MPL ID Season 8 Jadi Turnamen Paling Populer di Dunia Dua Bulan Beruntun

Billy Rifki
06/10/2021 14:30 WIB
MPL ID Season 8 Jadi Turnamen Paling Populer di Dunia Dua Bulan Beruntun
escharts.com

Mobile Legends Professional League Indonesia Season 8 masih menjadi turnamen esports terpopuler di dunia pada September 2021. Ini merupakan bulan kedua MPL ID Season 8 merajai ranking turnamen terpopuler versi escharts.com berturut-turut. Laga-laga besar yang terjadi di bulan ini berkontribusi besar pada meroketnya jumlah viewership MPL Season 8.

Laga RRQ Hoshi kontra Alter Ego pada 25 September mencapai 1,174,536 peak viewers, tertinggi dari turnamen lain yang dihelat pada bulan yang sama seperti VCT 2021: Stage 3 Masters Berlin, ESL Pro League Season 14 dan LCK 2021 Regional Finals. Sayangnya, angka ini menurun dibandingkan bulan lalu yang menyentuh angka 1,7 jutaan peak viewers dari laga el classico RRQ Hoshi vs EVOS Legends. Duel tim penguasa MPL Indonesia tak mampu melampaui rekor di leg pertama dan cuma menyentuh angka 1,378,932 peak viewers.

Yang menarik, MPL Indonesia bukan satu-satunya MPL yang "nangkring" sebagai turnamen esports terpopuler. MPL Season 8 cabang Filipina juga masuk dalam lima besar turnamen esports terpopuler di bulan September 2021. Ini menunjukan animo fans MPL dan Mobile Legends sangat besar meskipun dalam skala turnamen domestik.

Bisa dibayangkan betapa banyaknya penonton untuk Mobile Legends World Champhionship ke-3 alias M3 pada Desember mendatang mengingat ada lebih banyak tim berkumpul dalam satu kompetisi. M3 akan menghadirkan 16 peserta berasal dari berbagai jawara MPL di Asia Tenggara, termasuk dari Brazil. Selain itu, ada juga kualifikasi untuk tim dari Timur Tengah, Turki, Amerika Utara dan Rusia.

Sepertinya kritik Mobile Legends cuma besar di Asia Tenggara sudah tak lagi relevan melihat popularitas MPL di dua bulan terakhir. Apa tanggapan kalian?