IES Ligagame

Tips Capai Level Maksimal Menit ke-8 ala Hyper Carry

Billy Rifki
16/04/2020 19:16 WIB
Tips Capai Level Maksimal Menit ke-8 ala Hyper Carry
Esports.ID , YouTube

Salah satu kelebihan dari strategi hyper carry adalah hero pemberi damage utama kalian bisa full item dan memiliki level maksimal di menit ke-8. Tentu, ada cara dan langkah yang harus kalian lakukan sebelum bisa membantu perang dan memenangkan game.

Nah, pada artikel sebelumnya, Esports.ID telah memberikan saran-saran hero apa saja yang cocok dalam komposisi hyper carry. Sekarang, kita akan belajar bagaimana sih cara farming hyper carry itu sampai kita bisa mencapai level 15 di menit ke-8?

Step 1: Persiapan Farming

Pertama, tentu kalian harus memilih hero yang sesuai untuk jadi hyper carry. Bisa marksman atau assassin tertentu. Beberapa opsi terbaik saat ini adalah Claude, Karrie, Granger, Lancelot dan Ling. Alasannya, karena mereka gesit dan memiliki kemampuan farm cepat di level awal. Tentu sobat Esports bebas memilih alternatif lain.

Tentukan Battle Spell yang sesuai. Battle Spell seperti Retribution sangat penting untuk kecepatan farm kalian. Tapi, bila kalian ragu dengan lawan yang dihadapi, tak masalah memakai Purify atau Flicker kalau itu bisa menyelamatkan kalian.

Kenapa? Karena kalau kalian terciduk musuh, akan butuh waktu lebih lama untuk mencapai level maksimal ketimbang memaksakan pakai Retribution.

Saat memulai permainan, kalian butuh item jungle untuk mendapat tambahan gold dan exp plus damage tambahan ke monster jungle. Karena hyper carry ideal adalah MM atau Assassin, tidak ada alasan untuk membeli variasi item jungle selain Raptor Machete. Dalam kasus tertentu, sobat Esports mungkin memilih hero mage seperti Harith atau Lunox menjadi hyper carry, maka dimungkinkan membeli item jungle berbeda.

Kalian bisa berkompromi dengan membeli sepatu "ketengan" lebih dulu atau push terus sampai Raptor Machete utuh. Bila item jungle sudah terbeli, lanjutkan dengan mengantongi item roaming agar mendapat exp dan gold secara berkala.

Step 2: Rotasi Farming

Langkah-langkah farming juga penting untuk kalian hapal. Pertama, habisi minion mid secepat mungkin, beralih ke "mimi peri" atau Lithowanderer kiri atau kanan lalu lanjutkan dengan monster jungle terdekat. Habisi juga kedua monster buff sebelum kembali ke wave minion ke dua. Gunakan Retribution, bila kalian memakainya, untuk objektif penting seperti turtle, crab, monster jungle dan Lord yang direbutkan musuh.

Tak perlu maruk untuk mengambil kedua crab di kiri dan kanan Land of Dawn, satu pun cukup agar rekan setim kalian juga memiliki gold tambahan guna membeli item core awal.

Usai menghabisi gelombang minion kedua, bila kalian kebetulan sedang mengambil crab di sisi peta, coba lihat situasi apakah kalian bisa mengambil turret atau melakukan war. Jangan terlalu lama mengambil keputusan dan berdiam di lane. Lebih baik kembali ke mid dan menghabisi monster jungle yang tersisa di area kalian dalam perjalanan kembali. Turret mid penting untuk dipertahankan di awal game karena akses musuh ke kedua buff lebih terjaga bila turret masih bertahan.

Dalam war, tak perlu gegabah untuk memulai serangan. Biarkan kedua "bodyguard" kalian melakukan inisiasi sementara kalian menggebuk sebisanya. Jangan paksakan untuk mendapat kill bila berujung pada kematian. Perhatikan core utama musuh di minimap yang berpotensi membunuh kalian. Apakah mereka terdeteksi di sisi lain peta atau menghilang. Bila mereka terlalu jauh, kalian boleh lebih agresif demi sebuah kill.

Bertahan hidup lebih baik ketimbang harus menunggu waktu respawn, kecuali memang kill tersebut benar-benar pasti dan kalian sudah mengkalkulasi damage dengan tepat.

Jangan ragu menggunakan skill movement yang tersedia pada hero untuk berpindah tempat lebih cepat. Pergerakan yang gesit membantu kalian mendapatkan gold dan exp lebih cepat pula.

Step 3: Mendapat Objektif

Bermain hyper carry tak selamanya soal farming. Kalian pun harus berperang setidaknya merebut objektif setiap ada kesempatan. Semakin cepat kalian mendapat objektif, maka ruang farm musuh jadi terbatas karena kalian bisa berganti lokasi farm di jungle musuh yang terbuka.

Bila situasi ideal, seharusnya kalian sudah mencapai level 10 di menit ke-5. Di momen ini, usai mendapat dua buff, bergerak ke arah lane yang memungkinkan untuk merebut turret atau memberi serangan bantuan kepada musuh yang lengah. Seharusnya, hero kalian terlalu kuat dengan efek dua buff merah dan biru.

Sejatinya, memiliki Raptor Machete dan Endless Battle sudah cukup untuk kalian memberi kerusakan signifikan pada lawan. Upayakan invasi ke jungle lawan setelah item tersebut sudah dimiliki atau sekedar memotong wave minion agar kalian bisa berpindah lane lagi ke tempat yang lebih subur gold dan exp. 

Kalian bisa mencapai level 15 lebih cepat dari 8 menit tergantung situasi permainan yang kalian hadapi saat itu. Apakah kalian mampu menang di awal atau musuh sudah menguasai beberapa area peta. Ada baiknya, farm sendiri di tempat terjauh dari musuh yang menyerang dan membiarkan duo support kalian membeli waktu dengan bertahan. Namun, jangan farming terlalu jauh karena bisa jadi musuh menyiapkan jebakan untuk kalian.

Hyper carry adalah strategi yang sangat efektif untuk memenangkan game dengan cepat. Memiliki level maksimal dan beberapa item penting di mid game sudah menjamin keruntuhan crystal lawan di menit ke-10 atau persis ketika Lord pertama muncul.

Jangan ragu untuk meminta bantuan Lord untuk agar kamu bisa memulai game selanjutnya segera. Apakah artikel ini membantu Sobat Esports? Jangan lupa berikan komentar dan trik unik kalian yah bagaimana cara menjadi hyper carry yang baik!