Free Fire World Series Pecahkan Rekor Penonton Esports Terbanyak

Billy Rifki
31/05/2021 16:17 WIB
Free Fire World Series Pecahkan Rekor Penonton Esports Terbanyak
esportscharts.com

Gelaran turnamen Free Fire World Series 2021 atau FFWS resmi berakhir 30 Mei kemarin dengan Phoenix Force alias EVOS Thailand keluar sebagai juara. Sebagai salah satu game esports mobile terpopuler di dunia, tak heran turnamen berskala dunia ini jadi perhatian banyak penggemarnya.

Berdasarkan catatan escharts.com, FFWS 2021 memecahkan rekor jumlah penonton terbanyak atau peak viewers untuk kategori turnamen esports. Angkanya bahkan melampaui Worlds League of Legends 2019, PMGC Season 0 dan M2 Mobile Legends Worlds Championship.

Ini menunjukan betapa besarnya fan base game bergenre battle royale ini di seluruh dunia. Padahal event ini cuma berlangsung tiga hari namun bisa mengumpulkan jumlah viewers begitu banyak. Opening ceremony FFWS 2021 saja disaksikan oleh 4,6 juta viewers.

Penonton terbanyak FFWS datang dari India dengan total 1,9 juta penonton. Indonesia termasuk salah satu penyumbang viewers terbanyak dengan rata-rata 1 juta penonton menyaksikan aksi EVOS Divine dan First Raiders sebagai wakil tanah air di kancah global.


Christian Wihananto, Produser Garena Free Fire Indonesia mengatakan, “FFWS 2021 SG hadir sebagai ajang untuk menguji kebolehan tim-tim terbaik dari seluruh dunia. Hal ini sejalan dengan komitmen Garena menghadirkan beragam turnamen esports sebagai wadah kompetisi maupun tayangan premium bagi para komunitas Survivor dimanapun mereka berada. Kami sangat berterima kasih atas antusiasme penggemar Free Fire dari Indonesia yang tak kenal lelah dalam berkontribusi untuk mendukung tim EVOS Divine dan First Raiders, dari rumah masing-masing. Hal ini terlihat dari antusiasme penonton asal Indonesia untuk FFWS 2021 SG. Kami berharap hadirnya kompetisi Free Fire tingkat global ini dapat menyatukan komunitas passionate gamers Indonesia dimanapun mereka berada, sekaligus menginspirasi calon-calon talenta baru di dunia esports.”

FFWS 2021 SG mempertemukan 18 tim dari 11 regional di Singapura untuk total hadiah uang tunai sebesar 2.000.000 dolar Amerika Serikat (setara dengan Rp 28 miliar) yang merupakan hadiah terbesar di kompetisi Free Fire sejauh ini. Sistem perolehan poin didasarkan atas peringkat dan jumlah kills. Phoenix Force dari Thailand berhasil meraih gelar juara FFWS 2021 dan membawa pulang 500.000 dolar AS (setara dengan Rp 7 miliar) sebagai hadiah, setelah mendominasi di babak final dengan mendapatkan 4 Booyah, 48 kills, dan 113 points. Kemenangan Phoenix Force ini juga menandai keberhasilan tim dari Thailand meraih titel juara dunia untuk pertama kalinya sepanjang sejarah turnamen Free Fire. TheCruz dari tim Phoenix Force dianugerahi gelar Most Valuable Player (MVP) setelah menyuguhkan penampilan yang konsisten selama FFWS 2021 SG, dengan raihan skor yang sangat gemilang yaitu 23 kills. Phoenix Force berhasil memimpin jauh dengan selisih 36 poin dari runner-up LOUD dari Brazil yang mengumpulkan total 77 points.

Wah penggemar Free Fire sih gokil banget bisa meramaikan sampai memecahkan rekor peak viewers. Makin mengukuhkan diri kalau Free Fire jadi salah satu turnamen esports terbesar di dunia nih.