Kesuksesan Agenda Penting Esports Nasional dan Internasional 2024 Menjadi Fokus Utama PB ESI

Billy Rifki
23/01/2024 11:59 WIB
Kesuksesan Agenda Penting Esports Nasional dan Internasional 2024 Menjadi Fokus Utama PB ESI

Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) menegaskan komitmennya untuk menyukseskan kegiatan-kegiatan yang menjadi agenda utama esports nasional dan internasional sepanjang 2024. 

Demikian disampaikan oleh Ketua Harian PB ESI, Komisaris Jenderal Polisi Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum., pada penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) yang berlangsung di Kantor Pusat, Jakarta.

Dalam arahannya, Ketua Harian PB ESI menjelaskan, salah satu agenda penting esports nasional 2024 yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 yang berlangsung di Sumatera Utara dan Aceh membutuhkan dedikasi dan kontribusi optimal dari PB ESI dan segenap ekosistem esports tanah air yang terlibat guna mewujudkan capaian prestasi yang mampu menguatkan kompetensi esports nasional. 

Agenda esports nasional yang membutuhkan dukungan optimal adalah Liga Esports Nasional, termasuk liga nasional yang diperuntukkan bagi pelajar dan mahasiswa.

“Kami berharap, PON XXI 2024 mampu melahirkan generasi baru bintang-bintang esports Indonesia. Begitu pula harapan kami terhadap Liga Esports Nasional. Di tengah persaingan esports dunia yang makin ketat, kita membutuhkan atlet-atlet yang tidak hanya skillful, namun juga berkarakter, bermental baja dan terpuji, serta punya komitmen tinggi dalam bela negara,” tutur Ketua Harian PB ESI.

Terkait harapannya tersebut, Ketua Harian PB ESI mengimbau kepada seluruh jajaran PB ESI untuk terus meningkatkan sinergi bersama seluruh ekosistem, di antaranya pengembang dan penerbit gim, tim-tim esports profesional dan amatir, dunia pendidikan, hingga komunitas. 

Sinergi tersebut diyakini dapat memberikan dorongan terhadap pertumbuhan esports secara inklusif.

Sebelum arahan yang disampaikan oleh Ketua Harian, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB ESI Frengky Ong memaparkan beberapa agenda penting esports 2024. 

Selain terus melanjutkan misinya dalam melakukan pembinaan talenta esports sejak dini, menjadikan Indonesia sebagai pusat esports terkemuka di Asia, Frengky menginformasikan beberapa kejuaraan esports internasional yang akan menjadi fokus PB ESI selama 2024 ini.

“Indonesia akan berpartisipasi pada Kejuaraan Dunia Esports IESF ke-16 yang tahun ini finalnya akan berlangsung di Riyadh, Saudi Arabia. Perjuangan Indonesia tahun ini lebih menantang, karena di semua nomor yang diikuti harus melalui kualifikasi zona. Perlu persiapan yang strategis guna meraih prestasi optimal. Agenda lain adalah pesta olahraga multi cabang prestisius tingkat Asia, Asian Indoor dan Martial Arts Games (AIMAG) yang akan berlangsung di Bangkok,” ujar Frengky.

Capaian Prestasi Esports Indonesia 2023 Komitmen untuk mencapai prestasi yang lebih baik pada 2024 dilandasi prestasi Indonesia di sepanjang 2023. 

Catatan paling mengesankan ditorehkan Indonesia pada penyelenggaraan SEA Games ke-32 Cambodia 2023 di mana Indonesia tampil perkasa menjadi juara umum dengan raihan 3 emas dan 2 perak. 

Kemudian, Indonesia berhasial menyabet medali perak untuk nomor MLBB pada Kejuaraan Dunia Esports IESF ke-15 yang berlangsung di Iasi, Rumania. Tahun lalu, IESF juga menominasikan Indonesia sebagai National Federation of The Year 2023. 

Ekosistem esports di Indonesia juga mendapatkan kepercayaan internasional untuk menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan esports internasional di antaranya M4 World Championship 2023, Bali Major 2023, MPL Invitational 2023, Snapdragon Pro Series SEA Season 3, Ragnarok Stars 2023, dan Grand Final PUBG Mobile Global Championship 2023.

PB ESI bersama Garudaku sebagai mitra pelaksana juga sukses menggelar Liga Esports Nasional 2023 dengan konsep Terbuka, Tersebar, dan Tertata. 

Tahun ini, Liga Esports Nasional akan kembali bergulir dengan melibatkan kota besar di Indonesia, termasuk Medan, Yogyakarta, Padang, dan Samarinda. Sistem yang dijalankan dalam kompetisi tersebut di antaranya Liga 3, Liga 2, dan Liga 1 Esports Nasional.

PB ESI juga memberikan wadah untuk pengembangan talenta-talenta muda melalui penyelenggaraan Liga Esports Nasional Pelajar 2023 bersama Akademi Garudaku sebagai mitra pelaksana. 

Tercatat, lebih dari 1300 sekolah, dengan partisipasi mencapai 1.600 tim dan 10.000 pelajar tingkat SMA/SMK/Sederajat berpartisipasi di Liga Esports Nasional Pelajar 2023. Jumlah peserta diharapkan dapat meningkat pada gelaran Liga Esports Nasional Pelajar mendatang.