Eksibisi PON Esports

FIFA Minta EA Bayar 1 Miliar USD Untuk Lisensi Namanya di Game

Rendy Lim
14/10/2021 11:39 WIB
FIFA Minta EA Bayar 1 Miliar USD Untuk Lisensi Namanya di Game
1 miliar USD untuk lisensi itu harus dibayar per empat tahun!

Beberapa hari lalu, kita sudah mendengar berita soal kemungkinan EA melakukan penggantian nama untuk game sepakbolanya FIFA di generasi selanjutnya. Hal ini terjadi karena adanya kontrak perjanjian baru dari Fédération Internationale de Football Association (FIFA) tentang hak penggunaan namanya. 

Berdasarkan pemberitaan terbaru dari New York Times, sorotan dari isu penggantian nama ini dikarenakan permintaan lisensi FIFA sebesar 1 miliar USD setiap 4 tahun untuk penggunaan namanya. Selain itu, disebutkan FIFA juga membatasi cara lain monetisasi EA di luar penjualan game. 

Yamisok Nobar

EA sendiri bakal kehilangan segala kerjasama branding yang dikelola oleh FIFA, termasuk pengunaan nama FIFA itu sendiri. Namun, penggantian nama ini tidak akan berpengaruh pada kemampuan EA menggunakan nama pemain, stadium, tim, hingga lisensi lain berkat kerjasamanya dengan FIFPRO sebagai representasi global untuk pemain sepakbola profesional. 

Bahkan, terdapat temuan yang mengungkap bahwa EA telah mencatatkan nama merek dagang untuk EA Sports FC di Eropa pada bulan ini. Selain itu, EA juga memiliki rencana untuk merilis EA Sports College Football dan EA Sports PGA Tour di tahun depan. 

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, kira-kira EA bakal tetap pertahankan nama FIFA atau malah menggantinya dengan yang baru? Kamu lebih setuju yang mana nih?