IES Ligagame

5 Hero Mobile Legends yang Bakal Tersingkir & Jadi Meta di Patch Baru

Billy Rifki
27/08/2020 13:08 WIB
5 Hero Mobile Legends yang Bakal Tersingkir & Jadi Meta di Patch Baru
Esports.ID

Mobile Legends memasuki patch terbaru 1.5.08 pada 24 Agustus kemarin. Beberapa hero mendapatkan perubahan berupa nerf, buff dan adjustment. Ada yang menilai hero tertentu jadi semakin jelek karena kehilangan ciri khasnya, ada juga yang dibuat Moonton makin kuat agar mulai digunakan orang.

Lantas, siapa saja hero yang bakal masuk meta di patch terbaru dan siapa saja hero yang bakal tersingkir?

META

1. Karina
Mulai banyak pemain di rank yang menggunakan Karina. Dari pantauan Esports.ID, pemain Karina cenderung punya winrate yang tinggi pasca update patch. Kemampuannya untuk memberikan damage tinggi dalam sekali tebas jadi jawaban untuk mengatasi persoalan hyper carry.

2. Vale
Nasib Vale sebagai mage support terlupakan perlahan mulai berganti. Kemampuan crowd control dan skill area of effect mematikan jadi kelebihan Vale. Vale mampu mengontrol agresi musuh dengan kombo Windblow-Windblade-Windstorm.

3. Kaja
Kaja sempat jadi meta di season lalu karena kemampuan supressnya yang baik. Kini, ia diberikan sustain dan damage yang lebih tinggi sehingga memungkinkannya jadi sidelaner yang meyakinkan. Kemampuan Divini Judgement dari Kaja tetap jadi alat paling efektif untuk mengunci target musuh paling penting.

4. Martis
Sedang laris di meta saat ini fighter yang mampu memberikan burst damage besar seperti Hilda, Balmond dan Yu Zhong. Martis termasuk salah satu hero yang mampu mengerahkan damage seperti itu. Decimation memberikan true damage untuk lawan yang darahnya dibawah 50%, Martis juga dapat buff movement speed kalau target terbunuh. Plus, ia punya immune dan damage reduction dalam mode Mortal Coil.

5. Alpha
Fighter lain yang coba memasuki meta adalah Alpha. Keunggulan Alpha adalah serangan dps yang baik diselingi kekuatan lifesteal yang tinggi. Moonton menambahkan efek burst damage besar pada ultimatenya, Spear of Alpha. Serangan ini terbagi dua antara ayunan tombak Alpha dan hujan tembakan dari Beta.

OFF-META

1. Yi Sun-shin
Baru saja meta, YSS mungkin harus terlupakan lagi. Traceless tak lagi memberikan damage reduction meskipun masih menyediakan immune dari cc. Namun, itu tak membantu ketika YSS terincar skill lock target seperti Power of Wilderness Hilda yang bakal mengejar meski YSS sudah traceless. Serangan criticalnya juga dikurangi pada early game, membuat pemain YSS cenderung lebih nyantai di awal game.

2. Natalia
Kehilangan kemampuan silence sangat berpengaruh untuk Natalia. Skill ini memungkinkan Nata berani mengincar mage-mage berbahaya seorang diri. Moonton cuma menambal kehilangan tersebut dengan tambahan basic attack, sayangnya critical punya Natalia turut dikurangi. Nata mungkin lebih berbahaya di early karena basic attacknya makin tinggi, namun jelang late game kemampuan tersebut dimitigasi oleh item defensif yang sudah dimiliki lawan.

3. Helcurt
Tadinya, Helcurt bisa mengcounter segala jenis hero berkat silencenya. Kini, silence cuma aktif bila terkena efek cc atau dalam kata lain tersentuh Shadow Transition. Mungkin juga, musuh yang ingin melempar stun ke arah HC tetap tersilence. Namun, ini menyisakan ruang untuk hero yang mengandalkan attack untuk tetap menyerang menggunakan skill. Alhasil, HC tak bisa lagi pukul-pukulan sembarangan.

4. Uranus
Meski belum terkena nerf, Uranus sudah terbaca kelemahannya. Kini dengan regenerasi dan shield yang lebih lemah, Uranus bakal terganti oleh fighter lain yang langsung kuat sejak early game. Uranus mungkin masih jadi pilihan sementara waktu, namun melihat banyaknya buff yang diberikan pada hero burst damage, Uranus bakal jadi korban menyenangkan untuk diincar.

5. Ling

Ikon hyper carry satu ini mungkin bakal merasakan hilang dari meta akibat patch ini. Ia tak cuma menerima satu nerf tapi tiga buah pengurangan efek. Misalnya, Ling bakal kena slow kalau terjatuh dari dinding akibat efek cc, kemudian penggunaan skill di atas dinding bertambah 0,1 detik, terakhir movement speed dari ultimate berkurang dari 30% ke 10%.

Meski damage Ling tak berpengaruh, namun survivabilitasnya terkompromi. Bakal lebih mudah menurunkan Ling dari dinding karena hero cc apapun bisa membuatnya membumi.

Itu dia 5 hero yang akan meta dan 5 yang bakal tersingkir. Hero mana yang paling bagus dan paling menyedihkan di patch note terbaru Mobile Legends?