Tuding GESC Seenaknya, Mineski Kecewa dan Undurkan Diri

Billy Rifki
17/04/2018 10:52 WIB
Tuding GESC Seenaknya, Mineski Kecewa dan Undurkan Diri
gosugamer, joindota

Reputasi GESC sedang di uji. Sebagai salah satu penyelenggara baru di dunia DOTA, tingkat kepercayaan mereka selaku organizer mendapat pelajaran penting. Terutama aspek transparansi, kredibilitas dan profesionalisme. Beberapa hal yang disoroti oleh Mineski Dota 2 team, yang baru saja konfirmasi kemundurannya dari GESC Thailand Minor.

Mineski, salah satu tim terkuat Asia Tenggara dan berada di jajaran atas pemimpin Pro Circuit musim ini dipastikan absen dari gelaran Minor pada 9-12 Mei mendatang karena gusar dengan sikap GESC yang seakan seenaknya dalam menentukan jumlah peserta. Seperti yang diketahui, GESC mengundang EG sebagai “Champion invite” sekaligus menambah kuota lazim yang delapan tim menjadi sembilan.

Selain itu, Mineski juga kesal karena panitia dan admin turnamen sempat mengubah-ubah jadwal kualifikasi tertutupnya dari yang dijadwalkan dimulai tanggal 18 April menjadi 17 April 2018. Tak hanya itu, nada sumbang juga datang dari EternalEnvy selaku wakil dari Fnatic yang menyatakan bingung dengan undangan kualifikasi GESC yang memilih Tim Admiral dan Execration dibandingkan Fnatic yang jelas-jelas lebih sering tampil di Pro Circuit dibanding kedua tim tersebut yang hingga kini belum ada tajinya bahkan untuk kelas SEA.

Imbasnya, pihak GESC malah menambah kuota tim qualifier invite menjadi enam tim dari yang seharusnya hanya empat. Kenyataannya bukan hanya kejadian di GESC, perlakuan spesial terutama untuk Evil Geniuses, entah kebetulan atau tidak juga terjadi di region Amerika Utara. Protes dilakukan oleh VGJ.Storm dan CompLexity yang kecewa dengan pihak panitia yang mengubah jadwal seharusnya agar memberi ruang bagi EG ikutan tampil dalam Epicenter XL Madness Qualifier.

Memang EG salah satu tim besar yang menarik fans untuk menonton dan tentu sedikit banyak meningkatkan popularitas turnamen dan antusiasme fans yang datang. Namun peraturan tetaplah peraturan, dan dalam ranah kompetisi sportivitas menjadi hal yang utama. Semoga pihak panitia, termasuk GESC dan lainnya menyadari bahwa eSports bukanlah mengenai keuntungan berbisnis namun kesenangan berkompetisi.

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
Team MMR
1 Team Falcons 1713
2 Tundra Esports 1549
3 BetBoom Team 1541
4 CyberBonch-1 1520
5 Xtreme Gaming 1506
6 Gaimin Gladiators 1483
7 Team Liquid 1482
8 VGJ Storm 1450
9 Azure Ray 1447
10 Aurora.1xBet 1436