Tips Jago Main Agent Fade Ala Pemain Profesional!

faizalkamill
13/05/2022 16:00 WIB
Tips Jago Main Agent Fade Ala Pemain Profesional!
VALORANT

Setelah berbulan-bulan menanti Agent inisiator baru setelah KAY/O, Valorant akhirnya mendengarkan keinginan komunitas dengan menghadirkan Fade. Sebagai seorang inisiator, Fade memiliki kit yang cukup lengkap untuk membantumu naik peringkat lebih tinggi lagi. Dalam artikel ini kami akan membagikan tips bagaimana bermain Fade yang baik ala pemain profesional. Berikut adalah rangkumannya.

Fade merupakan Agent yang berpaku pada kemampuannya untuk mengumpulkan informasi. Dia memiliki Prowler (C), Haunt (E), dan Nightfall (X) untuk menemukan posisi lawan. Jika kita berhasil untuk memanfaatkan skil-skill tersebut maka ronde demi ronde bisa kita menangkan dengan mudah. Berbeda dengan Sova atau Cypher yang menggunakan teknologi sebagai kekuatan utama mereka, skill Fade berasal dari ilmu hitam.

Valorant

Jangan terburu-buru gunakan skill

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika menggunakan Agent ini ataupun Agent manapun yaitu jangan terburu-buru dalam menggunakan skill jika tidak benar-benar dibutuhkan. Skill milik Fade meskipun sangat menyeramkan tetapi mudah untuk dihindari atau dihancurkan. Menggunakannya di waktu yang tepat akan memberikan dampak lebih besar dibandingkan jika kita hanya membuangnya di awal-awal ronde.

Gunakan Prowler (C) untuk membersihkan sudut-sudut yang berbahaya. Prowler juga bisa digunakan untuk membuka site, mengamankan posisi belakang site sebelum kamu masuk. Skill Prowler bisa dikombinasikan dengan Nightfall jadi setelah jejak lawan diketahui, Prowler bisa digunakan untuk menerjang dan membutakan lawan.

VALORANT

Seize (Q) juga bisa digunakan untuk membersihkan sudut-sudut penting terutama yang lebih sempit. Seize juga bisa digunakan untuk memperlambat lawan dalam post plant. Pastikan kamu menjatuhkan orb Seize ke tempat yang benar-benar penting agar skill ini tidak terbuang sia-sia.

Haunt (E) bisa digunakan sebagai pengumpul informasi seperti Recon Dart milik Sova. Usahakan untuk gunakan skill ini di posisi yang sulit diraih oleh lawan sehingga tidak mudah untuk dihancurkan. Bidik bagian ujung atas bangunan agar Haunt bisa memindai banyak lawan.

VALORANT

Terakhir Nightfall (X) sebagai ultimate bisa digunakan untuk membuka site secara besar-besaran. Meski tidak memiliki efek chaos seperti Rolling Thunder Breach namun Nightfall sangat baik untuk benar-benar membersihkan site dari depan ke belakang. Jika lawan terpengaruh skill ini maka jejak mereka akan tercatat oleh tali-tali hitam yang akan menuntun para pemain kepada korban mereka. Selain untuk membuka site, Nightfall juga bisa digunakan untuk retake atau memperlambat musuh untuk masuk ke site. Dibutuhkan timing yang pas untuk memaksimalkan skill yang satu ini.

Pelajari lineup

Jika kalian ingin benar-benar menguasai Agent yang satu ini maka kalian harus mau menginvestasikan waktu untuk mempelajari berbagai lineup skill Fade di setiap map yang ada. Misalnya dimana Haunt (E) harus disimpan agar memindai maksimal atau ke arah mana Prowler (C ) harus dilepas agar membersihkan sudut yang diinginkan. Jika lineup ini berhasil dikuasai maka sulit bagi lawan untuk menghentikanmu.

Tingkatkan kemampuan dasar

Setelah memahami bagaimana cara kerja skill dan mempelajari lineup, jika ingin bermain Fade seperti para pemain profesional maka kalian juga perlu untuk meningkatkan kemampuan dasar di Valorant seperti aiming, map awarness, dan communication.

Untuk mempertajam aim kalian bisa berlatih di aplikasi seperti KovaaK ataupun AimLab. Belajar untuk memposisikan crosshair ke arah kepala lawan butuh waktu dan kesabaran yang besar. Pemanasan sebelum bermain juga sangat penting untuk mempertajam aim kita. Dengan pemanasan tangan dan mata kita bisa lebih sigap ketika bertemu lawan dibandingkan dengan tidak melakukan pemanasan sama sekali. Pemanasan bisa dilakukan dengan bermain di Practice Range, menggunakan aplikasi (AimLab & Kovaak), atau bermain beberapa deathmatch/spike rush.

VALORANT

Untuk meningkatkan map awarness kalian bisa melihat minimap dari waktu ke waktu untuk memahami di mana saja posisi rekan tim dan di mana posisi lawan (berdasarkan informasi yang didapat). Dengan kesadaran map yang tinggi kalian bisa membuat strategi untuk masuk atau mempertahankan site dengan informasi yang dimiliki.

Komunikasi adalah kunci

Tips terakhir agar bisa bermain Fade seperti pemain profesional adalah dengan meningkatkan komunikasi di dalam tim. Dengan komunikasi yang baik kamu bisa tahu kapan harus menggunakan skill dan menyampaikan strategi untuk masuk ke site. Dengan komunikasi yang baik juga kamu bisa tahu kondisi lawan tanpa melihat mereka dengan cara sesederhana bertanya kepada rekan tim. Pastikan kamu berkomunikasi dengan cara terbaik dan hindari perilaku toxic.

Tadi adalah beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk bermain Agent Fade ala pro player. Fade tidak terbantahkan merupakan salah satu inisiator terbaik yang bisa saja menggantikan posisi Sova atau Breach dalam komposisi tim. Menjadi sangat lihai dengan Agent yang satu ini tentu saja keuntungan besar sejak Agent ini baru saja dirilis dan belum terkena nerf. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?