First Warriors

Pilih Jago atau Menghibur? Ini Ragam Streamer ML

Billy
02/09/2019 11:17 WIB
Pilih Jago atau Menghibur? Ini Ragam Streamer ML
Esports.ID, YouTube

Sebagai negara ranking kedua di dunia yang penduduknya menikmati konten streaming tiap hari, Indonesia memiliki ragam streamer dengan varian genre berbeda pula. Tak terkecuali gim rakyat Mobile Legends yang pilihannya begitu menjamur.

Tapi untuk terbilang jadi streamer sukses, dalam artian memiliki tempat di hati penonton, para pengunggah konten via online ini haruslah punya ciri khas. Entah itu bermodalkan skillnya yang tinggi sekali atau caranya menyajikan konten bergaya menghibur. Nah, kalau Sobat Esports diminta untuk memilih, maka lebih suka tipe streamer seperti apa? Biar lebih gampang, ini acuan ragam tipe streamer ML di Indonesia!


- Jonathan Liandi/Emperor

Streamer satu ini punya modal sebagai pro player, yang artinya skillnya sudah di atas rata-rata. Keunikan dari Jo Wik Wik bukan cuma kepiawaiannya bermain, tapi juga tingkah polahnya yang jenaka.

Emperor punya pembawaan yang sangat unik ketika melakukan stream. Akibatnya, dia sering jadi target usil teman-temannya. Tak jarang Jo ngambek karena buffnya diambil secara sengaja oleh party-nya. Tapi ekspresi kesal Jo bukannya membuat seram malah jadinya menghibur sekali.

Bisa dibilang Emperor adalah kombinasi stream yang bersenjatakan kemahiran dan guyon dalam satu paket. Saat ini, dia memiliki 764.919 subscribers dengan kisaran tontonan per video berjumlah 500.000-1.000.000 views.

- Muhammad Julian/Udil Surbakti

Bila kamu mencari streamer dengan full skill dan momen-momen berkelas di tiap videonya, bisa subscribe ke Udil. Midlaner ONIC ini memang sudah tidak diragukan kemampuanya dalam mem-bully lawan dan mendapat savage-savage ciamik.


Kemampuan tinggi Udil membuat semua aksinya terlihat mudah, sehingga membuat viewer tertarik untuk belajar dari sang maestro. Udil sedang fokus jalani MPL 4 dan akan mengurangi prioritas streaming akibat kompetisi. Namun, kamu bisa menonton ulang video-videonya yang lama dan belajar cara bermain Udil.

Saat ini, Udil memiliki 190.628 subscribers dengan jumlah tontonan berkisar di angka 300-400 ribu view, meski ada beberapa video hampir mencapai satu juta tontonan.

- Kimberly Khoe/Kimi Hime

Wanita satu ini menapaki karir streaming dengan sangat fenomenal dan berbumbu cita rasa kontroversial. Selain menyajikan aksi Mobile Legends, Kimi lebih dikenal dengan penampilan yang cukup "terbuka" disertai dengan thumbnail dan judul yang bikin salah fokus.


Meski begitu, Kimi cukup piawai memainkan berbagai macam genre gim, mulai dari MOBA, FPS, battle royale, dan terakhir menjajal auto battler. Kimi Hime cocok buat para penikmat esports yang tak peduli konteks gim atau gameplay streamer apa yang lebih meyakinkan. Sing penting konten wanita satu ini bisa memuaskan mayoritas viewernya, para lelaki.

Per hari ini, Kimi Hime sudah memiliki 2.356.365 subscribers dengan rata-rata tontonannya selalu menembus angka ratusan ribu sampai jutaan views.

- Justin Tobias/JessNoLimit

Sempat dilabeli dengan cap "Dewa YouTube", JessNoLimit meroket dengan stream Mobile Legends membawa embel superstar MPL bersama EVOS Esports. JessNoLimit tentu punya skill yang tak kalah berbeda dengan tiga pro player merangkap streamer di atas, namun Jess lebih ramah dengan penonton pemula yang benar-benar ingin belajar basic dari Mobile Legends.


Selain itu, Jess juga sopan dalam bertutur sehingga konten yang ia buat selalu terasa positif. Itu pula yang jadi salah satu faktor Jess memiliki begitu banyak subscriber dan mudah untuk mendapat jutaan views setiap kali mengunggah video baru.

Saat ini, Jess menyatakan istirahat sejenak dari dunia kompetitif Mobile Legends. Dia akan melakoni peran full-time streamer dan membuat konten. Tampaknya 6 juta subscriber masih kurang untuk Jess, semoga bisa sampai 10 juta di tahun ini yaaaa!!!

- Kaesang Pangarep

Lalu ada si bungsu anak kandung beneran Presiden Joko Widodo. Kaesang kini menambah daftar portofolionya sebagai gamer representasi Genflix Aerowolf. Kaesang sih ngakunya sebagai hebat, namun jangan disamakan dengan anak-anak pro Aerowolf lain yah.

Menonton Kaesang sangat cocok bila kamu ingin menikmati sore yang menyenangkan, menanti jam pulang kerja. Bisa menambah mood positif 15%. Karakter pembawaannya yang sok cool membuat lelaki ini sedikit jenaka, selebihnya sih kamu bakal merasa kesal udah buang-buang kuota nontonin dia. Tapi dijamin menggelitik.

Diingatkan untuk tidak berekspektasi adanya aksi-aksi nan ajaib dari gameplay mas Kaesang. Dia sih skillnya biasa saja, tapi kalau kamu mau tontonan yang fun dan unfaedah, channel Kaesang tempatnya.

Itu dia beberapa tipe streamer Mobile Legends di tanah air. Kamu suka nonton yang mana, dan apa alasannya?