Yamaha

Xepher dan Whitemon Selangkah Lagi Menuju The International!

Michael
23/05/2021 09:36 WIB
Xepher dan Whitemon Selangkah Lagi Menuju The International!

Impian pemain DOTA 2 Indonesia untuk tampil di The International nampaknya semakin mendekati kenyataan. Pasalnya duet Kenny “Xepher” Deo dan Matthew “Whitemon” Filemon yang tergabung dalam T1 kini berpeluang besar lolos ke TI10 usai menduduki puncak klasemen DPC DOTA 2 SEA Season 2.

Kepastian ini diperoleh usai Xepher Cs menundukkan TNC Predator 2-0 dalam tiebreaker. Tambahan 500 poin DPC ini langsung melonjakkan posisi mereka di klasemen DPC 2021 ke peringkat 11. Jika mampu mempertahankan posisi tersebut, Xepher dan Whitemon akan mencatatkan sejarah menjadi pemain DOTA 2 Indonesia pertama yang berlaga di The International.

PT Media Esports Indonesia

Klasemen akhir DPC SEA Season 2 - source: liquipedia.net

Perjuangan T1 untuk menjejakkan kakinya di TI memang berliku. Sejak berdiri di tahun 2019, fokus utama tim yang bermarkas di Korea Selatan ini memang hanya satu, yakni lolos ke The International. Sayangnya kondisi pandemi COVID 19 yang merebak di seluruh dunia membuat TI10 terpaksa diundur ke tahun ini.

Serangkaian bursa transfer pemain pun telah dilakukan T1 untuk membentuk tim yang tangguh. Di awal tahun 2020 mereka merekrut dua pemain Indonesia, Inyourdream dan Jocham. Meski tampil cukup baik sayangnya performa T1 belum sesuai ekspektasi manajemen tim. Usai berpisah dengan Inyourdream dan Jhocam, T1 pun mendatangkan Karl, Xepher dan Jacky di akhir 2020, menyusul kemudian Whitemon dan Kuku di awal tahun ini.

Skuad baru yang berisikan Jacky, Karl, Kuku, Xepher dan Whitemon mengarungi mimpi T1 untuk berlaga di TI10. Hasilnya cukup baik, dengan merebut tiket Major One Esports 2021 usai finis di peringkat ketiga. Perubahan kembali terjadi menjelang tampil di Major, tanpa diduga Jacky didepak untuk mendatangkan pemain yang sedang naik daun, 23savage. Meski gagal menembus playoff, T1 mulai menunjukkan performa yang konsisten.

Posisi puncak klasemen DPC SEA Season 2 pun menjadi bukti ketangguhan Xepher Cs. Sempat tunduk 1-2 di pertandingan pertama dari Omega Esports, Xepher Cs sukses membungkam pesaing-pesaing kuatnya seperti Fnatic, TNC dan OB Neon. Kekalahan 1-2 dari BOOM Esports di pekan ketiga tak mampu mengusik performa gemilang T1 sepanjang turnamen.


Dota Pro Circuit 2021 Rankings - source: Liquipedia.net

Untuk lolos otomatis ke TI10, Xepher Cs harus merebut peringkat 5-6 (300 DPC), sesuai dengan klasemen DPC saat ini. Lolos langsung ke babak playoff tentu memberikan keuntungan lebih buat TI untuk mendapatkan poin maksimalnya. TI tentu harus mewaspadai beberapa tim besar yang berpeluang menggeser mereka seperti Nigma, Vici Gaming, TNC ataupun Liquid.

Mampukah Xepher dan Whitemon membawa T1 lolos ke TI10? Tonton dan dukung terus aksi mereka di WePlay AniMajor 2021!