Esports

Pentingnya Sikap Profesional Bagi Atlet Esports Menurut NFT Svavel

Billy Rifki
30/07/2022 23:00 WIB
Pentingnya Sikap Profesional Bagi Atlet Esports Menurut NFT Svavel
esports.id interview

2022 PMPL ID Fall baru menjalankan hari keempat pekan kedua. Tim-tim yang "turu" di week pertama bisa bangkit secara luar biasa di minggu kedua. Ini menunjukan proses adaptasi dan evaluasi yang mulai berhasil dari para mantan bottom placement macam GPX dan Morph GGG.

NFT yang musim lalu masuk ke play-ins PMPL SEA juga tak mau kalah lakukan peningkatan. Apalagi satu punggawa mereka, Svavel punya banyak ilmu berharga usai membawa Indonesia meraih emas di SEA Games Vietnam. Pengalaman penting tersebut tak lupa ia terapkan ke NFT agar performa Badman, Ramones, Boycil, Dron dan Flippy makin padu.

PT Media Esports Indonesia

"Lebih banyak yang aku terapkan ke NFT pasca SEA Games ilmu-ilmu di luar in-game kaya disiplinnya. Bagaimana kita menjadikan teman-teman yang lain itu benar-benar seorang atlet yang punya tanggung jawab. Soalnya menurutku beberapa profesional player di Indonesia ngga tahu apa arti kata profesional yang sebenarnya," ujar Svavel dalam sesi interview media.

Perjuangan yang Svavel lalui selama pelatnas diakui cukup berkesan, bagaimana ia melakukan bonding, mengasah chemistry dengan rekan baru dan mencari strategi terbaik selama pemusatan latihan intensif 4 bulan kurang lebih.

Svavel mengelaborasi lebih jauh, arti kata profesional bukan semata orang yang mendapat gaji dari profesinya tapi soal tanggung jawab menjaga performa di tiap kesempatan sampai memastikan tubuh dan pikiran tetap bugar sehingga menghasilkan output yang konsisten. Sikap profesional juga mencakup kemampuan komunikasi, attitude sampai berinteraksi dengan fans dan media.

"Ketika berhadapan dengan siapapun dia ngga ngerasa menggampangkan sesuatu. Dia akan punya self respect dan respect ke orang lain," tambah Svavel saat seorang player berhasil memahami konteks profesional.

Ternyata gaji saja bukan tolak ukur untuk dibilang sebagai atlet profesional guys. Menurut kalian arti pro player itu apa sih?