Rekap Patch 7.28 Mistwood, Dari Hoodwink Hingga Aghanim Shards!

Mushab Hassan
18/12/2020 13:23 WIB
Rekap Patch 7.28 Mistwood, Dari Hoodwink Hingga Aghanim Shards!
sumber: Twitter @wykrhm

Penantian para player DOTA 2 akhirnya usai. Subuh tadi, The Mistwood resmi dirilis oleh Valve. Serial Patch bernomor 7.28 tersebut berisikan banyak perubahan, item-item baru, serta hero baru bernama HoodwinkPerubahan yang cukup signifikan Icefrog tambahkan dalam item model baru bernama Aghanim Shards yang menambah atau meng-upgrade skill-skill dari para hero.

Salah satu perubahan masif DOTA 2 terapkan pada sistem waktu saat pre-game. Sekarang, game akan dimulai dalam waktu malam hari hingga terompet creeps spawn. Hal tersebut cukup krusuial lantaran banyak strategi tim yang melibatkan early gank menggunakan smoke guna meng-pick up carry lawan selagi menunggu bounty spawn.

Perubahan lain juga terdampak bagi beberapa neutral item yang DOTA 2 hilangkan dari game. Iron Talon dan Poor Man Shield kembali dihapus dari game. Sedangkan dari tier selanjutnya, item 'free atos' Clumsy Net serta Vampire Fangs juga ikut dihilangkan. Terpenting, neutral item paling penting dari game, yang menjadi satu-satunya item yang dapat meng-heal tower yakni Repair Kit raib dari daftar neutral item. Sisanya yang dihilangkan adalah: Craggy, Greater Faery Fire, Magic Lamp, Shako, Prince's Knife, Havoc, Striders, dan Trident. Selain penghilangan banyak item, tentunya banyak pula rebalance serta penambahan Neutral Item dari setiap Tier.

Sang hero baru, Hoodwink merupakan Support Nuker dan Disabler yang berawakan seperti rubah dengan balutan hoodie di kepalanya. Uniknya, banyak yang menilai hero ini menjadi Windranger versi dua karena spell-spellnya yang terpaut dengan pohon. 

Sedangkan Aghanim Shard merupakan item consumable yang baru bisa dibeli saat game menyentuh angka 20 menit. Skill-skill lama seperti Craggy Exterior-nya Tiny dan Frozen Sigil-nya Tuskar pun Icefrog kembalikan melalui Aghs Shard. Beberapa skill baru yang muncul oleh efek Aghs Shard ini didapatkan Phantom Assassin, Alchemist, Lich, dan masih banyak lagi.

Changelognya sendiri cukup memberi nerf pada hero-hero yang cukup META pada patch sebelumnya. Apa yang Pajkatt dan 1437 prediksi saat mereka menjadi caster Epic League nyatanya benar. Sven mengalami nerf habis-habisan mulai dari dikuranginya bonus damage God Strenght, pengurangan Aghs range stun, hingga penghilangan talent Storm Hammer Dispel.

Hero META 7.27 yang terkena nerf juga dirasakan oleh Drow Ranger, Spectre, dan Phantom Assassin. Sedangkan beberapa hero yang untung terkena buff adalah Luna, Meepo, Naga Siren, Monkey King. Nampaknya DOTA 2 ingin memberi kesempatan bagi hero-hero tersebut yang nasibnya cukup malang lantaran jarang dipick pada patch sebelumnya.

Selain Neutral Item, beberapa item baru juga muncul untuk meramaikan patch baru. Blink Dagger kini memiliki upgrade-nya masing-masing bagi setiap main stat dengan harga 6800. Merekalah Overwhelming Blink untuk Strenght, Swift Blink untuk Agility, dan Arcane Blink untuk Intellegence.

Tentunya masih banyak item-item baru, changelog dan rebalance bagi setiap hero, serta efek-efek Aghanim Shards yang unik bagi tiap hero. Semuanya bisa dibaca di dota2.com/mistwoods.

Gimana pendapatmu tentang patch ini Sobat Esports? Tulis komentarmu ya!

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
Team MMR
1 Team Falcons 1713
2 Tundra Esports 1560
3 BetBoom Team 1541
4 CyberBonch-1 1520
5 Xtreme Gaming 1506
6 Gaimin Gladiators 1483
7 Team Liquid 1482
8 G2 x iG 1452
9 VGJ Storm 1450
10 Aurora.1xBet 1436