Rekap Esports VALORANT Indonesia di 2022!

Dandesignlab
29/12/2022 17:00 WIB
Rekap Esports VALORANT Indonesia di 2022!
Riot Games

VALORANT Champions Tour merupakan seri utama dari roadmap esports VALORANT yang menampilkan beberapa tahapan turnamen, dimulai dari VCT Challengers, VCT Masters, VCT Champions Tour 2022, dan Game Changers Championship 2022.

Turnamen yang di selenggarakan oleh Riot Games ini telah berhasil memeriahkan tahun 2022 dengan turnamen LAN nya pada Masters 1 - Reykjavik, Masters 2 - Copenhagen, Champions - Istanbul, dan Game Changers Championship - Berlin, yang sangat apik.

Tak hanya VCT saja, beberapa turnamen pihak ketiga yang berlangsung LAN di akhir tahun 2022 pun telah menjadi turnamen besar yang tak kalah seru seperti VALORANT India Invitational, VALORANT Red Bull Campus Clutch, Brazil, dan masih banyak lagi.

Tim Esports ID sejauh ini telah merekap beberapa turnamen esports besar yang telah di lewati pada tahun 2022. Beberapa acara esports besar yang telah bergulir di tanah air pun tak ketinggalan pada daftar ini. Seperti apa itu? mari kita simak sebagai berikut;

Januari - Maret 2022 (Q1)

Sebagai pembuka season 2022, 1UP sebagai pihak penyelenggara yang dipercayakan oleh Riot Games telah menggelar acara Indonesia Challengers Stage 1 untuk mendapatkan tim tanah air terbaik melaju ke APAC Stage 1 Challengers.

Split pertama VCT berhasil dikuasai oleh BOOM Esports.

  • VCT 2022: Indonesia Stage 1 Challengers
  • VCT 2022: APAC Stage 1 Challengers
  • VCT 2022: Game Changers APAC Open 1

April - Juni 2022 (Q2)


Setelah berakhirnya Stage 1, Challengers Stage 2 kemudian menjadi paruh kedua musim yang kembali memberi kesempatan untuk tim Indonesia menjuarakan APAC Stage 2.

Pertandingan yang sengit antar Alter Ego vs. ONIC G di grand final telah menjadi penutup season dan didokumentasikan oleh 1UP pada seri Run It Back.

ONIC G sebagai tim solid yang memiliki nama-nama veteran jawara akhirnya berhasil mencetak kemenangan perdananya di VALORANT. Sayangnya, ONIC G dan BOOM Esports telah terlibas oleh XERXIA di APAC Stage 2 dan gagal mengamankan slot Stage 2 Masters - Copenhagen.

  • VCT 2022: Stage 1 Masters - Reykjavík
  • VCT 2022: Indonesia Stage 2 Challengers
  • VCT 2022: APAC Stage 2 Challengers
  • VCT 2022: Game Changers APAC Open 2
  • VCT 2022: Game Changers APAC Open 3
  • VCT 2022: Game Changers APAC Open 4

Juli - September 2022 (Q3)


Paper Rex sebagai perwakilan APAC yang memiliki dua pemain Indonesia berhasil finis top 2 di LAN internasional Copenhagen. Paper Rex yang telah selangkah lagi mengangkat trofi Masters 2 dihentikan oleh tim Eropa Timur, FunPlus Phoenix (FPX) yang berhasil meraih gelar juara pada pengalaman perdananya di internasional VALORANT.

Setelah berakhirnya Masters 2, tim jawara Challengers kembali dipertemukan untuk memperebutkan slot menuju Champions 2022. Terdapat 3 tim Indonesia yang berpartisipasi yaitu Alter Ego Esports, ONIC G, dan BOOM Esports.

Ketiganya telah bertanding sekuat tenaga. Akhirnya, ONIC G dan BOOM Esports sebagai jawara APAC melakukan duel yang sangat amat sengit di grand final LCQ dan berakhir 3-1 yang dimenangkan oleh BOOM.

Ini pertama kalinya bagi tim Indonesia terkualifikasi ke LAN internasional, bahkan langsung melaju ke kalender penting VALORANT yaitu Champions 2022.

Sayangnya, perjalanan BOOM tak semulus yang mereka lakukan di LCQ. Mereka harus berhadapan dengan tim jawara Reykjavik di fase penyisihan grup yang menampilkan LOUD, OpTic Gaming, dan ZETA DIVISION.

Singkatnya, BOOM telah menghadapi sang runner-up dan berada satu grup dengan juara Champions 2022, LOUD. Siapa yang sangka? Namun luar biasa!

  • VCT 2022: Stage 2 Masters - Copenhagen
  • VCT 2022: APAC Last Chance Qualifier
  • VALORANT Champions 2022

Oktober - Desember 2022 (Q4)

Champions 2022 telah berakhir. Artinya, hanya akan terdapat turnamen internasional terakhir di roadmap VALORANT 2022 yaitu Game Changers Championship.

Sebelum GC Champions bergulir, tim jawara terlebih dahulu melakukan kualifikasi pada Game Changers regional seperti ELITE (APAC), EMEA 3, NA 3, East Asia, dan LATAM.

Sebagai penggemar VALORANT tanah air, kita memiliki satu harapan yang telah berhasil mengukuhkan gelar juaranya di wilayah APAC sejak Game Changers digelar pada awal tahun yaitu Alter Ego Celeste.

Namun tak beruntung, Celeste tumbang pada grand final ELITE dan kehilangan kesempatan bersaing di Berlin. Game Changers Championship 2022 telah dimenangkan oleh G2 Gozen sebagai tuan rumah.

Kemudian, roadmap esports VALORANT 2022 telah secara resmi berakhir dan hanya menjalankan seri VCT OFF//Season sebagai penutup di akhir 2022.

  • VCT 2022: Game Changers APAC Elite
  • VCT 2022: Game Changers Championship
  • AfreecaTV SEA Invitational
  • ESL Clash of Nations: SEA
  • Red Bull Campus Clutch 2022
  • Penta Pro Series
  • Valorant India Invitational