Prediksi Hero-hero yang Akan Meta & Dibanned di MSC 2021

Billy Rifki
04/06/2021 14:25 WIB
Prediksi Hero-hero yang Akan Meta & Dibanned di MSC 2021
esports.id

Mobile Legends Southeast Asia Cup 2021 tinggal tiga hari lagi. Turnamen yang mempertemukan tim MLBB terbaik se-Asia Tenggara ini akan digelar online dengan 12 partisipan dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Thailand, Kamboja dan Laos.

Dari beberapa MPL yang telah berlangsung, bisa terlihat perbedaan meta di tiap MPL dan kemungkinan digunakan kembali oleh beberapa tim di MSC. Misalnya, meta dua support yang dipopulerkan tim Blacklist International, kemudian diadopsi oleh tim-tim Indonesia. Bukan tak mungkin, akan ada meta baru lahir di MSC dan hero-hero unik yang jadi rebutan. Berikut prediksi hero yang akan jadi meta dan langganan banned di MSC 2021 versi Esports.ID!

Yamisok Nobar

HERO SUPPORT/MIDLANE

OPSI BAN: Angela, Diggie, Mathilda

REBUTAN: Estes, Rafaela, Popol & Kupa

PICK KEJUTAN: Kaja, Faramis

Meta dua support atau minimal satu hero full sustain macam Estes dan Angela akan tetap jadi meta andalan mengingat dua tim dari dua region terkuat yakni Filipina dan Indonesia masih menggunakan meta ini.

Blacklist International terkenal dengan permainan Estes yang sempurna, sementara kampuin MPL Indonesia Season 7, EVOS Legends punya win rate tinggi saat memakai Angela.

Namun, meta penangkal dua support ini mulai ditemukan dengan beberapa bertugas spesifik mencegah rotasi atau mem-burst daya tahan hero support yang lemah. Popol Kupa misalnya, bisa menutup pergerakan musuh dengan trap atau meng-control haro tertentu dengan gigitan We Are Angry.

Bila hero support ini tak mampu bergerak, akan sulit bagi mereka melindungi core utama sehingga formasi menyerang musuh bisa diruntuhkan.

Hero support lainnya punya skillset tertentu yang efektif untuk gameplay berbeda. Mathilda punya mobilitas dan burst tinggi, cocok untuk permainan agresif dan rotasi tiada henti. Sementara Kaja bisa digunakan untuk mengcounter assassin dan MM lincah lewat pickoff kejutan.

Satu hero yang patut diwaspadai juga adalah kebangkitan Faramis. Selain karena meta viral yang membuat ia populer, namun hero ini punya kemampuan bagus saat teamfight dan perebutan objektif.

HERO MAGE/MIDLANE

OPSI BAN : Yve, Chang'e, Selena, Alice

REBUTAN: Kagura, Pharsa, Lunox, Harith

PICK KEJUTAN: Zhask, Cecilion, Eudora

Ada banyak opsi untuk hero mage midlane dan masing-masing punya dampak gameplay berbeda. Yve misalnya, jadi salah satu hero mage paling overpower karena kemampuan ultimate luas Real World Manipulation, mempermudah tim dalam teamfight maupun situasi ofensif dan defensif highground.

Hero lainnya handal dalam pickoff dan jadi playmaker seperti Selena dan Kagura. Dua hero ini digunakan untuk mengincar mage musuh yang biasanya sembunyi di belakang pertahanan musuh. Opsi lainnya cukup versatile dan bisa digunakan jadi pancingan draft. Tim dari MPL PH gemar menjadikan Lunox di sidelane sebagai carry late game. Sementara tim MPL Malaysia dan Indonesia memilih Harith sebagai alternatif gold laner yang ideal.

Beberapa pemain dikenal punya hero andalan atau hero power yang patut diwaspadai. Renbo dari Bigetron Alpha sangat berbahaya ketika memakai Cecilion. Ada juga si ratu petir, Eudora yang bisa memberikan instan kill sekaligus mengcounter hero lincah dari musuh.

