Eksibisi PON Esports

Kena Nerf Moonton, Ini Alasan Eudora Terlalu Kuat!

Fikri Fuaddy
13/07/2021 17:21 WIB
Kena Nerf Moonton, Ini Alasan Eudora Terlalu Kuat!
Mobile Legends: Bang Bang

Hero ber-damage magical yang sedang over power (OP) dalam pertandingan mode ranked, baik itu di tier Mythic, Epic, maupun Grand Master sekalipun, Eudora, akhirnya mendapat perhatian khusus oleh Moonton atas kekacauan yang dilakukannya di Land of Dawn.

Usai update Mobile Legends: Bang Bang 1.5.88 lalu, Eudora dinilai cukup meresahkan lawan-lawannya dalam beberapa pekan terakhir. Hal itu membuat Eudora sering di-banned ataupun prioritas first pick. Moonton akhirnya memberikan nerf berupa pengurangan damage terhadap hero berkekuatan petir tersebut.

Yamisok Nobar

Namun, sebelum kita masuk ke pembahasan nerf Eudora, kamu harus tahu dulu nih Sobat Esports, apa sih kelebihan Eudora sebelum di-nerf bisa sampai masuk ke dalam daftar hero paling menakutkan? Yuk, simak informasi berikut!

Memiliki Damage Power yang Tinggi

Damage-nya yang cukup besar membuat Eudora dapat melakukan pick off terhadap hero yang mempunyai tingkat pertahanan rendah. Apalagi mengkombinasikan skill 2 – ultimate – skill 1 bisa mengaktifkan pasif superconductor-nya yang memiliki efek panjang. Efek dari pasif ini juga dapat terkoneksi dengan setiap skill.

Forked Lightning (skill 1). Dengan skill ini superconductor berperan sebagai penambah sebesar 240 (+30% Total Magic Power) Magic Damage. Tanpa pasif, Forked Lightning mengeluarkan 400 (+150% Total Magic Power) Magic Damage kepada lawannya.

Ball Lightning (skill 2). Menyebabkan efek stun yang cukup lama, yaitu selama 1,2 detik dan 350 (+80% Total Magic Power) Magic Damage. Jika dibarengi pasif, efek tersebut akan lebih lama lagi mencapai 1,8 detik dan 175 (+40% Total Magic Power). Bola petir ini juga akan menyebar kepada 3 target terdekat yang berada di sekitarnya dengan memberikan efek stun selama 0,6 detik.

Thunder’s Wrath (skill 3). Sebagai ultimate, skill ini memberikan 480 (+180% Total Magic Power) Magic Damage kepada targetnya. Ditambah superconductor, Thunder’s Wrath akan memberikan damage terhadap lawan yang berada di area efek sebesar 440 (+150% Total Magic Power) Magic Damage. Meskipun sedikit lebih kecil, efek ini akan menyebar menuju target terdekat dan memberikan 360 (+150% Total Magic Power) Magic Damage.

Hal itulah yang membuat hero pengendali petir ini begitu menakutkan belakangan ini. Dalam update 1.5.88, Moonton yang menyadari peningkatan signifikan yang menyebabkan Eudora terlalu kuat, lalu memberitahukan hero ini sudah mendapatkan penyesuaian dengan mengalami penurunan damage terhadap Forked Lightning dan Ball Lightning miliknya.

Skill yang Dinerf

Skill 1 yang sebelumnya dinilai sakit pada early game karena mampu memberikan 400 damage, kini hanya akan mengeluarkan 350 damage dengan peningkatan setiap levelnya hingga 650 Magic Damage. Begitu juga dengan pasifnya, dari 240 diubah menjadi 190 dengan peningkatan setiap levelnya mencapai 390 Magic Damage.

Selain itu, skill 2 Eudora juga mengalami penurunan terhadap kemampuannya mengurangi Magic Defence lawan. Dari 20 – 35 kini dikurangi menjadi 10 – 25 saja.

Itulah alasan mengapa Eudora begitu kuat sehingga di-nerf oleh Moonton. Tentu saja perubahan ini memberikan dampak terhadap perubahan prioritas pick dalam mode ranked nantinya ya Sobat Esports! Namun, bukan berarti ini membuat Eudora langsung buruk dan jelek sebagai pilihan bagi kamu para pemain mid laner ya.

Bagaimana tanggapanmu? Tulis pendapat kalian di kolom komentar ya Sobat Esports!