#PUSHRANKTANPAHENTI H3RO

FIFA Online 4 Series, Jalur Esports Bagi Fans Gamer di Asia

Ryan Maldini
17/12/2019 16:44 WIB
FIFA Online 4 Series, Jalur Esports Bagi Fans Gamer di Asia
Bertujuan Lahirkan Potensi Bintang Baru dari Gamer FOL4 di Asia

Hari ini (17/12), FIFA dan Electronic Arts (EA) mengumumkan rangkaian kompetisi bertajuk EA Sports FIFA Online 4 Series (Road to FIFA eContinental Cup). Turnamen ini menjadi wadah esports baru untuk para fans gamer FIFA Online 4, yang sudah cukup populer di kawasan Asia.

FIFA Online 4 Series bakal berlangsung selama 10 bulan, serta diikuti oleh 7 negara dan terbagi dalam empat seri turnamen berskala internasional (Champions Cup & eContinental Cup), di mana tiap negara peserta menyelenggarakan kualifikasi sendiri.

Bertujuan melahirkan banyak bakat baru yang memiliki potensi pemain bintang dari ribuan pesertanya, FIFA Online 4 Series layaknya jalur esports bagi fans gamer di Asia untuk menembus persaingan global di perhelatan FIFA eContinental Cup, khusus gim FIFA Online 4.

"FIFA Online 4 Series akan membentuk pemain bintang dari seluruh player [FIFA Online 4] di Asia, yang terus berkembang jumlahnya," ungkap Daniel Choi, FIFA Online 4 Competitive Gaming Commissioner. "Melalui kerja sama dengan FIFA, kami sangat tidak sabar untuk melihat fans seluruh pelosok dunia berbondong-bondong ramaikan kompetisi ini, baik sebagai peserta ataupun hanya menonton."

Agar memudahkan peserta dari berbagai lokasi, EA dan FIFA telah mengkonsepkan struktur turnamen di empat titik sentral untuk keempat event internasional. Dua event terbarunya adalah FIFA Champions Cup di bulan April 2020 dan FIFA eContinental Cup (September 2020), yang sejauh ini belum ditetapkan lokasi penyelenggaraannya. Dua event sebelumnya adalah EA Champions Cup Winter 2019 dan EA Champions Cup Summer 2020 (bulan Juli mendatang).

Event pembuka, EA Champions Cup Winter 2019, sudah dijadwalkan pada bulan Desember ini dan diikuti oleh 12 tim sebagai perwakilan 7 negara. Masing-masing tim peserta akan saling berebut posisi terbaik guna memimpin klasemen sementara di musim kompetisi perdananya tahun ini.

Perhelatan berikutnya bakal mengambil tempat di Garena World, Bangkok, Thailand. Ini bakal menjadi gelaran esports pertama atas prakarsa FIFA di kawasan Asia, sebagai rangkaian event 'Road to the FIFA eContinental Cup 2020', setara tingkat persaingan dan hadiahnya dengan ajang EA Champions Cup sebelumnya.

EA Champions Cup Summer 2020 menjadi kesempatan terakhir bagi seluruh peserta mengumpulkan poin dan mengamankan slot kualifikasi menuju FIFA eContinental Cup 2020. Di babak utamanya nanti, 16 tim FIFA Online 4 terbaik di Asia akan mencakup tujuh tim perwakilan masing-masing negara peserta dan tim-tim berperingkat teratas di klasemen akhir (Ranking Points) musim kompetisi ini.

"Sistem kompetisi baru ini akan tumbuh bersama hadirnya pemain-pemain lokal berbakat baru sehingga kian meruncingkan persaingan di scene esports FIFA Online 4," tutur Adrian Roelli, penanggung jawab program esports di FIFA. "Begitu pula kesempatan untuk memberi kegairahan baru bagi seluruh pihak terkait, sembari meningkatkan jangkauan dan partisipasi. Ini merupakan langkah maju bagi FIFA untuk memulai ambil peran aktif dengan menyelenggarakan turnamen FIFA Online 4 di regional Asia, sebagai tempat berkumpulnya fans dan komunitas gamer paling antusias di dunia."

Semoga kompetisi-kompetisi ini ke depannya terus tumbuh dan mengembangkan kultur sepakbola di Asia, sekaligus membangun penghubung antara dunia lapangan hijau dengan sepakbola virtual.