Memahami Maksud XINNN Soal Kesalahan Midlaner & Tugas Sidelaner

Billy Rifki
24/02/2021 15:07 WIB
Memahami Maksud XINNN Soal Kesalahan Midlaner & Tugas Sidelaner
Esports.ID

Dalam momen Tiktok-nya, RRQ.XINNN menjawab salah satu pertanyaan netizen soal pihak yang salah kalau sidelaner kalah adu mekanik di lane. Apakah midlaner patut disalahkan karena tidak melakukan roam atau ganking, atau sidelaner kalian yang cupu karena mati saat di gank?

XINNN pun menjawab sebagai berikut, "Kalau sidelane lu kalah, ya bukan salahin midlaner ngga roam lah. Itu salah sendiri guys. Kalau misal sudah tahu hero power ngga kuat, jangan di lawan, sabar aja dulu" ucap mdilaner RRQ tersebut.

Yamisok Nobar

Untuk memahami maksud XINNN soal hero power, kesabaran dan rotasi midlaner, mari kita bahas bersama-sama apa yang jadi tugas wajib sidelaner dan apa yang harus dilakukan ketika mendapat tekanan musuh.

TUGAS MIDLANER ATAU CORE JUNGLER

Pertama, meta saat ini cenderung menggunakan formasi 1-3-1, yang artinya kedua sidelane baik itu offlane ataupun marksman di gold lane akan berhadapan satu lawan satu. Sementara tiga hero di lane tengah akan menguasai pusat rotasi map di tengah sembari satu core utama mencari farm di jungle. 

Tugas utama dari core jungler adalah mengamankan kedua buff, mendapat level 4, farming dan membantu mendapat objektif. Menyarangkan kill cuma bisa ia lakukan kalau situasi memungkinkan. Misalnya, musuh berada terlalu jauh dari lindungan turret, musuh melakukan dive ke arah sidelane temanmu sehingga mempermudah bagi jungler untuk membunuhnya, atau mencicil shield turret yang bisa berubah menjadi gold di 5 menit pertama.

Kalau momen itu tidak muncul, jungler sebaiknya tetap farm agar bisa mengejar ketertinggalan exp dan gold dengan hero lain di lane. Berdiam terlalu lama di lane lain atau bahkan mati bisa menimbulkan kerugian besar bagi tim. Jungler juga sebaiknya tak ikut clear wave di sidelane karena mengurangi pendapatan gold atau exp teman yang sudah fokus di situ.

TUGAS SIDELANER DAN CARA MEMENANGKAN LANE

Sementara, untuk sidelaner baik itu marksman atau fighter yang ada di samping, tugas utama mereka adalah menjaga lane agar tidak di push, meng-harras musuh sampai ia kesulitan farming dan memberikan damage pada turret lawan agar zona map yang kalian kuasai makin luas.

Tugas tersebut nampaknya sederhana, namun prakteknya tak semua orang mengerti. Player yang memilih main di sidelane harus tahu resiko berada di lane sendirian. Kalian harus punya mental untuk memenangkan lane seorang diri tanpa berharap dibantu rekan setim. 


Mengetahui skill, kekuatan, kelebihan dan kekurangan hero di Mobile Legends menambah keahlian kalian dalam laning satu lawan satu.

Untuk meningkatkan persentase kemenangan laning kalian, wajib hukumnya mengetahui hero power atau kekuatan hero tertentu. Misalnya, kalian sering menggunakan Yu Zhong sehingga tahu kalau hero ini bisa mendapat solo kill di level 1 dengan skill Dragon Tail dan beberapa kali basic attack untuk mengaktifkan pasif Cursing Touch plus finishing Execute. Tak peduli siapapun lawannya, Yu Zhong bisa membunuh mereka di level satu karena pasif ini meningkatkan regenerasi Yu Zhong sambil memberikan efek DPS ke musuh.

Bila kebetulan lawan kalian adalah Yu Zhong, kalian juga harus tahu kelebihan dan kekuatan hero lawan dan memanfaatkan kelebihan hero kalian. Ketika mengetahui bakal se-lane dengan Yu Zhong, sebaiknya kalian memlih hero yang bisa menyerang dari kejauhan, baik itu untuk clear wave atau memberikan poke ke hero musuh agar mudah menghindari skill dan basic attacknya.

Contohnya, kalian bisa menjaga jarak melawan Yu Zhong menggunakan Wanwan, Lapu-lapu atau Alpha. Sebagai sidelane, kalian juga harus berani melakukan tukar pukulan ke musuh namun bukan secara asal. Paksa musuh untuk berada dalam situasi hidup-mati bila kalian tahu dalam posisi unggul. Misalnya, kalian punya Execute atau Aegis untuk mengamankan kill atau memberikan perlindungan di saat-saat terakhir. Atau, menyerang musuh ketika lawan salah aggro dan ia terkena pukulan minion saat ingin menyerang kalian. Dengan begini, musuh yang mati akan rugi karena ketinggalan farm dan level serta turret mereka terdorong.

Ini adalah teknik sidelane yang harus kalian matangkan untuk memenangkan lane. Tentu, bisa saja kalian bermain aman dan cuma asik membersihkan minion, namun, ini tak akan banyak membantu tim apalagi kalau jalur lain sedang terdesak.

