Eksibisi PON Esports

Team RRQ Gelar BNI King of School 2021, Panggung untuk Para Pelajar!

Michael
12/09/2021 18:50 WIB
Team RRQ Gelar BNI King of School 2021, Panggung untuk Para Pelajar!

Beberapa tahun terakhir, esports telah berkembang dengan pesat, khususnya di Indonesia yang disebut-sebut sebagai pasar potensial. Menurut data yang dirilis oleh Newszoo menunjukkan bahwa gamer di Indonesia mengabiskan total US$1,1 miliar pada 2018 dan meningkat menjadi US$1,74 miliar pada 2020. Melihat hal ini, Team RRQ sebagai salah satu tim esports terbesar di Indonesia ingin turut andil dalam memperbesar esports di Indonesia dan menciptakan ekosistem yang positif bagi para gamer dengan menggelar BNI King of School 2021.

BNI King of School 2021, sebuah turnamen esports terbesar untuk pelajar SMA/SMK sederajat se-Indonesia yang dikemas secara profesional untuk memberikan pengalaman berkompetisi layaknya di scene profesional. Ajang ini sekaligus memberikan ruang bagi gamers untuk mengasah kemampuan mereka di bidang esports sejak dini.

Yamisok Nobar

Andrian Pauline Bersama dua bintang mudanya, Taka dan Aether

Andrian Pauline, CEO Team RRQ, dalam Press Conference yang digelar hari ini (12/9) mengatakan “Mereka-mereka yang memiliki privilege untuk mengikuti turnamen itu biasanya hanya ada di kota-kota besar. Dengan diadakannya (BNI King of School 2021) secara online ini, saya berharap sekolah-sekolah yang tidak berada di kota besar ini bisa berpartisipasi serta merasakan keseruan dan euforia esports itu sendiri. Saya ingin memberikan kesempatan yang sama, khususnya pelajar-pelajar di seluruh Indonesia, untuk berpartisipasi.”

BNI King of School 2021, Ajang Unjuk Prestasi di Bidang Esports

Saat ini, terlepas dari perkembangan esports yang pesat, anggapan buruk tentang bermain game masih banyak melekat. Khususnya bagi para pelajar, game sering kali dianggap sebagai pembodohan dan kegiatan yang sia-sia. Karena itulah, melalui BNI King of School 2021, Team RRQ ingin menunjukkan bahwa game juga dapat menjadi ajang kompetisi dan mencetak prestasi.

Dengan lebih dari 1.000 sekolah berkompetisi, BNI King of School 2021 akan menjaring sekitar 7.000 pelajar SMA/SMK sederajat yang mampu menunjukkan permainan terbaik mereka dan menjadi tim pelajar terkuat se-Indonesia. Tidak hanya itu, Team RRQ juga akan mengadakan seminar esports bagi para peserta dan guru yang akan membahas bagaimana hobi—dalam hal ini bermain game—dan pendidikan dapat berjalan beriringan.

Team RRQ ingin menyebarkan pesan bahwa hobi bermain game juga dapat menjadi prestasi selama diarahkan dengan cara yang tepat. Scene esports kompetitif adalah salah satunya dan Team RRQ ingin menyediakan peluang sebanyak-banyaknya bagi para gaming enthusiast, khususnya mereka yang masih berstatus pejalar, untuk merasakan ketatnya kompetisi esports di Indonesia.

BNI King of School 2021 akan dibagi dalam 4 tahap kompetisi, yaitu Regional Qualifier pada 13 September-17 Oktober 2021, Open Qualifier pada 4-31 Oktober 2021, Wild Card pada 4-7 November 2021, serta National pada 15-28 November 2021. Dengan total hadiah lebih dari Rp70 juta, turnamen BNI King of School 2021 akan mengusung sistem pertandingan BO1 di babak Qualifier, BO3 di babak Playoff dan Grand Final, hingga BO5 di babak National Grandfinal. Seluruh pertandingan akan digelar secara online dengan babak Grand Final di setiap fase kompetisi akan ditayangkan secara langsung di channel Nimo TV dan YouTube Team RRQ.

Tentu saja, esports di Indonesia tidak akan berkembang tanpa adanya regenerasi pemain. Dengan adanya BNI King of School 2021, Team RRQ berharap dapat menemukan bakat-bakat besar di bidang esports yang pada akhirnya akan menjadi menekuni scene esports profesional dan berkontribusi di dalamnya.

Saya berharap, dengan adanya BNI King of School 2021, bisa menyaring bakat-bakat terpendam dan juga bisa melahirkan juara-juara baru, atlet-atlet esports baru yang berprestasi untuk Indonesia," lanjut pria yang akrab dipanggil Pak AP tersebut.

School Ambassador, Ajang Pencarian Bakat Pertama di Bidang Esports

Bersamaan dengan pergelaran BNI King of School 2021, Team RRQ juga menggelar School Ambassador yang merupakan ajang pencarian bakat bagi para siswi SMA/SMK sederajat. Pemenang School Ambassador akan dikontrak resmi oleh Team RRQ menjadi RRQ School Ambassador dan akan mewakili Team RRQ di setiap acara yang diadakan di sekolah. School Ambassador menjadi wadah bagi para siswi yang ingin terjun ke dunia esports di luar jalur kompetitif.

Para peserta School Ambassador akan dinilai oleh juri dari Team RRQ serta para pelaku esports dan hiburan lainnya. Selain itu, audience juga dapat memberikan dukungan berupa voting yang dapat dilakukan di RRQ App. Babak Grand Final School Ambassador akan digelar bersamaan dengan babak Grand Final BNI King of School 2021 dan mempertemukan 2 peserta terbaik untuk bersaing menjadi RRQ School Ambassador. Tersedia total hadiah senilai Rp7.500.000 untuk para pemenang.