IES Ligagame

VALORANT Pacific Open: Awal yang Kurang Baik Bagi Tim Indonesia

faizalkamill
18/08/2020 09:00 WIB
VALORANT Pacific Open: Awal yang Kurang Baik Bagi Tim Indonesia
VALORANT Pacific Open 2020

VALORANT Pacific Open merupakan rangkaian turnamen dari game VALORANT yang diselenggarakan oleh Cyber Games Arena bersama Riot Games. Terdapat 16 tim yang dibagi menjadi 4 grup yang akan bertanding di turnamen ini. Tim-tim ini berasal dari beberapa bagian dari Asia-Pasifik yaitu Taiwan, Thailand, Hong Kong, Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Mereka akan berkompetisi untuk memperebutkan total hadiah sebesar USD 20.000. 

Acara ini disiarkan melalui Facebook, YouTube dan juga Twitch. Indonesia mengirimkan 2 tim ke turnamen ini yaitu BOOM Esports dan MORPH Team. Dan hari ini penyisihan grup hari pertama sudah selesai. BOOM Esports yang merupakan bagian dari grup A bisa sedikit senang karena salah satu partisipan di grup tersebut, KILOISDEAD, harus didiskualifikasi(belum ada keterangan). Masing-masing tim di grup tersebut akan mendapatkan 1 poin gratis.

liquidpedia.net

Untuk ulasan hari pertama, tim dari Indonesia masing-masing tampil tidak begitu baik. MORPH Team yang mendapatkan 2 pertandingan di hari pertama ini harus mengakui kekalahan terhadap tim LZ dan ahq e-Sports. Mengawali babak grup dengan 2 kekalahan tampaknya akan sulit bagi MORPH Team untuk melaju ke babak selanjutnya karena 3 tim lainnya, LZ, ahq e-Sports, dan Sharper Esports, masing-masing sudah mengantongi satu kemenangan. Penampilan dari MORPH Team masih kurang dari ekspektasi para penggemar, hanya mampu mengantongi 5 ronde dari masing-masing pertandingan tentu saja tim ini masih memerlukan banyak perbaikan. MORPH Team akan menjalani laga terakhir di hari Rabu nanti menghadapi Sharper Esport.

Di grup sebelah, BOOM Esports juga harus menerima kekecewaan. Sempat unggul beberapa ronde dari tim Attack All Around, mereka harus kalah dengan skor tipis 13-11. Kesalahan-kesalahan kecil yang tidak mampu diantisipasi oleh BOOM Esports membuat mereka kehilangan beberapa ronde penting yang seharusnya menjadi kemenangan mudah. Meski begitu tim AAR(Attack All Around) juga membuat beberapa kesalahan mendasar seperti bermain terlalu agresif maupun mengintip terlalu lebar tapi mereka berhasil menampilkan performa yang lebih baik di beberapa ronde terakhir.

Di ronde 11 menuju matchpoint, BOOM Esports memiliki momentum untuk menang karena di ronde sebelumnya mereka berhasil menekan tim AAR dan memenangkan ronde tersebut. Namun, BOOM Esports memutuskan untuk bermain cepat ke site B di map Haven. Dikarenakan mereka lupa untuk mengecek tiap sudut untuk menemukan lawan, lawan yang berhasil bersembunyi dengan baik di balik tembok milik Sage dapat merobohkan 3 pemain BOOM Esports tanpa diketahui. Sisa dari tim AAR yang datang sebagai bala bantuan berhasil menyergap tim BOOM bersama-sama dan memenangkan ronde krusial tersebut. Dari momen itu, tim BOOM Esports semakin tertekan dan lebih mudah tertangkap oleh lawan yang menyebabkan skornya berakhir menjadi 13-11.

Berbeda dengan MORPH Team yang sudah sukar untuk melaju ke babak selanjutnya, BOOM Esports masih memiliki kesempatan untuk melaju ke babak playoffs namun dengan catatan mereka harus memenangkan pertandingan yang tersisa yaitu menghadapi tim asal Filipina MOTV.gg. Tim MOTV.gg sebelumnya mendapatkan poin hadiah di match pertama ketika mereka seharusnya bertanding melawan tim AAR(Attack All Around). Dikarenakan terjadinya keterlambatan dari tim AAR, mereka harus didiskualifikasi dari match tersebut dan memberikan 1 poin cuma-cuma untuk MOTV.gg.

Jika esok hari BOOM Esports menang melawan MOTV.gg, mereka masih memiliki kesempatan lolos jika jumlah ronde yang dimenangkannya bisa lebih besar dari tim lain atau mereka bisa lolos lewat pertandingan tiebreaker. Kita belum mengetahui bagaimana kemampuan MOTV.gg karena mereka tidak sempat bertanding, namun jika BOOM Esports bisa memperbaiki kesalahan-kesalahannya dan bermain lebih baik lagi, harapan itu masih ada.

Untuk kamu yang ingin mengkuti jadwalnya, berikut adalah jadwalnya:

17 Agustus 2020 14:00 WIB - Group Stage (BO1)
18 Agustus 2020 14:00 WIB - Group Stage (BO1)
19 Agustus 2020 14:00 WIB - Group Stage (BO1)
21 Agustus 2020 11:00 WIB - Round of 8 (BO3)
22 Agustus 2020 13:00 WIB - Semifinals (BO3)
23 Agustus 2020 13:00 WIB - 3rd Place Match
23 Agustus 2020 16:00 WIB - Final (BO5)