Eksibisi PON Esports

Prediksi Playoffs MPL Season 8, Peluang Besar Final El Clasico?

Billy Rifki
11/10/2021 15:35 WIB
Prediksi Playoffs MPL Season 8, Peluang Besar Final El Clasico?
MPL Indonesia

Sekitar satu minggu lagi babak playoffs MPL Indonesia Season 8 akan dimulai. Lokasi pertandingan telah ditentukan, pulau dewata alias Bali jadi tempat untuk penyelenggaran playoffs MPL Season 8. ONIC dan RRQ Hoshi dapat keuntungan berada di upper bracket berdasarkan klasemen terakhir mereka di babak reguler, sementara empat lainnya yakni Alter Ego, Bigetron Alpha, EVOS Legends dan Aura Fire akan mati-matian dulu di ronde pertama lower bracket.

Untuk match pertama, dilangsungkan dalam format best of five series. Peserta yang kalah akan gugur dari turnamen sementara yang menang berhak melawan tim upper bracket. Bila ada tim yang kalah di ronde tersebut, mereka masih punya satu nyawa di lower bracket. Melihat dari alur bracket playoffs, kemungkinan grand final el clasico terjadi lagi cukup besar. Berikut adalah prediksi playoffs MPL Season 8 versi Esports.ID!

Yamisok Nobar

ALTER EGO VS BIGETRON ALPHA

Match ini adalah rivalitas yang tak kalah sengit dari el classico. Nuansa panas kedua tim sudah tercium sejak MPL Season 5 kala Bigetron Alpha sedang tenar-tenarnya mempopulerkan meta hyper carry. Persaingan kedua tim makin runcing seiring berjalannya MPL dan kini mereka akan adu gengsi lagi menentukan tim mana yang akan pulang lebih dulu.

Dari riwayat kedua tim di MPL Season 8, Bigetron Alpha sedang dalam momentum positif. Meta kali ini dianggap menguntungkan mereka dengan populernya marksman dikombinasi dengan tank jungler. Sementara AE malah merosot meski sempat tak terkalahkan enam minggu. Ironisnya, tim pertama yang mengalahkan mereka adalah Bigetron Alpha.

Jeda MPL Season 8 jadi waktu yang tepat untuk AE konsolidasi dan menemukan formula terbaik di meta ini. Namun, BTR tentu menyiapkan lebih banyak strategi untuk menjaga rekor kemenangan atas AE. Prediksi Esports.ID, Branz dan kawan-kawan masih akan unggul di laga ini. Pertarungan bisa sengit dan mungkin berakhir dengan skor 3-2 untuk Bigetron Alpha

EVOS LEGENDS VS AURA FIRE

Untuk fans EVOS, mungkin mereka merasa senang bisa masuk playoffs dan cuma menghadapi Aura Fire. Namun, harusnya mereka sadar Aura musim ini bukan lagi badut yang bisa dianggap enteng. Meta tank jungler sangat ideal untuk Aura Fire, khususnya jungler mereka High yang punya hero pool unik seperti Baxia, Uranus sampai Karina tank.

Memang Aura belum mampu mengalahkan EVOS sepanjang regular season MPL Season 8. Namun, mereka berhasil mengalahkan tim seperti Bigetron, ONIC dan Alter Ego, tiga lawan yang membuat EVOS cukup kelimpungan di paruh kedua MPL Season 8. Artinya, potensi Aura Fire menjungkalkan juara bertahan cukup besar.

Namun, EVOS sudah punya semangat baru dengan kembalinya Rekt ke sidelane dan LJ jadi tank. Mereka berhasil menumbangkan Rrq Hoshi di laga terakhir pekan ke-8. Ini akan membuktikan apakah pengalaman EVOS bisa jadi pembeda menghadapi Aura Fire yang sedang unggul arus angin. Esports.ID memprediksi EVOS Legends masih mampu melaju dari hadangan Aura Fire. Mereka mungkin keteteran lebih dulu di awal game, namun dengan format match BO5, Aura Fire bisa jadi kehabisan senjata di pertarungan jangka panjang melawan EVOS yang sudah terbiasa dengan format seperti ini.

MAMPUKAH RRQ HOSHI DAN ONIC PERTAHANKAN UPPER BRACKET?

