IES Ligagame

Trik Naik ke Mythic Mobile Legends Pakai Offlaner, Auto Bully Lawan!

Rendy Lim
23/04/2020 09:51 WIB
Trik Naik ke Mythic Mobile Legends Pakai Offlaner, Auto Bully Lawan!
Saatnya naik Mythic nih Sobat Esports!

Season 16 Mobile Legends masih terhitung setengah jalan. Masih banyak waktu untuk Sobat Esports naik kasta ke rank mythic. Namun, bagi sebagian gamer perjuangan tersebut seakan sangat sulit, bahkan harus minta bantuan teman dengan mabar (main bareng) agar terhindar dari kompatriot random yang menyusahkan.

Tapi tahukah kalian kalau kamu bisa juga naik rank dengan mudah walau bermain solo? Salah satunya caranya adalah menjadi offlaner. Loh, bukannya jadi offlane itu susah? Nah, itu dia trik yang tidak kamu ketahui. Kali ini, Esports.ID akan membongkar salah satu rahasia menjadi offlaner yang menjamin kamu naik ke mythic dengan mudah.

TRIK OFFLANER

Salah satu trik offlane adalah pemahaman macro gameplay. Apa itu? Salah satu contoh nyatanya adalah membaca mini-map atau peta. Misalnya, gelombang minion di Mobile Legends itu adalah identik yang artinya bila minion kamu baru keluar dari markas, maka minion musuh juga sama, begitu pun titik temu mereka.

Dari mini-map, kamu bisa melihat posisi turret, teman dan musuh yang terdeteksi vision atau penglihatan dari unit sekutu. Kelihatannya sepele, tapi bagi offlaner ini sangat penting. Lalu, apa caranya agar kita bisa berkontribusi maksimal sebagai offlaner?

Mengacu pada pembacaan peta dan titik temu minion tadi, kamu bisa melakukan cut lane atau istilah nasionalisnya memotong jalur minion. Trik ini bisa kamu lakukan di level 1 menggunakan hero-hero offlane seperti Grock, Thamuz, X Borg, Uranus atau Jawhead. Hero-hero ini punya skill yang bisa menghabisi gelombang minion dengan cepat. Tapi bila kamu memakau hero offlane lain seperti Chou, Leomord atau Silvanna, lebih baik mementingkan farm dulu sebelum melakukan aksi beresiko.


Perhatikan perbedaan farm dan level antara offlaner dan MM musuh. Dengan agresifitas yang tepat, offlaner bisa memimpin perolehan gold dan xp tim di menit awal sampai mid-game

Tentu permainan ini punya bahayanya karena musuh bisa saja mencegat kamu. Tapi jangan takut, selama kamu masih berada di rank GM-Epic menuju Legend, biasanya reaksi musuh bakal abai dan mementingkan red buff.

Disitulah kesalahan lawan yang bisa kamu eksploitasi. Seusai gelombang minion pertama, kamu sudah menyentuh level 2 dan punya keunggulan signifikan. Kumpulkan keberanian dan tantang perebutan buff yang sedang diusahakan oleh lawan. Situasi ini, kamu akan dihadapkan dengan MM dan tank atau support.

Monster buff cukup sulit ditaklukan dan butuh waktu, kadang, tank dan MM musuh sampai harus kehilangan cukup banyak darah untuk membunuh mereka. Disinilah kamu sebenarnya sangat berpotensi untuk mencuri buff bahkan mendapat double kill.

Namun, jangan dipaksakan bila kamu tak mendapat kill atau mencuri buff. Tergantung dari situasi, membuat musuh kembali ke markas untuk regen sudah jadi kemenangan karena dengan begitu kalian bisa mengambil crab atau monster jungle lain agar cepat level 4.


Musuh yang tertinggal level dan farm membuka akses untuk menghancurkan turret. Lanjutkan push atau rotasi sesuai situasi

JANGAN LUPA ROTASI

Satu hal yang sering terlupakan oleh offlaner adalah rotasi. Saking fokusnya menjaga lane, mereka terpaku di lane itu-itu saja. Itu adalah sebuah kesalahan tentunya apalagi kalau kamu cuma fokus farm dan tidak menekan lane.

Melakukan cut minion sejatinya mempermudah turret musuh hancur duluan. Karena pasukan kamu tidak akan bertemu hambatan sampai menyentuh turret. Selain itu, agar terhindar dari musuh yang mencoba split push saat kamu berpindah lane, potong dulu gelombang minion musuh lalu lakukan pergerakan ke jalur tengah atau bawah. Cara ini akan menghindari lawan menekan lane dan kamu bisa segera kembali ke posisi awal sebelum musuh mendekat ke menaramu.

Bahkan, di MPL Season 5 lalu kita menyaksikan aksi para offlaner tim elit Indonesia melakukan potong minion sampai di markas musuh loh. Ini tak saja memberikan waktu untuk midlaner kawan lebih aktif melakukan gank, tapi juga berbuah exp dan gold yang sangat melimpah untukmu.

Semua ini bisa dilakukan kalau kamu memiliki pemahaman macro gameplay yang baik. Tapi hati-hati karena tidak semua musuh terlena dengan strategi seperti ini. Cara bermain cut minion sudah terbukti, setidaknya bagi penulis memenangkan banyak game tanpa usaha berlebih. Karena biasanya, offlaner yang agresif membuat marksman lawan sangat sulit untuk melakukan farm dan musuh cenderung menyerah apabila melihat core utama mereka sangat miskin.

Sayangnya, bila kamu telah sampai di rank mythic, strategi ini sebaiknya dipertimbangkan ulang karena musuh yang lebih berpengalaman sudah tahu cara menyiksa kamu yang offside dari perlindungan.

Tapi, bukan berarti trik ini tidak bekerja, hanya saja harus lebih hati-hati. Jadi, jangan khawatir naik rank itu susah Sobat Esports, kalian bisa naik ke mythic walau main solo dengan menjadi hero offlaner. Selama mencoba!