Yamaha November

Jelas, Valve Resmikan Fnatic Lolos ke The International 2022!

Dandesignlab
17/08/2022 06:00 WIB
Jelas, Valve Resmikan Fnatic Lolos ke The International 2022!
Twitter

Setelah polemik poin DPC antara Liquipedia dan website resmi Valve yang mempertimbangkan antara Fnatic dan Outsiders lolos Ti akibat selisih poin tipis yang membingungkan, kini Valve resmi menyatakan Fnatic terkualifikasi menjadi tim undangan The International 2022.

Kemarin, salah satu penggemar mengungkap bahwa Fnatic telah memenuhi syarat untuk Ti11 dengan menjabarkan perbedaan antara situs web Valve resmi dan situs komunitas Liquipedia untuk tabel DPC. Selang beberapa waktu, Twitter resmi DOTA 2 segera mengklarifikasi soal polemik poin DPC tersebut yang merujuk ke situs resminya.

Taiwan Ecellence - Article Banner

Liquipedia (situs komunitas non-resmi) telah mencantumkan data tabel poin DPC yang mengungkap bahwa Outsiders alias Virtus.Pro telah memenuhi syarat untuk menjadi tim Direct Invite The International 2022 dengan poin 1020.05 dimana terdapat selisih sekitar 0.05 poin di atas Fnatic yang hanya memiliki 1020 poin.

Namun, hal tersebut bertolak belakang dengan situs resmi Valve yang menyatakan bahwa Fnatic memiliki selisih satu poin di atas Outsiders yaitu di angka 1020 yang hanya berbeda satu angka di atas 1019. 

Berdasarkan klasemen resmi Valve, Fnatic menjadi tim Direct Invite terakhir lantaran penalti poin yang dimiliki Outsiders akibat telah menyingkirkan pemain di kala pertengahan musim. Hal tersebut tentunya membuat Fnatic unggul di angka 1020 poin ketimbang Outsiders yang hanya memiliki 1019.

Meskipun Fnatic telah secara resmi lolos ke The International, namun hal ini masih menjadi perdebatan di beberapa faktor, salah satunya adalah sikap Valve yang dianggap telah mendiskreditkan sumber informasi terbaik DOTA 2 dan kancah esports lainnya sebagai "Sumber yang tidak resmi."

Di sisi lain, beberapa penggemar juga menganggap bahwa Valve tidak memiliki komunikasi yang cukup baik ketika situs resmi versi Spanyol nya menyatakan bahwa Outsiders lah yang lolos ketimbang Fnatic. 

Dengan adanya keputusan tersebut, Fnatic telah aman untuk hadir di Singapura untuk berkesempatan meraih juara Ti tahun ini. Sementara Outsiders akan berjuang di qualifier regional Eropa Timur atau meraih LCQ.

Acara qualifier regional akan bergulir dari tanggal 3 - 18 September dan akan disusul oleh LCQ yang diadakan di Singapura dari 8-12 Oktober mendatang.