Berada di upper bracket tentu menguntungkan bagi tim mana pun. Mereka tak perlu khawatir tekanan pulang duluan serta langkah menuju grand final lebih dekat ketimbang dari lower bracket. Namun, itu semua tergantung kemampuan RRQ dan ONIC menghadapi calon lawan mereka di upper bracket nanti.

Dari prediksi sebelumnya, RRQ berpeluang besar jumpa Bigetron Alpha, sementara ONIC akan menjamu EVOS Legends. RRQ Hoshi ibarat kyptonite untuk BTR Alpha yang kerap disebut "kelinci percibaan" bagi anak-anak pasukan Raja. Branz dan kawan-kawan juga belum bisa menang dari RRQ Hoshi musim ini. Kalau ditarik kebelakang lagi, BTR sudah kalah 5 kali beruntung oleh RRQ Hoshi. Terakhir mereka menang terjadi di week-2 MPL Season 6.

Artinya, RRQ masih punya rasa superioritas ketika menghadapi BTR. BTR akan lebih tertekan untuk membuktikan kelayakan mereka kalau pasukan robot bukan lagi kelinci percobaan. RRQ Hoshi hanya perlu mengendalikan mental dan tempo permainan agar Branz dan kawan-kawan kehilangan motivasi menang. RRQ masih akan unggul di laga ini dari Bigetron Alpha.

ONIC dan EVOS jadi pertandingan yang cukup sulit diprediksi. Keduanya saling mengalahkan di regular season dan punya performa yang menjanjikan memasuki playoffs MPL Season 8. Sejak kembalinya LJ sebagai tank dan Rekt di marksman, kegarangan EVOS seperti kembali lagi. Ferxiic tak lagi jadi satu-satunya tumpuan untuk menciptakan permainan, tapi ada Rekt yang pintar membaca situasi.

LJ juga jadi lawan sepadan untuk Kiboy yang disebut sebagai tank mekanik terbaik di MPL Indonesia. EVOS selalu punya inisiatif untuk lebih agresif ketimbang ONIC. Karena tipe jungler pasukan Landak yakni Sanz yang cenderung farming, mereka tak pernah buru-buru untuk penetrasi terlalu agresif.

EVOS harus lebih waspada agar tak memberikan ONIC keunggulan networth di early game, dengan begitu, mereka bisa mendikte permainan dan mengalahkan ONIC. Format bo5 lagi-lagi akan sangat menentukan kematangan tim. EVOS sudah lebih berpengalaman main di format ini karena ditukangi Zeys yang mampu beradaptasi dengan strategi lawan cukup baik. EVOS akan menang tipis dari ONIC di upper bracket ronde-1.

EL CLASICO LAGI DI FINAL MPL SEASON 8?

Bila EVOS memenangkan laga lawan ONIC dan RRQ unggul dari Bigetron Alpha, artinya mereka berdua akan bertemu di final upper bracket. Mau tak mau, salah satu dari dua tim esports terbesar Indonesia ini akan turun ke lower bracket. Namun, lawan siapapun yang mereka hadapi di lower bracket rasanya bukan masalah karena mereka akan bangkit dan menantang kembali sang rival di grand final MPL Season 8.

Meski banyak juga yang berharap bakal tim lain yang menjuarai MPL Season 8, namun pertemuan EVOS dan RRQ kali ini bakal menentukan tim mana yang benar-benar jadi penguasa el classico. Mengingat EVOS dan RRQ memulai musim dengan banyak perubahan, sehingga bisa dikatakan pertarungan mereka di final nanti adalah pembuktian termutakhir.

Dari pertandingan mereka di playoffs, kita akan melihat tim mana yang paling konsisten dengan gameplay-nya, atau tim yang masih terseok-seok untuk menang. Namun, laga final bukan semata mulus tidaknya satu tim mengeksekusi gameplay, faktor mental akan sangat berpengaruh. Belum laga suasana offline yang pasti menambah tajam fokus, motivasi dan semangat kedua tim. Sudah pasti fans mengharapkan laga final berlangsung hingga laga ketujuh.

Esports.ID memprediksi EVOS Legends bakal unggul tipis dari RRQ. Kedua tim akan menunjukan strategi kejutan serta hero terbaiknya demi gelar juara. Namun, faktor pengalaman Zeys akan berperan penting dalam kemenangan EVOS Legends di final nanti.

Kalau sobat Esports, prediksi siapa juara MPL Season 8?