5 Hero Ini Paling Sering di Banned di Tier Legend - Mythic, Alasannya?

Billy Rifki
08/01/2021 09:49 WIB
5 Hero Ini Paling Sering di Banned di Tier Legend - Mythic, Alasannya?
Instagram

Tiap tier atau peringkat pemain di Mobile Legends punya ciri sendiri. Tier Epic misalnya, masih sibuk diramaikan dengan kemunculan hero khas seperti Lesley, Aldous dan Alucard. Namun, makin tinggi peringkat terutama di Legend dan Mythic, maka prioritas ban berubah.

Di kelompok Legend dan Mythic, biasanya pemain mem-banned hero-hero meta. Pemilihan meta bisa ditentukan dari pick paling laris di turnamen atau berdasarkan update terbaru yang mem-buff atau nerf hero tertentu. Nah, sekarang kita cari tahu yuk hero apa sih yang paling laris dibanned di tier Legend-Mythic dan apa alasannya?

Yamisok Nobar

- Natalia

Hero menghilang ini sangat laris di banned pemain Legend-Mythic. Kemampuannya menyebar kekacauan seantero map, mempersulit farming core sampai split push tak terdeteksi jadi beberapa alasan pemain malas melawan Natalia. 

Potensi killnya sudah besar di level 1, bisa membunuh hampir semua hero yang ia incar meski cuma bermodal item sepatu atau roam sekalipun. Ya, Natalia adalah pembunuh darah dingin yang bisa berperan macam-macam dalam tim. Untuk tim profesional, Natalia lebih diposisikan sebagai support, membuka map, mencari keberadaan hero lawan dan inisiasi. Sedangkan rata-rata pemain public lebih memilih Nata jadi sidelaner.

Nata juga handal melawan assassin lincah atau MM dengan escape mechanism. Tiap keluar dari bayangan Nata memberi efek silence sesaat, krusial untuk membunuh musuh sebelum mampu melarikan diri.

- Barats

Penunggang dinosaurus lucu ini tergolong sidelaner mengerikan bila terlepas. Tanky, pukulannya juga sakit bikin musuh susah membunuh mahluk satu ini. Barats juga bisa menggagalkan banyak inisiasi dari musuh. Misalnya di sergap Tigreal, Khufra atau Akai, ia bisa langsung ultimate, mendapat efek immune dan menelan mereka.

Barats mumpuni dijadikan sidelane, tank bahkan hyper sekalipun. Itemisasinya pun fleksibel karena bawaan pasif yang membuat hero ini kuat. Barats bisa dilengkapi dengan item damage atau menimbun item defensif agar ia makin sulit dijinakkan.

Tak ayal, hero ini buru-buru di banned kalau pemain Legend-Mythic sedang proses drafting.

- Esmeralda

Rentetan nerf demi nerf tak membuat Esme hilang dari meta. Ia tetap diprioritaskan jadi pilihan kalau dilepas, atau di banned bila malas meladeni sang "biduan dangdut". Apa yang membuat Esme sulit dikalahkan dan lebih sering dibanned adalah kecepatan dan kemampuannya memperkuat diri dengan cara melemahkan lawan.

Esme mengambil armor atau darah putih musuh dan mengkonversi jadi miliknya. Selagi musuh makin ringkih karena kehilangan armor, Esme makin kuat dan tak terkendali. Memang, ada cara untuk mengalahkan Esme. Salah satunya memiliki banyak hero crowd control, punya skill burst damage atau anti-regen.

Tetap saja, hal itu cuma membantu sedikit karena Esme sudah berbahaya di early game dan makin gila saat late game.

- Benedetta

Hero baru yang dianggap sebagai terlincah di Land of Dawn. Biasanya hero lincah punya kelemahan terhadap skill cc atau stun, Benedetta pun demikian. Namun, ia punya penangkal dari skill 2, An Eye for An Eye. Skill ini memberi efek immune dan memblok damage sesaat bila dikeluarkan tepat dengan datangnya jurus musuh.

Jurus ini juga bisa menyerang balik musuh bila sukses menggocek skill cc mereka dengan memberikan counter-stun. Benedetta terlalu cepat untuk di incar oleh skill biasa. Ia juga tak mengenakan bagi hero dengan single target lock, karena animasi jurus mereka bisa dihindari oleh hero ini.

Tak ayal, pemain kerap kalang kabut bertemu Benedetta, tak tahu harus melakukan apa untuk membunuhnya.

- Brody

Hero terakhir yang paling sering di banned di tier Legend-Mythic adalah Brody. Sama seperti Benedetta, hero ini tergolong masih hangat dan pemain menganggap kekuatannya berlebihan. Brody tak seperti MM lain yang mengandalkan attack speed atau DPS. Ia adalah penyerang jarak jauh bertipe burst.

Artinya, ia tak bisa menembak dengan cepat, namun dalam sekali tembakan damagenya kepalang tinggi. Ia bahkan cuma perlu menembak satu-dua kali untuk mengumpulkan stak Abyss Mark dan kemudian melepasnya bersama ultimate haram, Torn-Apart Memory.

Kurang lebih, hero ini seperti Yu Zhong marksman yang memberi damage berdasarkan stack yang ada di musuh. Bila stack penuh, maka damage kalian lebih tinggi. Musuh cenderung kesulitan ingin menginisiasi Brody akibat defense mechanismenya, Corrosive Strike yang memberi stun dan Abyss Mark. Kemampuan Brody satu ini sangat efektif untuk melawan inisiasi putus asa.

Itu dia lima hero paling sering di banned di tier Legend dan Mythic. Kalian setuju dengan hero di atas? Menurutmu hero apa yang layak jadi daftar banned juga?