Pro Player Valorant Tanggapi Perubahan Meta di Patch 4.04

Dandesignlab
08/03/2022 16:58 WIB
Pro Player Valorant Tanggapi Perubahan Meta di Patch 4.04
Amgalan “Genghsta” Nemekhbayar

VCT Amerika Utara pekan berikutnya nampaknya akan mengalami perombakan Meta berkat kehadirani patch baru 4.04 yang memberikan perubahan pada agent controller dan peta Icebox. Terlepas dari tanggapan dan prediksi netizen mengenai perubahan meta Valorant, tim-tim profesional telah berkesempatan untuk melakukan scrim pada patch baru dan merincikan pendapatnya tentang perubahan yang akan datang.

Head Coach Luminosity Gaming, Jared "mac" Schneider, telah mengemukakan pendapatnya dalam sebuah wawancara pasca pertandingan pekan keempat bahwa salah satu perubahan terbesar yang datang kedalam permainan adalah rework Astra. Meta pro Valorant telah mengalami perputaran sejak rilisnya Astra setahun yang lalu, dan menjadi angin segar pasca Nerf-nya dimusim ini.

“Saya pikir sangat penting bagi game untuk memiliki banyak karakter yang bisa menjadi meta, dibandingkan hanya memiliki komposisi basi berulang-ulang,” ujar Mac, tutur Mac. “Saya pikir ini akan sangat meningkatkan kehidupan game, karena sekarang tim dapat memainkan Controller yang berbeda dan Anda dapat membuatnya bekerja.”

Pada perubahan Brimstone dan Omen, dia menjelaskan bahwa tim dapat memakai salah satu diantaranya tergantung pada playstyle mereka. Sementara Astra dapat menerima buff kecil dipatch yang akan datang untuk membawanya kembali ke rotasi alternatif jika diperlukan. "Saya pikir ini adalah pembaruan terbaik yang keluar sejauh ini," tutup Mac.

Tanggapan lain datang dari pemain profesional Pittsburg KnightsAmgalan “Genghsta” Nemekhbayar, yang telah sering menggunakan Brimstone dan merasa bahwa Brim 'Broken' saat ini. Dia juga mengatakan bahwa meskipun Astra telah di Nerf secara signifikan, dia tidak merasa bahwa dia benar-benar keluar dari meta.

Disisi lain, Icebox mengalami perubahan akibat lokasi jembatan dok situs B yang menjadi utilitas perang hampir selalu berakhir dengan mudah seusai post-plant. Hal itulah yang membuat peta tersebut memiliki Meta yang basi sejak perilisannya. Berkat pembaruannya musim ini, mungkin skenario klise itu akan hilang.

“Saya pikir itu pasti jauh lebih seimbang,” kata Genghsta berdasarkan pengalamannya yang terbatas dalam berlatih peta dan perubahan. “Ini tidak hanya seperti Jett atau Sage yang berlari untuk planting dan mati. Saya pikir itu membuka banyak pilihan tentang bagaimana Anda ingin menyerang dari kedua sisi, jujur ​​saja.”

Sejak diperkenalkannya Astra kedalam gim dan peningkatan Viper yang berkelanjutan, pemain profesional Valorant telah beralih ke meta berat post-plant. Artinya, sebagian besar tim akan bergegas ke lokasi untuk menanam Spike dan kemudian mengatur ability mereka untuk menahan posisi dan menghentikan Defender agar tidak men-defuse Spike. Umumnya, pemain melontarkan racun Viper, Shock Darts Sova, atau bahkan Gravity Wells milik Astra. Dengan perubahan pada patch anyar ini, Stim Beacon dari Brimstone yang dapat meningkatkan kecepatan, baik dalam Movement Speed dan Fire Rate, serta nerf pada kemampuan racun Viper dan Astra. Kini, tim dapat mengeksekusi dengan cepat dan tidak perlu khawatir tentang ability post-plant atau kemampuan lain yang memperlambat mereka selama eksekusi.

Tampaknya Valorant berpotensi berada didalam meta dimana tim dapat terus menekan tombol-W mereka dan bergegas ke situs untuk menumbangkan musuh. Menurut Mac, gim ini tidak akan berubah secara drastis, tetapi opsi lain untuk menjebol site pasti akan ada.

"Saya tidak berpikir itu akan menjadi seperti meta tombol-W, tapi saya pikir itu akan lebih seperti Anda dapat melakukan lebih banyak di sisi-T Anda," katanya. "Anda bisa menonjol lebih banyak, Anda bisa berkomunikasi, Anda bisa melakukan banyak hal dalam ini dan Anda tidak hanya akan dihentikan oleh satu orang Astra."

Genghsta pun bersentimen sama oleh Mac, ia mengatakan bahwa patch ini telah membuka opsi lain untuk menyerang selain tipikal post plant dan penggemar meta lambat yang diharapkan.

Tentunya, penggemar dapat menyaksikan perkembangan baru dari seluruh tim profesional untuk menemukan meta baru di pekan kelima VCT Challengers Amerika Utara dengan pertandingan Cloud9 vs. The Guard sebagai pembuka pekan terakhir di hari Jumat mendatang.