GoPay Pesta Gamer

Brody Tank & 4 Hero Mobile Legends yang Merusak Meta

Billy Rifki
17/02/2021 14:08 WIB
Brody Tank & 4 Hero Mobile Legends yang Merusak Meta
Esports.ID

Meta dalam Mobile Legends akan selalu berubah mengikuti update terbaru dengan modifikasi pada skill-skill hero atau kedatangan jagoan baru. Namun, beberapa pemain khususnya pro player kerap menciptakan inovasi jenius yang menyeleweng dari meta bahkan sampai merusak meta.

Apa yang dimaksud merusak meta? Aksi ini berarti bermain tidak sesuai dengan pakem meta saat itu, namun jadi strategi yang efektif untuk situasi tertentu. Contohnya adalah pengenalan Brody hyper carry build tank oleh Karltzy di grand final M2. Brody masih bisa mendaratkan damage tinggi karena Abyss Mark dan ultimate singkat meski membeli item-item tank. Selain Brody, masih ada hero lainnya yang dianggap merusak meta normal dan berikut adalah alternatifnya!

- Benedetta Tank

Baru debut di M2, tank anyar RRQ Hoshi sudah bikin pusing dengan aksi Benedetta tank. Assassin yang masih terbilang baru ini merupakan rebutan untuk dijadikan core hyper ataupun sidelane pada meta sekarang. Namun, RRQ malah mempercayakannya menjadi tank.

Keunggulan Benedetta adalah gerakan yang cepat dengan mekanik hold dan dash. Psychoo melihat hero ini akan menyebalkan kalau dijadikan tank karena bisa inisiasi dan kabur sesuka hati. Ketika memiliki ulti, Psychoo bisa memberikan damage area yang panjang sampai ke backline musuh, atau memberikan ruang kepada tim dengan aksi proxy gaming sampai ke dalam pertahanan lawan.

Kenapa permainan seperti ini merusak meta? Karena menjadikan assassin sebagai tank bukanlah fungsi utamanya, terlebih tak semua pemain bisa memainkan Benedetta dengan kalkulasi sebaik Psychoo meskipun secara mekanik sudah memahami cara kerja heronya.

Player Benedetta yang pintar tahu cara untuk split push, tak memberikan kesempatan bagi musuh untuk lengah atau terlalu lama berdiam di satu lane sehingga konsentrasi mereka antara menyerang dan bertahan jadi terbagi.

- Jawhead Tank

Seiring dengan pentingnya buff bagi jungler atau hyper carry, pemain mencoba menganggu ritme farming lawan sejak dini menggunakan hero yang sesuai. Salah satunya adalah Jawhead. Hero fighter ini punya skill Ejector yang bisa melemper target seperti buff agar ter-reset dan lawan jadi buang-buang waktu untuk farming.

Plus, skill yang sama juga memberi efek shield dan movement speed sang hero sehingga ia sulit dihentikan. Kenapa Jawhead tank merusak meta? Dengan kemampuan Jawhead yang bisa rusuh di awal game, bila strateginya berjalan lancar untuk membuang waktu core musuh farming, maka rekan setim punya ruang kosong untuk melakukan push, farming dengan tenang, mencari level dan gold tanpa takut terganggu support lawan.

Dampaknya bahkan terasa sampai sidelane musuh yang minim backup karena support dan tank musuh lebih sibuk melindungi hyper carry yang terus diganggu Jawhead. Secara bertahap, core rekan Jawhead akan meningkat pasti sementara perolehan ekonomi musuhnya terhambat.

- Uranus & Esmeralda Sidelane

Sebelum Uranus terkena nerf, hero ini dianggap "haram" untuk dilepas di sidelane. Kemampuannya untuk meregenerasi diri secara singkat, mampu clear wave dengan baik bahkan menabrak dua sampai tiga musuh di level 2 adalah aksi yang cuma bisa dilakukan Uranus pada saat itu.

Sama seperti Jawhead, ia membuat musuh berfokus untuk mengalahkan Uranus, tanpa sadar memberi ruang untuk hero di lane lain melakukan push atau farming. Untungnya, Uranus sudah di nerf dengan menghilangkan immune slow dari ultimatenya meski regennya diperkuat. Banyak pemain yang masih enggan memakai hero ini meski ada juga yang memperlihatkan build berbeda agar tetap tanky.

Counterpart dari Uranus adalah Esmeralda. Wanita berselendang maut ini sangat lincah dan salah satu hero terkuat saat laning. Esmeralda yang dapat momentum untuk farm dan level ibarat mobil baja yang tidak bisa hancur. Ia akan terus mendekati musuh, menyerap shield mereka sama musuh telat menyadari kalau nyawanya terancam.

Bahkan bila hyper musuh sudah mengumpulkan item pentingnya, Esmeralda masih bisa membully mereka dengan mudah saking kuatnya hero ini di meta sekarang. Beberapa nerf sudah coba diaplikasikan ke Esme, namun, ia tetap ditakuti sehingga masuk dalam list ban paling populer sampai saat ini.

- Natalia Support/Tank

Natalia adalah hero menyebalkan karena burst damage dari basic attack yang terlalu tinggi. Bahkan di level 1, hero menghilang ini adalah momok bagi mm ataupun assassin lawan. Nata merusak skema farming dan rotasi musuh karena keberadaanya tidak bisa ditebak. Ia bisa bergerak cepat untuk memancing lawan, memberikan silence agar musuh telat melarikan diri dan rekan Nata bisa masuk memberikan cc tambahan.

Natalia merusak meta karena peran support seharusnya tak memberikan dampak seluas itu. Nata tak cuma bisa membunuh musuh sendirian, ia menyediakan informasi musuh dengan rotasinya, memberikan silance, skill yang cukup jarang dimiliki hero Mobile Legends serta menambah keluwesan drafting tim. 

Bermain tanpa tank tak masalah bila memiliki Nata karena pergerakan tanker cenderung lambat dan sulit mengejar Nata. Kalaupun ada, skill cc mereka biasanya digunakan untuk mengunci Natalia sehingga core sebenarnya bisa menyerang dengan aman tanpa takut terkena disable.

Sampai saat ini, Natalia masih jadi favorit ban bahkan di kancah turnamen. Tim pro enggan emngambil resiko untuk melawan Nata karena sadar dampak hero ini terlalu berbahaya tak peduli meta andalan yang mereka gunakan.

Itu dia beberapa hero merusak meta di musim ini dan sebelumnya. Hero apalagi yang menurut kalian paling bikin game ngga seru atau susah dilawannya?