M5 Filipina Akan Gunakan Format Wild Card

Mallasak
19/06/2023 13:28 WIB
M5 Filipina Akan Gunakan Format Wild Card
Credit: Moonton

Moonton sudah mengumumkan bahwa kejuaraan Dunia M5 akan berada di Filipina. Rencananya dalam turnamen tersebut akan memperkenalkan tambahan baru untuk format kompetisi yakni kualifikasi Wild Card.

Saat ini, partisipasi dalam kejuaraan dunia seri-M adalah dengan undangan langsung dengan memenangkan Liga Profesional Mobile Legends dan kualifikasi atau kejuaraan regional lainnya. Sebagian besar wilayah dialokasikan satu slot, kecuali untuk MPL Indonesia, MPL Filipina dan LIGA LATAM Amerika Latin, yang dialokasikan dua slot. Tim yang diundang kemudian akan bersaing di babak grup sebelum babak sistem gugur yang biasanya mengikuti format eliminasi ganda.

Moonton Games dalam rilisnya menerangkan bahwa skema Wild Card tersebut sebagai penanda memperingati hari jadi kejuaraan dunia yang sudah bertahan hingga M5. Tidak hanya itu, hal tersebut juga mendorong agar terciptanya ekosistem esports yang baik dalam skena MLBB dunia.

Credit: Moonton

"Menandai ulang tahunnya yang kelima, Seri M berubah menjadi babak baru dengan model turnamen baru dan yang ditingkatkan untuk meningkatkan ekosistem esports Mobile Legends: Bang. Langkah ini berfungsi untuk memberdayakan ekosistem esports global dengan lebih banyak kesempatan untuk terlibat dalam dialog lintas regional dan mendorong inklusivitas," kata Moonton Games dalam siaran pers yang mengumumkan format Wild Card.

Sebulan sebelum Kejuaraan Dunia M5 akan dimulai di Filipina, Wild Card akan menampilkan delapan wilayah: runner-up dari MPL Malaysia, juara Kualifikasi MEKONG, finisher tempat ketiga LIGA LATAM Amerika Latin, pemenang Pertempuran Champions Asia Selatan, runner-up Kejuaraan Kontinental MLBB Eropa Timur dan Asia Tengah (EECA), juara Kualifikasi Kartu Liar Nasional Mongolia dan dua wilayah lainnya yang belum diumumkan.

Format baru diumumkan selama Grand Final dari Mobile Legends Southeast Asian Cup (MSC) yang dirubah di mana wilayah di luar Asia Tenggara sekarang dimasukkan seperti sebelumnya ketika MSC adalah acara regional, mengubahnya menjadi turnamen global tengah tahun, langkah lain dari MOONTON untuk lebih mengembangkan adegan esports Mobile Legends.