mereka dalam beberapa minggu ke depan.