[Analisa Tim MPL S6] Skuad Baru Harapan AURA FIRE

Rendy Lim
04/08/2020 13:22 WIB
[Analisa Tim MPL S6] Skuad Baru Harapan AURA FIRE
Kira-kira bagaimana sepak terjang AURA FIRE di MPL S6 nanti yah?

Tak terasa gelaran Mobile Legends Pro League Indonesia Season 6 tinggal menghitung hari. Meski masih mempertandingkan delapan tim yang telah mengamankan slot franchise di liga ini, perombakan skuad pemain bisa menjadi bahan analisa untuk mengukur kekuatan mereka yang telah siap berlaga.

Jika kemarin tim Esports.ID telah membahas Geek Fam Indonesia, kali ini kita akan mengulik persiapan dari salah satu 'pemain lama' di MPL ID yakni AURA FIRE.  

Roster AURA untuk MPL S6

Perjalanan AURA FIRE di MPL ID 

AURA bisa dikatakan adalah salah satu 'pemain lama' di kompetisi Mobile Legends Pro League Indonesia. Tim ini pertama kali melakukan debut pada MPL S2, namun kala itu perjalanannya harus terhenti di babak final qualifier. Tidak berhenti di sana, AURA kembali berpartisipasi di MPL S3 serta berhasil menembus babak regular season. Sayangnya, mereka harus terdampar di papan bawah hingga akhir musim. 

Seiring berjalannya waktu, kemampuan AURA di kompetisi tingkat nasional ini juga semakin meningkat. Memasuki liga franchise di MPL S4, tim ini juga turut mengganti logo dan menampilkan performa yang bisa dikatakan merupakan masa keemasan mereka di scene kompetitif MPL ID

Roster AURA MPL S4

Pada awal musim regular MPL S4, AURA sempat tampil mengejutkan dengan menumbangkan EVOS Esports di salah satu pertandingannya. Selain itu, AURA juga sempat mengalahkan sang jawara MPL S3, ONIC Esports di pekan regular. Namun, dominasinya tak mampu bertahan hingga akhir musim. Walaupun kali ini mereka berhasil menembus babak playoffs, AURA harus pulang di hari pertama setelah takluk dari ONIC 2-0.

Perombakan besar-besaran terjadi di AURA dalam persiapan menghadapi MPL S5. Kala itu, mereka coba merekrut beberapa talenta dari tim lain seperti God1va dan Greg. Bahkan, AURA sempat menghadirkan Susu Gajah yang merupakan salah satu pemain veteran di MOBA sebelah. Kemampuannya mengemban role marksman bahkan berhasil membuat tim sekelas ONIC dan Aerowolf kewalahan. 

Sayang, meski telah melakukan perombakan besar-besaran, penampilan AURA di sepanjang musim regular belum cukup untuk membawa mereka tembus ke babak playoff. Catatan dari AURA kala itu adalah mereka perlu memperluas hero pool dari setiap pemain agar bisa melakukan adaptasi dengan lebih cepat. 

Potensi Skuad Baru AURA FIRE

Penampilan yang kurang memuaskan pada MPL season sebelumnya membuat AURA dengan berat hati harus mengakhiri jasa sang pelatih bersama tiga pemainnya yakni God1va, Greg, dan juga Clover. 

Sebagai gantinya, AURA menghadirkan pemain pengganti yang namanya tidak asing untuk para fans Mobile Legends. Pertama adalah Trust, pemain dari ONIC Prodigy yang ikut serta dalam MDL ini sepertinya bakal memberi warna baru dalam strategi AURA. Selain itu, Vanss dari Siren Esports juga turut menjadi salah satu senjata AURA untuk MPL S6. Apalagi, Siren Esports berhasil mencapai babak semifinal di MDL S1 kemarin. 

AURA lepas Clover, God1va dan Greg

Komposisi roster AURA kemudian dilengkapi dengan kehadiran mantan pemain Geek Fam ID, Tezet serta Coach Hades. Pelatih baru AURA ini merupakan mantan caster DOTA 2, selain itu Sean 'Hades' Goh juga memiliki segudang pengalaman di tim DOTA 2 SEA bahkan Indonesia mulai dari T1, XcN, hingga Alter Ego. 

Tidak hanya berbekal pengetahuan tentang Dota 2 dan macro di game MOBA, Hades yang memiliki latar pendidikan psikolog ini diharapkan dapat membantu permasalahan mental dari setiap individu di tim agar dapat mengantar mereka untuk berkembang. 

Coach dan 3 pemain baru AURA untuk MPL S6

Masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh AURA untuk dapat memaksimalkan potensinya di Mobile Legends Pro League. Skuad barunya ini tentu punya kesempatan untuk tampil lebih baik dari hasil mereka di season sebelumnya. Namun, bagaimana kira-kira AURA meracik strategi tersebut?

Sosok Pelatih Baru yang Jadi Harapan

Kehadiran Hades tampaknya akan menjadi kunci perubahan besar AURA di MPL S6 ini. Pelatih asal Singapura ini menekankan bahwa dirinya akan lebih fokus untuk membantu para pemain AURAVanss, Lord Tezet, Phoenix, Vaanstrong, Darkness serta Trust) untuk bisa tetap tenang dalam turnamen.

Hal ini dilakukan agar mereka dapat lebih berkomunikasi dengan baik, mengesampingkan ego masing-masing agar mampu meraih kemenangan bersama. Kita tunggu saja yah strategi dan hasil latihan yang diterapkan oleh Hades, semoga bisa meningkatkan performa AURA di musim ini. 

Hades, Coach baru AURA ini tampaknya akan menjadi kunci perubahan

Prediksi di MPL Season 6

Jika melihat hasil AURA pada season-season sebelumnya, sebenarnya skuad ini punya kesempatan untuk bersaing dengan tim-tim papan atas. Buktinya, pada season 4, AURA sempat mengalahkan ONIC dan EVOS di pekan regular, menunjukkan potensi yang ada dari tim ini. Namun, memasuki season 5, performa AURA tampak menurun bahkan gagal menembus babak playoff.

Beberapa catatan yang dianggap menjadi penyebab penuruan performa AURA musim lalu adalah kurangnya variasi hero pool dari setiap pemain. Jika masalah tersebut dapat diselesaikan sebelum MPL S6 dimulai, tidak menutup kemungkinan kalau AURA bisa menampilkan kemampuan terbaiknya. Apalagi dengan kehadiran Hades yang mampu mendongkrak potensi skuad ini dari segi mental.

Hades sendiri menargetkan pada musim perdananya ini, dirinya dapat membawa AURA untuk setidaknya lolos ke babak playoff. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports soal potensi dari skuad baru AURA ini?