Pemilihan hero serta mengetahui kekuatan musuh dan diri sendiri adalah teknik dasar laning yang termasuk dalam mikro skill. Selanjutnya, kalian harus memenangkan lane dengan cara membunuh musuh atau membuat mereka kesulitan farm.

Ada beberapa trik untuk poke atau harras musuh kalian di lane, pertama gunakan skill kalian untuk mengenai minion dan juga hero musuh. Kedua, pastikan skill kalian mendarat ke musuh namun jurus musuh tidak masuk ke hero kalian.

Ketiga, ketika kalian memberikan lebih banyak damage ke musuh, jangan clear minion melainkan tahan dan prioritaskan damage ke lawan yang sedang mundur agar ia tetap di luar area exp dan gold dari minion. Teknik lainnya adalah memotong creep musuh. Bila kalian menyadari secara head to head tak mungkin beradu laning dengan hero musuh, kalian bisa memilih untuk memotong minion sebelum melewati turret terluar, lalu membantu untuk rotasi ke arah tengah untuk mencari momen kill.

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan sebelum memakai taktik ini. Kalian harus sadar peta dan melihat posisi musuh di laning dan juga posisi musuh di midlane. Kedua, ketahui seberapa cepat hero kalian bisa clear wave dan menahan pukulan minion. Ketiga, mengetahui di mana lokasi yang akan di tuju musuh setelah wave pertama agar rotasi kalian efektif bukannya sia-sia.

Contoh kasus ideal untuk memotong minion misalnya kalian memakai Benedetta dan melawan Esmeralda. Daripada kalian buang-buang waktu melawan Esmeralda di lane yang kuat, lebih baik kalian memotong creep, melakukan rotasi awal agar musuh kehilangan momentum untuk buff.

Memotong minion juga membantu lane kalian tidak terdorong saat rotasi, bahkan ini adalah kewajiban offlaner bila ingin melakukan rotasi ke mid. 

MENENTUKAN MENANG TIDAKNYA SIDELANER DI LANE


Manfaatkan Keunggulan gold dan EXP untuk menekan lawan kalian

Kalian bisa dianggap menang laning di sidelane bila : berhasil membunuh hero lawan, membuat hero lawan tercicil dan akhirnya harus balik ke base, berhasil membuat lawan takut untuk farming sehingga ia hanya diam di bawah turret atau kalian secara efektif berhasil melakukan rotasi ke mid untuk membantu menghabisi lawan atau menganggu/mencuri monster jungle musuh.

Poin terakhir mungkin berbeda untuk marksman di sidelane, karena skill mereka biasanya tidak efektif untuk ganking jadi sebaiknya tetap bertahan di lane, rotasi ke jungle aman atau mencicil sedikit turret demi gold shield lalu dapatkan monster hutan kemudian kembali lagi untuk clear wave. 

Sebagai fighter, kalian harus siap memancing keributan termasuk di gank musuh karena itu fungsi kalian. Dengan terkena gank, kalian memberikan ruang di lane lain untuk melakukan hal lain. Misalnya, karena musuh menyerang kalian di lane bawah, berarti midlane kosong dan tidak dijaga. Tim kalian bisa mengambil buff musuh atau mendorong minion agar turret cepat hancur.

Tentu, sebaiknya kalian tidak mati bila ada aktivitas kejutan dari musuh. Namun, bila kalian tahu hero yang digunakan sudah cukup kuat, beranikan diri untuk lawan balik dan lakukan pertukaran. Meski kalian mati, mendapatkan satu atau dua hero musuh sebelum tumbang sudah sangat menguntungkan tim. Selalu waspada dan miliki mental berani ketika berada di sidelane, jangan mudah terpancing dengan recall atau kalian malah sok melakukan gimik namun abai tugas utama.

MEMBANTU TEMAN BUKAN TUGAS MIDLANE ATAU SIDELANE

Satu hal yang perlu kalian ketahui, melakukan rotasi bukan tugas role tertentu saja. Midlane bisa roam bila memungkinkan, termasuk sidalane. Tergantung situasi dan kondisi lane mana yang lebih untung dan bebas, kalian seharusnya aktif membantu kawan yang kesulitan, tak peduli role dan hero apa yang digunakan saat itu.

Hal ini berlaku tidak cuma untuk pemain mabar atau party, prinsip yang sama juga digunakan oleh pemain solo ranked yang baik. Untuk itu, disarankan bagi sobat Esports yang ingin menajamkan mekanik, beranikan diri main solo, isi posisi sidelane atau jungler untuk mengetahui kemampuan kalian seberapa baik untuk menggendong tim. Jangan pedulikan menang atau kalah, tujuannya adalah menguji skill kalian.

Lanjutkan dengan bermain party untuk mengasah komunikasi dan kerjasama sehingga permainan lebih tertata dan rapih seperti tim profesional. Berhenti menyalahkan pemain lain karena kalian bisa membantu orang lain untuk bermain baik dan menang pada akhirnya.

Siapa sobat Esports yang senang kalau di gank jadi sidelane?