Asian Games 2022 Resmi Ditunda Akibat COVID

Dandesignlab
08/05/2022 16:04 WIB
Asian Games 2022 Resmi Ditunda Akibat COVID
Asian Games 2022

Dilansir dari media pemerintah China, CCTV News, Asian Games 2022 resmi ditunda oleh Dewan Olimpiade Asia. Acara dijadwalkan berlangsung di Hangzhou, China, antara 10 September hingga 25 September. Kini, masih belum jelas alasan dari penundaan acara tersebut. Namun pengumuman ini datang beriringan dengan kondisi China yang tengah berjuang melawan COVID-19. Secara khusus, ini akan menjadi kesempatan pertama di mana esports akan menjadi acara medali resmi di Asian Games.

Dewan Olimpiade Asia telah menunda Asian Games yang diharapkan akan diumumkan kemudian. Akhir bulan lalu, penundaan Asian Games dikabarkan berpotensi akibat meningkatnya ancaman COVID-19 di China. Selain itu, Hangzhou, sebagai kota tuan rumah Asian Games 2022 terletak dekat Shanghai yang telah melakukan PPKM ketat dalam beberapa minggu terakhir.

Apa pengaruhnya penundaan terhadap esports?

Penundaan Asian Games 2022 kemungkinan akan berdampak pada pemilihan pemain untuk event esports di turnamen. Kandidat masih dalam proses seleksi dan finalisasi untuk seluruh lineup esports yang hadir di Asian Games. Sebagai contoh adalah League of Legends yang memiliki kemungkinan memperluas kriteria evaluasinya ke Summer Split setelah acara tersebut ditunda.

Pemilihan timnas League of Legends telah mengakibatkan banyak konflik seputar jadwal di masing-masing wilayah. League of Legends Pro League (LPL) China terpaksa membuat jadwal baru untuk Summer Split untuk mengakomodasi pemilihan pemain untuk timnas. Jadwal yang baru dibentuk ini membuat hampir mustahil bagi perwakilan LPL untuk menghadiri Mid-Season Invitational (MSI) 2022 secara langsung. Kini, tim China akan bertanding dari jarak jauh dari fasilitas tim mereka atau Shanghai Arena.

Dengan demikian, proses pemilihan timnas Korea untuk League of Legends juga mendapat kecaman karena Asosiasi e-Sports Korea (KeSPA) dikritik karena penanganan jadwal dan prosesnya yang buruk.

Dewan Olimpiade Asia mengumumkan bahwa Asian Games 2022 akan menampilkan delapan acara perebutan medali dan dua acara demonstrasi. Perebutan medali tersebut adalah sebagai berikut:

  • Arena of Valor (Asian Games version)
  • Dota 2
  • Dream Three Kingdoms 2
  • EA Sports FIFA branded soccer games
  • Hearthstone
  • League of Legends
  • PUBG Mobile (Asian Games version)
  • Street Fighter V

Dilansir dari Naver, 40.000 pemain FIFA Online telah dipilih. Sementara PUBG Mobile hanya mengungkapkan 26 pemain awal. Setelah Asian Games 2022 ditunda, liga-liga esports nasional termasuk League of Legends berpotensi memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan tim nasionalnya masing-masing dan mengubah jadwal domestiknya. Bagaimana menurutmu?