Eksibisi PON Esports

Membahas Meta Tank Jungler & Opsi Hero Terbaik Tank Hyper Carry

Billy Rifki
13/09/2021 16:59 WIB
Membahas Meta Tank Jungler & Opsi Hero Terbaik Tank Hyper Carry
esports.id

Gara-gara Aura High menunjukan ngerinya bermain hyper carry tank, public Mobile Legends mungkin bakal ketularan meta tank jungler dalam waktu dekat. Meski lebih dikenal sebagai role yang punya ketahanan tubuh tinggi dari serangan fisik dan magic, ada beberapa tank yang ternyata punya damage tinggi.

Dalam memilih tank jungler, ada beberapa pertimbangan yang musti kamu perhatikan. Melihat dari pemilihan tank hyper dari High yaitu Uranus dan Baxia, minimal kalian harus memastikan hero ini punya kemampuan untuk farming di jungle. Kali ini, kita akan membahas meta tank jungle dan beberapa opsi hero tank jungler yang bisa kalian gunakan.

Yamisok Nobar

- PUNYA KEMAMPUAN FARMING JUNGLE

Tidak sembarang tank bisa jadi jungle. Mereka harus punya skill atau sumber damage apapun yang bisa membantu dalam membabat monster hutan. Misalnya, Uranus punya Ionic Edge, sumber damage Uranus yang bisa di spam tiap 4 detik di level 1.

Atau Baxia dengan skill Shield of Spirit, bisa membantu tanker ini farming jungle dengan cepat. Bahkan, bukan hal mengejutkan kalau Baxia bisa farming orange buff tanpa bantuan retribution karena punya skill ini.

Contoh tank lain yang punya skill farming di jungle adalah Hylos dengan skill Ring of Punishment, Akai dengan Blender, Barats memakai skill So-Called Teamwork dan Esmeralda dengan Stardust Dance.

- MINDSET CORE YANG BERBEDA

Bila biasanya hyper carry atau core utama tim fokus untuk menjaga positioning di teamfight, menunggu inisiasi rekan setim dan mendapatkan kill, maka hyper carry tank punya mindset berbeda.

Cuma karena kalian pakai tank, bukan berarti kalian harus gila-gilaan masuk ke pertahanan musuh, tapi tetap ada aspek farming yang mesti dijaga. Sebagai core tank, kalian bisa memulai inisiasi sendiri, menyerap damage musuh agar tak mengincar sumber damage utama kalian dan melakukan pancingan tanpa perlu takut mudah terbunuh.

Kill bukanlah tujuan utama kalian, tapi menciptakan kondisi teamfight yang menguntungkan tim lebih diprioritaskan saat memakai hyper tank. Seperti yang ditunjukan Aura High saat memakai Baxia, ia menyarangkan 20 assisst dan 5 kill. Sementara midlaner Aura menjadi pemilik kill terbanyak dengan 8 kill memakai Lylia.

- KOMPOSISI TIM HARUS PAS

Bila memakai tank hyper, kalian akan unggul dalam durabilitas namun kurang damage di late game. Untuk mengimbangi itu, komposisi tim harus pas dengan memilih hero-hero area of effect berdamage besar.

Aura Fire punya pasangan favorit untuk tank jungler mereka. Hero seperti Lylia, Pharsa, sampai roamer Kadita bisa jadi opsi untuk memenuhi kebutuhan damage dan crowd control tim.

Untuk membantu sang tank jungler membuyarkan pertahanan lawan, pemilihan hero sidelane juga penting untuk membantu follow-up inisiasi atau memberi damage tambahan. Ruby, Chou, Alice, Paquito sampai Hayabusa bisa dipilih untuk opsi sidelaner yang ideal saat bermain tank jungler.

- OPSI HERO TANK JUNGLER TERBAIK

Seperti dijelaskan di atas, tank jungler harus memiliki kemampuan farming di hutan tanpa memakan waktu lama. Untuk itu, opsi hero terbaik tank jungler yang bisa kalian gunakan diantaranya:

- Esmeralda: Bisa farm jungle dengan cepat, mobilitas tinggi, damage tinggi, punya build item fleksibel (bisa full damage, hybrid damage dan tank atau full tank), bisa masuk ke backline musuh
- Uranus: Durabilitas tinggi, kemampuan farming hutan yang baik, mobilitas cepat
- Baxia: Durabilitas tinggi, kemampuan inisiasi yang baik, skill unik anti-regen, menyediakan slow atau crowd control area, mobilitas tinggi
- Hylos: Durabilitas tinggi, punya stun, skill inisiasi dan damage aoe per detik
- Barats: Durabilitas tinggi, damage tinggi, anti inisiasi, itemisasi fleksibel (bisa full damage, hybrid damage dan tank atau full tank), kemampuan farming yang baik.

Itu dia pembahasan kali ini tentang meta tank jungler atau tank hyper carry. Apa pendapat kalian soal meta Aura Fire ini?