IES Ligagame

Pemain Baru? Kenali 5 Role/Peran yang Ada di VALORANT

faizalkamill
23/08/2020 11:05 WIB
Pemain Baru? Kenali 5 Role/Peran yang Ada di VALORANT
VALORANT

Di dalam game berjenis FPS(first person shooter) biasanya terdapat peranyang berfungsi untuk mendikte permainan. Peran-peran tersebut memiliki fungsi serta tanggung jawab yang berbeda, jika semua peran terisi dengan baik, niscaya permainan akan lebih mudah untuk dimenangkan.

VALORANT juga hal yang sama. Lima anggota yang turun ke medan tempur tentu saja harus memiliki tujuan, bukan hanya berlarian kesana kemari dan tertawa. Terlebih, VALORANT memiliki kemampuan unik di setiap agentnya, semakin mudah untuk membagi siapa berperan sebagai apa dan berdiam di mana. Dari beberapa peran, kami telah merangkum 5 yang ada di VALORANT.

VALORANT

Entry Fragger

Tugas orang ini adalah membuka pertarungan dengan menjadi yang pertama masuk ke medan tempur. Seorang entry fragger bisa memberikanmu kemenangan mudah dalam round jika mereka berhasil menjatuhkan 1 atau 2 musuh di awal. Meskipun nyawa mereka taruhannya, pengorbanannya akan sebanding dengan persentase kemenangan yang meningkat.

Entry Fragger tidak boleh sendirian. Sebagaimana mereka harus rela mengorbankan diri, harus ada rekan tim yang membantu di belakangnya. Mereka bertugas memudahkan membuka jalan, meningkatkan kesempatan untuk selamat, serta menambah kill.

Seorang entry fragger haruslah memiliki kepercayaan diri yang tinggi akan lebih baik lagi jika memiliki skill bidikan akurat nan cekat. Selalu cek sudut-sudut di mana lawan biasanya berdiam dan berikan informasi sebanyak-banyaknya kepada rekan tim tentang posisi lawan berada. Jangan ragu-ragu jika kamu menjadi seorang entry fragger. Tidak jarang keragu-raguan membuatmu mati sebelum menyerang. Agent terbaik untuk peran ini adalah para duelist terutama yang memiliki flash yang bisa membutakan lawan. Seorang entry fragger sangat dibutuhkan oleh tim karena terkadang tim hanya menunggu di tempat terlalu lama tanpa berbuat aksi apapun.

Support

Sebagai seorang support kamu bekerja di balik entry fragger. Ketika fragger masuk ke dalam pertempuran, kamu harus bersiap di belakangnya dalam hal membantu serangan dan juga membantu mengecek sudut-sudut yang sekiranya terlewat oleh fragger.

Peran ini harus selalu siap untuk jual beli kill jika sang entry fragger mati. Pastikan mereka tidak mati sia-sia. Agent terbaik untuk mengisi posisi ini antara lain Breach, Jett, dan Raze. Mereka dipilih karena memiliki kemampuan mematikan, mobilitas, dan gangguan yang cukup baik untuk menyulitkan lawan.

VALORANT

Lurker/Flanker

Peran ini mengharuskan kamu untuk bergerak memutari posisi lawan dan menghukum mereka. Posisi ini sangat penting karena kalian bisa mematahkan rencana lawan dengan cara membunuh mereka secara diam-diam tanpa mereka sadari.

Sebagai sisi menyerang, seorang lurk berpisah sendiri untuk membersihkan sudut-sudut, mengamati rotasi, dan kalau bisa membunuh lawan yang mereka temui. Pastikan bahwa lawan tidak menemukan posisimu. Tunggu rekanmu menguasai sebuah area barulah kamu menekan area yang kamu susuri.

Sebagai sisi bertahan, tugasmu adalah menghukum lawan yang menyerang tanpa mengamati sisi sayap mereka. Seorang flanker akan menjalani perjalanan yang lebih jauh untuk memutari posisi lawan. Susuri secara perlahan agar posisimu tidak diketahui oleh lawan.

VALORANT

IGL (In Game Leader)

Seorang IGL bertanggung jawab atas keputusan-keputusan yang ada di dalam game. Mereka akan memutuskan strategi apa yang akan digunakan di tiap rondenya. Tim harus bekerja sebagai sebuah kesatuan agar mendapatkan kemenangan. Seorang IGL harus berkomunikasi dengan baik, memiliki kesadaran terhadap map, dan bisa berpikir dengan cepat.

VALORANT

Sniper/Operator

Peran ini bertugas untuk mengunci suatu posisi di dalam map. Mereka berperan menghentikan siapa saja yang melewati area tertentu sebaik mungkin. Seorang operator biasanya berdiam paling belakang demi keamanan dan juga jangkauan bidikan yang lebih luas.

Seorang operator juga bisa menjadi agresif dan maju pertama untuk mendapatkan first blood. Agent yang cocok untuk peran ini adalah Jett, Sage, dan Cypher. Jett bisa digunakan untuk agresif sedangkan Sage dan Cypher bisa digunakan lebih untuk menjaga suatu area.

Tadi adalah daftar 5 peran yang ada di VALORANT beserta fungsinya. Setelah membaca tulisan tadi kira-kira Sobat Esports biasa bermain sebagai apa ya? beri tahu kami di kolom komentar.