GoPay Pesta Gamer

Curahan Hati James Terkuak, Iringi Kepergian dari RRQ Hoshi

Basitullah
04/02/2021 17:27 WIB
Curahan Hati James Terkuak, Iringi Kepergian dari RRQ Hoshi

Seperti kita ketahui bersama, James Chen coach dari RRQ Hoshi telah mengakhiri karirnya usai laga M2 selesai terselenggara di Singapura beberapa waktu lalu. Melalui video terbaru di channel Team RRQ 'UNTIL WE MEET AGAIN JAMES' terungkap alasan James berhenti dan beberapa curahan hatinya dibeberkan sedari dirinya bergabung di RRQ hingga sekarang.

Ternyata, perjalanan menjadi seorang coach ternyata tidak semulus yang kita semua kira. Masalah bahasa tentu jadi poin utama kesulitan James berkiprah di skena esports Indonesia, belum lagi banyak aspek yang harus dirinya perhatikan terkait mental, hero, strategi dan lain sebagainya.

"Kalian pasti tahu betapa sulitnya saya ketika berbicara dengan XIN dalam bahasa Inggirs dan dia tidak mengerti sama sekali. Saat itu aku berusaha keras untuk mempelajari Bahasa Indonesia. Aku juga harus mengetahui hero apa yang nyaman mereka gunakan dari sekian banyak player. Aku juga harus memikirkan mental mereka dan menenetukan siapa yang harus dimainkan. Semua itu sulit, tetapi aku harus memiliki pencapaian," James mengungkapkan.

Meskipun jadi masa yang sulit di MPL Season 5, nyatanya James dan RRQ Hoshi mampu hasilkan titel juara saat itu. Bahkan di MPLI pun membuahkan hasil yang sama. Baru setelah itu beberapa hal terjadi dan bahkan karena terlalu mendominasi, James menuturkan tetap mendapatkan hujatan.



"Ketika kami bermain di MPL Invitational, kita harus membuat pilihan dan kita berlatih seperti biasa. Tetapi itu sangat berat bagi kami, karena orang-orang melihat kita dengan cara yang berbeda. Orang-orang akan menghakimi kita karena kita selalu menang," James menuturkan.

Dirinya menambahkan, "Banyak sekali tekanan dan banyak juga kebencian. Aku yang memiliki 100.000 followers saja mendapatkan banyak sekali ujaran kebencian. Ketika aku melihat Albert, Lemon, dan Xin, aku bisa membayangkan bagaimana kesulitan yang mereka hadapi. Tentu itu sangat sulit!"

Terlalu banyak beban yang dicurahkan, tangis pilu tak tertahankan pecah di mata James. Kenyataannya, James keluar dari RRQ karena melanjutkan pendidikannya di Singapura. Meskipun tak berhasil menggapai gelar juara dunia di M2, namun James Chen telah membawa RRQ Hoshi memenangkan cukup banyak gelar di skena Mobile Legends, baik itu MPL Season 5, MPL Invitational 4 Nation Cup, MPL Season 6 dan 3rd Place M2 World Championship.

Thank you Coach James, see u on top!