Yamaha Desember

Bertahan Selama 30 Tahun, EA Sports Resmi Berpisah dengan FIFA!

Dandesignlab
11/05/2022 11:32 WIB
Bertahan Selama 30 Tahun, EA Sports Resmi Berpisah dengan FIFA!
Twitter

Electronic Arts resmi mengumumkan bahwa FIFA 23 yang direncanakan rilis musim gugur ini akan menjadi judul terakhir dari FIFA. Selama hampir 30 tahun, EA telah membawa badan organisasi sepak bola dunia tersebut kedalam gim olahraga andalannya. Namun, gim sepak bola EA Sports FIFA akan diberi nama EA Sports FC pada Juli 2023 mendatang.

“Pengenalan EA SPORTS FC tidak akan berdampak pada pertandingan sepak bola global EA Sports saat ini, dan EA serta FIFA sangat antusias untuk menghadirkan EA SPORTS FIFA terbesar dan terluas yang pernah ada di musim gugur ini,” ujar EA dalam sebuah pernyataan.

Taiwan Ecellence - Article Banner

“Produk final FIFA kami juga akan mencakup lebih banyak mode permainan, fitur, tim, liga, pemain, dan kompetisi daripada edisi sebelumnya.”

Sebelumnya, Cam Weber, selaku general manager serta top executive dari EA Sports, mengatakan bahwa perusahaan sedang mengevaluasi kembali perjanjian lisensinya dengan FIFA dan mempertimbangkan patchwork lisensi yang telah dibawa permainan dimulai dari liga, tim sepak bola individu, dan apa merek FIFA yang sebenarnya ditambahkan ke produk. Dan akhirnya, terungkap bahwa EA telah mengajukan trademark- nya di Inggris untuk sebuah game bernama “EA Sports FC.”

Dalam pernyataan hari Selasa, Head Executive EA, Andrew Wilson, mengatakan bahwa EA Sports FC akan menjadi "klub sepak bola terbesar dan paling berpengaruh di dunia, di pusat fandom sepak bola."

“Selama hampir 30 tahun, kami telah membangun komunitas sepak bola terbesar di dunia — dengan ratusan juta pemain, ribuan mitra atlet, dan ratusan liga, federasi, dan tim,” kata Wilson.

“EA SPORTS FC akan menjadi klub untuk mereka semua, dan untuk penggemar sepak bola di mana pun.”

Pernyataan tersirat tersebut mengungkapkan betapa sedikitnya branding FIFA yang sebenarnya dibawa ke permainan yang juga memiliki kemitraan eksklusif dengan turnamen Liga Champions UEFA, Liga Premier Inggris, dan beberapa konten yang terdapat didalamnya. Pernyataan dari Electronic Arts menyebutkan bahwa EA Sports FC akan memiliki “lebih dari 300 mitra berlisensi individu, memberikan pemain akses ke lebih dari 19.000 atlet, di 700 tim, di 100 stadion dan lebih dari 30 liga di seluruh dunia.”

FIFA memang memiliki dan mengontrol branding untuk Piala Dunia dan Piala Dunia Wanita, tetapi turnamen tersebut berjalan setiap empat tahun, dan secara tradisional muncul dalam pembaruan untuk video game utama beberapa bulan sebelum peristiwa kehidupan nyata dimulai. Gelar Piala Dunia mandiri terakhir yang dirilis Electronic Arts adalah Piala Dunia FIFA 2014 Brasil untuk PlayStation 3, Windows PC, dan Xbox 360.

Sebagai sebuah nama besar, EA Sports FC tidak hanya menghilangkan sebagian besar biaya kosmetik, tetapi juga mengembalikan beberapa ruang merk yang berharga ke penerbit yang secara resmi memasukkan namanya ke dalam setiap judul game. Penerbit franchise sepak bola telah mengambil nama FIFA sejak FIFA International Soccer tahun 1993 untuk Sega Genesis dan menjadikan FIFA mitra gelar terpanjang ketiga dalam sejarah penerbit di belakang seri Madden NFL (1988) dan NHL (1991).

Weber juga mengatakan bahwa EA Sports FC akan menjadi kelanjutan dari semua yang diharapkan pemain dari seri FIFA EA Sports di PlayStation, Xbox, dan PC.

“Semua yang Anda sukai dari permainan kami akan menjadi bagian dari EA SPORTS FC – pengalaman, mode, liga, turnamen, klub, dan atlet hebat yang sama akan ada di sana,” kata Weber.

“Tim Utama, Mode Karier, Klub Pro, dan Volta Football semuanya akan ada di sana.”

Pernyataan itu juga mengatakan bahwa struktur lisensi baru EA Sports FC akan membantu permainan “berinovasi di area baru di sekitar sepakbola wanita dan akar rumput untuk komunitas global.”

Bagaimana menurutmu?