HERO OFFLANE/EXP LANE

OPSI BAN: Paquito, Benedetta, Alice

REBUTAN: Uranus, Barats, Chou, Lapu-lapu, Baxia

PICK KEJUTAN: Gloo, Balmond, Bane, Hayabusa, Phoveus

Opsi hero Exp lane diutamakan yang punya kemampuan laning baik, scaling kuat atau mobilitas tinggi untuk membantu teamfight. Hero seperti Paquito dan Benedetta sangat menyulitkan di fase early sampai late game karena powernya yang tinggi dan skillset war yang bagus.

Beberapa tim masih menggunakan Uranus sebagai alternatif kedua untuk memancing perhatian musuh dan memberi ruang farming bagi rekan timnya. Alice dan Lapu-lapu sudah pasti jadi andalan bila terlepas karena scaling power mereka yang bagus di mid sampai late game.

Ada kecenderungan tim tertentu memakai Gloo seperti yang dipertontonkan Blacklist International dan Execration. Bane yang belum lama di revamp kembali juga bisa jadi kejutan karena damage burst yang tinggi dan cenderung aman saat laning. Terakhir, hero baru yang bisa meng-counter skill dash dari musuh, Phoveus jadi jawaban tepat untuk mengincar hero menyebalkan seperti Harith, Ling, Hayabusa sampai Claude.

HERO GOLD LANE

OPSI BAN: Claude, Harith, Brody, Alice

REBUTAN: Claude, Hayabusa, Harith, Pharsa

KEJUTAN: Wanwan, Beatrix, Bane

Beberapa hero Exp Lane cocok juga bila ditempatkan di gold lane. Harith atau Alice contohnya, sangat benefit dari bonus gold yang mereka dapat dari gold lane. Namun, lane ini biasanya diisi oleh marksman ataupun assassin untuk melawan balik MM dari tim musuh.

Hanya saja, dengan meta dua support yang aktif, menaruh MM yang lemah di side akan jadi kekurangan karena heronya cenderung lemah bila ditekan secara kontinyu. Apalagi, mereka akan melawan hero-hero fighter yang kuat, akan butuh waktu lama untuk tim pengguna dua core mendominasi pertandingan.

Namun, tim dan pemain tertentu bisa memanfaatkan hero "greedy" dalam strategi mereka. EVOS Legends dikenal suka menggunakan Wanwan dan Harith sebagai pengisi gold lane untuk memenangkan late game mereka.

HERO JUNGLER

OPSI BAN: Claude, Granger, Yi Sun-Shin

REBUTAN: Lancelot, Ling, Hayabusa, Brody

KEJUTAN: Harley, Bruno, Karrie, Aldous

Posisi gold lane saat ini tak punya banyak opsi. Beberapa yang akan jadi hero nyaman macam Granger dan YSS akan selalu dikontestasi untuk dimainkan. Namun, ada beberapa tim yang juga gemar memakai hero assassin macam Lancelot dan Ling untuk situasi tertentu.

Namun, kombo klasik seperti Bruno-Rafaela, atau Karrie untuk mengcounter line up tanky musuh bisa dipertimbangkan jadi core jungler. Jangan lupa, Aldous yang mematikan juga suka jadi pick kejutan beberapa tim sehingga pertimbangan drafting dari tim-tim MSC harus lebih waspada.

TANK

Beberapa tim bisa jadi masih menggunakan tank di meta yang didominasi 2 support. Opsinya belum banyak berubah dari Jawhead, Silvanna dan Khufra. Kemungkinan memakai Atlas atau Hylos cukup besar mengingat core musuh yang cenderung lincah dan rentan bila terkena crowd control.

Itu dia beberapa prediksi hero yang akan meta dan jadi langganan banned di MSC 2021. Menurut kalian, hero apa yang bakal sering digunakan di MSC?