Yamaha Oktober

Polemik Poin DPC Liquipedia dan Valve Menentukan Nasib Fnatic & Outsiders!

Dandesignlab
16/08/2022 10:00 WIB
Polemik Poin DPC Liquipedia dan Valve Menentukan Nasib Fnatic & Outsiders!
Twitter

The International 2022 (Ti11) telah tampak didepan mata ketika para tim jawara dari berbagai wilayah berbondong-bondong mengumpulkan poin DPC terakhir demi terkualifikasi ke acara tahunan terbesar di kancah DOTA 2 melalui PGL Arlington Major.

Namun, terdapat sebuah polemik antara tim Outsiders dan Fnatic yang memiliki perbedaan poin sangat tipis untuk menjadikan mereka tim ke-12 yang mendapatkan undangan secara langsung untuk The International.  

PT Media Esports Indonesia

Pada klasemen resmi Valve, Fnatic tercatat unggul 1 poin atas Outsiders dimana hal tersebut memiliki arti bahwa Fnatic akan diundang ke Ti11. Namun, Liquipedia menyatakan bahwa Outsiders lah yang akan menuju The International jika didasarkan pada poin DPC yang dimana Fnatic telah kehilangan sekitar 0.05 poin.

Setelah di klasifikasikan, hasil akhir DPC terbaru yang terdapat di website resmi Valve pasca berakhirnya Major ternyata memiliki ketidakcocokan dengan data yang ditampilkan oleh situs Liquipedia.

Outsiders tercatat sebagai tim ke-12 yang akan melaju ke The International berdasarkan Liquipedia dengan total 1020.05 poin ketimbang Fnatic yang hanya memiliki 1020 poin.

Di sisi lain, informasi di 11 Agustus ketika Fnatic ditumbangkan oleh Beastcoast di lower bracket playoff menyatakan bahwa Outsiders telah memiliki jalan yang terbuka untuk mengamankan sisa slot International lantaran masih berkesempatan mengumpulkan DPC poin di Major. 

Berlawanan dengan Liquipedia, Valve mengungkap bahwa Fnatic telah menutup season dengan total 1020 poin dimana Outsiders hanya tercatat 1019 poin.

Menanggapi hal tersebut, salah satu penggemar DOTA 2 @iMicromantic menyatakan bahwa Valve telah membulatkan total poin Outsiders setiap kali mendapatkan hukuman poin lantaran berganti pemain yang menyebabkan poin di website Valve lebih rendah ketimbang data di Liquipedia. Selain itu, Valve juga telah menurunkan poin untuk OG, Soniqs, dan Aster akibat memainkan Stand-ins selama tur DPC.

Tentunya, perbedaan poin ini menjadi kasus yang sangat penting untuk diselesaikan, khususnya bagi Fnatic dan Outsiders yang telah bersandar sejauh ini demi bermain di International. 

Hm, bagaimana nih menurutmu sobat esports? Fnatic atau Outsiders?