Esports

Pokemon Unite Tutup Server di Belgia dan Belanda pada 2025

Aldodanoza
29/09/2024 23:58 WIB
Pokemon Unite Tutup Server di Belgia dan Belanda pada 2025
kedua negara tersebut memiliki kendala politik yang mengharuskan Nintendo tutup server Pokemon Unite (Foto Nintendo)

Pokemon Unite akan tutup layanan di Belgia dan Belanda pada 2025 ini menurut pengumuman yang diberikan oleh TiMi Studios dan The Pokemon Company pada akhir September 2024 ini. Mulai dari 31 Oktober 2024, kamu yang bermain Pokemon Unite di kedua negara tersebut tidak akan bisa membeli mata uang dalam game termasuk Aeos Gems untuk membeli skin impian kamu.

Kedua game tersebut akan tutup server pada 30 November 2025, dimana kamu tidak akan bisa memainkan game tersebut di Android, iOS, dan bahkan di Nintendo Switch untuk kedua negara tersebut. Pihak The Pokemon Company masih belum mengumumkan alasan di balik penutupan server ini.

Namun ada pendapat dari dari Sub reddit r/PokemonUnite, bahwa kedua negara tersebut memiliki permasalahan perundang-undangan terkait hukum anti gacha. Amat mungkin karena perundang-undangan ini, beberapa game yang rilis di kedua negara ini akan sulit bilamana memiliki microtransaction dan beberapa fitur yang merujuk ke gacha.

Pokemon Unite adalah game MOBA garapan TiMi Studios dan The Pokemon Company yang sudah rilis sejak 2021 lalu. Hadir di Nintendo Switch secara eksklusif, Pokemon Unite umumkan perilisannya di mobile beberapa bulan kemudian. Hingga saat ini ada 60 lebih Pokemon yang bisa kamu mainkan, termasuk Darkrai dan Magikarp yang sudah bisa kamu mainkan sejak September 2024 ini.

Masih belum ada alternatif selain VPN dan Proxy untuk memainkan game tersebut di Belgia dan Belanda pada 2025 ini, namun amat mungkin dengan kehadiran perundang-undangan ini akan ada beberapa game yang terkena tulahnya.