Item "Ketengan" Terbaik MLBB, Komponen Setengah Jadi Paling Efektif!

Billy Rifki
05/08/2021 17:21 WIB
Item "Ketengan" Terbaik MLBB, Komponen Setengah Jadi Paling Efektif!
esports.id

Dalam permainan Mobile Legends, ada puluhan item yang bisa kamu beli untuk memperkuat kemampuan ofensif maupun defensif hero pilihanmu. Tiap item punya fungsi masing-masing seperti memberi pertahanan terhadap serangan physical atau magical, menambah power physical dan magical dan lain-lain.

Untuk membuat item, pemain harus membeli beberapa komponen "ketengan" lebih dulu untuk kemudian digabungkan jadi item utuh. Tapi, tahukah kamu ada beberapa item ketengan yang punya dampak hampir sama bagusnya dengan item utuhnya. Item ini punya dampak sangat efektif dan kerap digunakan untuk early sampai mid game sebelum dijadikan full komponen. Item apa saja itu?

- Elegant Gem

Attribute: +300 HP, +380 Mana. Efek Pasif: Gift, Meregenerasi 20% HP dan Mana dalam 2 detik setelah level meningkat. Harga: 700 gold

Elegant Gem adalah komponen terpenting untuk Cloak of Destiny. Item ini biasanya dibuat lebih dulu ketimbang komponen lainnya karena punya efek yang menjaga ketahanan hero saat laning. Tak jarang, ada user yang memprioritaskan item ini ketimbang sepatu atau dengan sengaja menahan Elegant Gem lalu melongkap ke item penting lain seperti Lightning Truncheon.

Hero mage yang kuat di late game atau scaling biasanya selalu membeli item ini seperti Eudora, Alice, Kagura, Lunox dan lain-lain.

- Magic Blade

Attribute: +40 physical attack, +24 magical defense. Efek Pasif: Lifeline, Ketika HP hero kurang di bawah 30%, menciptakan shield yang menyerap 280-700 damage (meningkat seiring level) dan meningkatkan magic defense sebanyak 12. Shield berlangsung 3 detik dengan efek cooldown 40 detik. Harga: 1150 gold

Ketika menghadapi hero dengan magic burst tinggi, para core biasanya enggan beralih ke Athena Shield atau Radiant Armor. Selain harganya mahal, damage mereka jadi tak berkembang padahal core adalah sumber kekuatan tim.

Untuk itu, beberapa user sengaja membeli terpisah item Magic Blade tanpa perlu meng-upgradenya jadi Rose Gold Meteor karena sudah memberikan efek shield Lifeline. Meski shield tersebut tak sebesar yang diberikan item full-nya, namun ini membantu karena harganya jauh lebih murah dengan dampak yang sama baiknya.

- Tome of Evil

Attribute: +35 Magic Power, +4 Mana Regen, +8% Cooldown Reduction. Harga: 950 gold

Tome of Evil cuma bisa di-upgrade jadi Enchanted Talisman, meski begitu, item berbentuk buku ini punya kemampuan hampir sama dengan versi full-nya. Tome of Evil mampu meregenerasi mana hero dengan cukup baik sekaligus memberikan tambahan magic power dan cooldown yang diperlukan untuk spam skill.

Tak jarang, pengguna item ini macam Uranus, Esmeralda atau Chang'e menahan upgrade Tome of Evil lalu membeli item lain asal regenerasi mana mereka terjaga sehingga tak perlu pulang pergi ke base. Harga dari Tome of Evil lebih murah setengahnya dari item Enchanted Talisman.

- Dreadnaught Armor

Attribute: +40 physical defense. Efek Pasif: Ketika diserang hero lawan, mengurangi physical attack hero lawan sebesar 6%. Efek berlangsung 2 detik dan dapat di stack hingga 3 kali. Harga: 730 gold.

Item ini berfungsi bukan cuma untuk tanker saja, bahkan core yang merasa terlalu lembek terkena serangan physical sering membuat ketengan Antique Cuirass ini agar mereka lebih "keras". Dreadnaught Armor punya efek defense identik dengan Antique Cuirass meski harganya lebih murah. 

Item ini cocok dibeli di early game untuk pertahanan awal, kemudian pemain bisa fokus membeli item lainnya tanpa khawatir jadi terlalu lembek saat dihajar musuh. Ini jauh lebih efektif ketimbang langsung membeli Antique Cuirass yang harganya terlampau mahal.

- Molten Essence

Attribute: +540 HP. Efek Pasif: Memberikan 1% Magic Damage setara dengan Max HP lawan di sekitar per detik. Damage meningkat 50% ke minion. Harga: 800 gold

Item pembantu farming untuk tank dan beberapa core fighter ini sangat membantu menjaga ketahanan hero sekaligus memberikan damage tambahan. Harganya yang murah jadi alasan pemain membeli item ini agar bisa lebih cepat membeli item penting selanjutnya ketimbang meng-upgrade Molten Essence menjadi Cursed Helmet.

Damage tambahan yang diberikan dari versi upgrade Molten Essence pun cuma bertambah 0,5%, meski boost HP-nya jadi cukup besar plus tambahan 25 poin magic defense. Untuk hero seperti Khufra, Akai, Tigreal, Gloo bahkan Thamuz dan Balmond, memiliki Molten Essence sangat membantu laning mereka karena mempercepat clear minion dan memberi tambahan damage yang cukup tinggi untuk war jangka panjang.

Itu dia beberapa item ketengan dengan dampak paling efektif di Mobile Legends. Ketimbang kalian membeli item langsung full versi upgrade, item ini jauh lebih baik diketeng agar kalian bisa membeli item lain untuk meng-counter musuh atau menyesuaikan dengan situasi pertempuran.

Dengan hanya farming satu atau dua wave minion saja, kalian seharusnya sudah bisa membeli item ini dan meningkatkan kekuatan heromu secara signifikan.

Kalau kalian suka membeli item ketengan atau beli langsung versi full?