Duo Caster PUBGM Ungkap Penyebab Tim Indonesia "Naik-turun" di PMSL SEA Fall

Billy Rifki
21/08/2023 10:41 WIB
Duo Caster PUBGM Ungkap Penyebab Tim Indonesia "Naik-turun" di PMSL SEA Fall
Esports.id interview

2023 PMSL SEA Fall kini memasuki pekan terakhir atau week-3. Enam tim Indonesia yakni Alter Ego Ares, Bigetron RV, Persia EVOS, Morph.GPX, BOOM dan RRQ punya momennya masing-masing sepanjang liga berjalan, namun kadang konsistensi performa mereka silih berganti.

Kalau melihat hanya dari banyak-banyakan #1, Persija EVOS jadi tim pengoleksi WWCD terbanyak dengan 7 kali, namun secara overall standing mereka ada di peringkat 7. Bigetron RV dan RRQ punya poin lebih banyak walau baru 5 kali WWCD namun ada di peringkat 3 dan 4 overall standings. Lantas, apa yang menyebabkan tim Indonesia saling bergantian ngebut di fase liga 2023 PMSL SEA Fall?

Menurut Sanskuy dan Junior, ada beberapa faktor. Sanskuy pertama mengatakan treatment atau pendekatan tim terhadap PMSL berbeda karena ini adalah liga PUBG Mobile terpanjang. Peran pemain cadangan juga penting di turnamen ini.

"Sebenarnya kalau kita mengikuti PMSL Season kemarin hal ini sudah kejadian juga ganti-gantian. Itulah PMSL, ini liga yang panjang bahkan yang terpanjang di PUBG Mobile sehingga treatmentnya harus beda. Setiap tim harus banget punya cadangan, nah cadangan ini yang jadi pengubah," ujar Sanskuy.

Ia mencontohkan saat PJEV melakukan rotasi di week 2 dengan memainkan Luxxy ke line up utama, performa mereka jadi membaik. Pun dengan RRQ yang menukar Asa dengan Mort mengalami peningkatan performa. Di sisi lain, Team Secret yang tanpa cadangan mengalami kesulitan sehingga ada di papan bawah klasemen.

Sementara JuniorJunior punya tanggapan berbeda. Menurutnya semua tim Indonesia tampil bagus kecuali dua yang kurang mengesankan yakni Alter Ego Ares dan BOOM. Sebabnya adalah ia melihat AE dan BOOM masih mencari formula atau komposisi main roster yang terbaik untuk menghadapi grand final sehingga berdampak pada performa mereka di fase liga. Sementara empat tim lainnya disebut Junior bagus-bagus aja.

"Kalau untuk yang ganti-gantian PJEV, RRQ ataupun BTR bagus menurut gue semua bagus-bagus aja. Mungkin ada salah satu yang menonjol, tapi overall good. Satu lagi buat MRPX tetep bagus ternyata. Pernah gue notice ga terpandang di mata gue karena membawa satu player yang kurang terjamah di PMPL ID, kurang sentuhan internasional namun ketika mereka uda menemukan formulanya dengan memainkan empat player yang membawa mereka ke peringkat 2 di PMPL ID, mereka punya kans juga ke PMGC," sambung caster bernama asli Agus ini.

Saat ini hari terakhir pekan ketiga 2033 PMSL SEA Fall mengalami kendala teknis dan harus ditunda. Laga akan dilanjutkan pada 21 Agustus 2023 pukul 16:30 WIB.

Siapa tim Indonesia yang paling konsisten di fase liga 2023 PMSL SEA Fall menurut kalian?