COVID & Visa Pupuskan Harapan VCS di LoL Worlds 2021

faizalkamill
03/09/2021 12:40 WIB
COVID & Visa Pupuskan Harapan VCS di LoL Worlds 2021
Worlds 2019/Riot Games

Dampak pandemi COVID-19 ke dunia esports nampaknya belum benar-benar tuntas. Setelah kurang lebih satu tahun turnamen dipaksa untuk diadakan secara online, beberapa penyelenggara kini mulai kembali mengadakan turnamen LAN setelah adanya vaksin dan pemahaman yang lebih baik tentang pandemi. Meski begitu, nasib kurang baik terjadi kepada tim League of Legends dari Vietnam. Tim dari liga VCS (Vietnam Championship Series) kemungkinan besar akan absen dari Worlds 2021 dikarenakan COVID & permasalahan visa.

Tim dari VCS telah absen dari 2 gelaran LoL esports internasional yang diadakan oleh Riot yaitu Worlds 2020 dan MSI 2021. Ini terjadi karena regulasi bepergian di Vietnam cukup ketat selama masa pandemi. Karena varian Delta COVID-19 yang kini sedang berkembang, VCS Summer Split pun bahkan harus dihentikan dari gelarannya. Penyelenggara tidak mendapatkan izin dari pihak terkait meski turnamen diadakan secara online.

Worlds 2020/Riot Games

Tadinya meskipun tidak ada kompetisi di Summer Season, VCS berniat untuk mengirimkan juara Spring mereka yaitu GAM Esports dan Saigon Buffalo untuk mengikuti Worlds 2021. Namun masalah muncul ketika Riot memutuskan untuk memindahkan venue Worlds 2021 dari China ke Eropa. Ini terjadi karena tim dari Vietnam gagal mendapatkan visa untuk masuk ke Eropa. Masalah visa ini dipicu oleh perkembangan COVID yang memburuk di banyak negara di Asia.

Akibat permasalahan ini, VCS telah melewatkan 3 gelaran League of Legends internasional. Pandemi COVID yang masih berlangsung telah sekali lagi menghapuskan kesempatan wakil dari Vietnam untuk tampil di panggung terbesar LoL. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?