#PUSHRANKTANPAHENTI H3RO

5 Item Jarang Tersentuh di Mobile Legends, Saatnya Rework?

Billy Rifki
08/04/2020 15:53 WIB
5 Item Jarang Tersentuh di Mobile Legends, Saatnya Rework?
Mobile Legends

Pemain Mobile Legends biasanya sumringah ketika patch update terbaru rilis. Mereka bisa mengetahui hero mana yang mendapatkan buff dan nerf. Tapi tak kalah penting, item juga menjadi pembeda gameplay dari hero tertentu.

Dari sekian banyak item, ada beberapa yang jadi langganan dan wajib untuk dimiliki para hero. Misalnya, untuk assassin atau marksman, mereka harus mengantongi Endless Battle karena memberi tambahan darah, regen mana, cooldown reduction sampai lifesteal. Untuk mage atau support misalnya, hampir selalu mempertimbangkan Concentrated Energy atau Holy Crystal untuk damage magic yang lebih besar.

Belum lama ini, Moonton pun mengubah beberapa item agar memiliki efek yang lebih baik. Seperti Blade of Heptaseas yang kini memberi kerusakan sampai 180 plus 100% physical attack. Item ini juga yang membuat assassin kembali berbahaya jadi midlaner dengan Lancelot, Ling dan Hayabusa sebagai top priority.

Tapi, tahukan kalian ada item yang tampaknya tak laku untuk dipakai pemain Mobile Legends. Meskipun punya efek menggiurkan, tampaknya item ini tak menarik para pemain. Apa saja item tersebut?

- Haas's Claw

Banyaknya item yang memberi efek lifesteal di Mobile Legends membuat pemain harus memilih satu diantaranya yang paling baik. Saat ini, hanya Endless Battle yang memberi atribut komplit untuk hero plus efek true damage. Sementara para tanker dan fighter memilih Queen's Wings agar lebih tanky.

Sementara Haas's Claw hanya menambah serangan fisik pllus bonus lifesteal ketika hero kalian mulai sekarat. Sayangnya, dibandingkan dengan Endless Battle, efek Haas's Claw tidaklah mewah. Endless Battle memberi semua yang item cakar ini punya dengan efek lain yang lebih baik. Tak ayal, banyak hero yang mengandalkan lifesteal memilih Endless Battle ketimbang Haas's Claw.

- Malefic Roar

Item berbentuk tembakan ini mungkin masih digunakan oleh beberapa hero yang ingin fokus meruntuhkan turret seperti Masha atau Fanny, itu pun situasional atau tidak selalu terjadi. Malefic Roar kalah pamor dengan item jungle Raptor Machete walaupun cuma memberikan efek penetrasi fisik sebesar 15%.

Namun, efek tambahan yang lebih baik dari Raptor membuat pemain memilih mempertahankan item jungle ini. Tak cuma mempercepat proses farm, Raptor membantu dalam laning dan potensi kill hero berkat efek slow dan true damage. Selain itu, tambahan physical attack yang meningkat seiring level hero membuat item ini lebih signifikan di situasi late game ketimbang Malefic Roar.

- Hunter Strike

Sabit ungu ini ikut terlupakan oleh pemain meskipun memberi bonus efek yang cukup wah. Ada physical penetration serta cooldown reduction, tampaknya cocok untuk digunakan oleh assassin atau marksman. Sayangnya, item ini punya pesaing berat dalam bentuk Golden Staff.

Pemain ML tampaknya tak perlu hero yang bergerak terlalu cepat, namun yang terpenting hero mereka bisa menjatuhkan lawan dalam beberapa kali pukul saja. Oleh karena itu, item Golden Staff jadi prioritas banyak pemain karena efek attack speed dan basic attack yang diperkuat. Belum lagi, tambahan true damage dari Endless Battle dan Raptor Machete misalnya, membuat item tongkat ini jadi pelengkap yang cocok.

- Twilight Armor

Item ini baru saja di update dengan tambahan efek critical reduction. Bahkan, bonusnya jauh lebih baik ketimbang efek ini ketika di item Dominance Ice. Tapi, promo tersebut belum bisa membuat pemain tergiur membelinya. Apa alasannya?

Meskipun banyak hero yang mengandalkan critical strike sebagai bonus serangan. Namun, kehadiran Endless Battle dan Raptor Machete yang berefek true damage membuat critical reduction tak berfungsi maksimal. Apalagi harga item ini terlalu mahal sehingga tak mungkin di buat duluan oleh para tank.

Alhasil, banyak pemain lebih memilih mengalihkan item mereka ke Immortality, Queen's Wings atau Athena Shield tergantung dari jenis lawan yang dihadapi. Terlebih, ketimbang Twilight Armor untuk critical reduction, jauh lebih baik memiliki Blade Armor yang langsung memberi efek jera kepada damage dealer musuh merasakan pukukannya sendiri.

- Sea Halberd

Item ini tergolong baru dan versi lebih baik dari Deadly Blade. Efeknya mengurangi kemampuan regen untuk menjinakan hero semacam Alucard atau Uranus. Meski begitu, belum banyak pemain yang melihat item ini perlu dimiliki untuk melawan hero dengan regenerasi tinggi.

Lagi-lagi, efek true damage yang lebih menggiurkan membuat faktor regen pun tak berdaya karena kerusakan yang di terima lawan lebih besar dari kemampuan regenerasi hero tertentu. Tapi, bukan tidak mungkin item ini akan muncul ke permukaan. Mengingat tak cuma pembatas regenerasi saja yang ia berikan tapi juga physical attack dan attack speed.

Apakah Moonton berencana mengubah item-item ini jadi lebih istimewa Sobat Esports? Ataukah item ini akan tetap terpinggirkan dan tak laku di shop?