Beragam Rekor Baru MPL Indonesia Season 8 yang Mencengangkan!

Billy Rifki
25/10/2021 20:51 WIB
Beragam Rekor Baru MPL Indonesia Season 8 yang Mencengangkan!
escharts.com

Gelaran MPL Indonesia Season 8 baru saja berakhir Minggu malam kemarin dengan kemenangan untuk ONIC Esports. Tim berjuluk sang Landak tersebut mengalahkan RRQ Hoshi dengan skor dramatis 4-3 di grand final dan akhirnya dinobatkan menjadi juara.

Yang menarik, ONIC juga berhasil memecahkan rekor penonton untuk MPL Indonesia. Pertemuan ONIC dan EVOS Legends di lower bracket final mampu menarik perhatian 2,3 juta orang menyaksikan secara bersamaan. Rekor ini melewati torehan sebelumnya yang terjadi di bulan Agustus, kala itu duel el clasico antara EVOS Legends dan RRQ Hoshi ditonton oleh 1,7 juta orang. Beragam rekor lainnya juga dipecahkan oleh MPL Season 8, penasaran ada apa saja? Simak terus artikelnya sampai habis!

MPL INDONESIA SEASON 8 CETAK REKOR PENONTON BARU

Seperti disebutkan, rekor penonton tertinggi MPL Indonesia sebelumnya dipegang oleh laga EVOS Legends melawan RRQ Hoshi pada bulan Agustus. Kemudian, pertemuan ONIC dan EVOS Legends di playoffs MPL Season 8 berhasil melewati angka tersebut dengan torehan 2,392,579 peak viewers.

Uniknya, RRQ Hoshi yang biasanya menyumbang jutaan viewers ketika bertanding, tak mampu melewati rekor tersebut ketika berjumpa ONIC di grand final MPL Season 8. Peak viewers di grand final MPL Season 8 terpaut sekitar 18 ribuan viewers saja dari batas rekor baru.

TAK ADA EL CLASICO, MPL SEASON 8 TETAP MENARIK

Di babak playoffs MPL Season 8, tak ada laga el clasico tersaji. Duel EVOS Legends dan RRQ Hoshi urung kesampaian karena kedua tim menjajaki jalan berbeda di babak playoffs. RRQ Hoshi konsisten di upper bracket dengan mengalahkan Alter Ego kemudian menurunkan ONIC ke lower bracket sebelum jadi finalist pertama di MPL Season 8.

Sementara EVOS Legends harus melewati Aura Fire, tumbang dari ONIC Esports dan terjatuh lagi ke lower bracket, bertemu Alter Ego sampai akhirnya dipastikan gagal mempertahankan gelar juara MPL usai kalah mengenaskan dari ONIC Esports di lower bracket final MPL Season 8.

Namun, MPL Season 8 berhasil memecahkan rekor penonton baru meski tanpa el clasico. Banyak pihak menganggap EVOS Legends dan RRQ Hoshi adalah tim dengan fan base terbesar, sehingga banyak yang mengira rekor-rekor penonton cuma bisa dipecahkan kalau kedua tim bertemu.

MPL INDONESIA SEASON 8 ADALAH EVENT ESPORTS REGIONAL TERBESAR

Rekor penonton di atas membuktikan kalau MPL Indonesia di season 8 telah berhasil menjadi event esports yang paling menarik perhatian baik itu secara domestik, regional maupun internasional. Berdasarkan pantauan escharts.com, MPL ID Season 8 adalah event esports regional terbesar sejauh ini bahkan melampaui Worlds 2021 League of Legends meski saat ini turnamen tersebut masih bergulir.

MPL Indonesia Season 8 telah dinobatkan sebagai turnamen esports terpopuler di bulan Agustus dan September mengungguli berbagai turnamen esports lainnya. MPL ID Season 8 juga jadi turnamen Mobile Legends dengan peak viewership tertinggi kedua, hanya kalah dari peak viewership M2.

MPL ID Season 8 juga menjadi turnamen yang paling banyak ditonton dari total jam tayang. Butuh waktu sampai 76,9 jam untuk menyaksikan MPL Season 8. Total hours watched ini mengalami kenaikan 41% dibandingkan musim sebelumnya. 64% penonton MPL Season 8 menyaksikan di Youtube, 30% menonton dari NimoTV dan sekitar 5,5% total viewers menggunakan layanan Facebook. Ini adalah durasi terpanjang dari semua turnamen esports berperangkat mobile, atau turnamen esports berdurasi terpanjang ke-tujuh dari seluruh event esports yang ada.

Ringkasnya, event domestik seperti MPL Season 8 sudah hampir mengimbangi kejuaraan internasional seperti Worlds League of Legends atau The International DOTA 2 berdasarkan total waktu jam tayang. Sementara itu dari peak viewers, MPL Indonesia Season 8 juga terpaut sedikit dari beberapa ajang esports populer lain semacam LOL, DOTA 2 juga dari genre esports mobile seperti Free Fire dan PUBG Mobile.

RRQ HOSHI DAN EVOS LEGENDS TIM TERPOPULER MPL SEASON 8

Meski kedua tim ini tak mampu jadi juara, namun fan base mereka yang masif berkontribusi cukup besar untuk memecahkan rekor viewership MPL Season 8. RRQ Hoshi mencetak rata-rata viewers sebesar 709 ribuan sementara EVOS Legends ditonton rata-rata sebanyak 641 ribu viewers.

Sang juara, ONIC Esports jadi tim populer ketiga dengan rata-rata ditonton oleh 635 ribu viewers. Uniknya, Bigetron Alpha yang terbilang cukup besar malah tak masuk dalam lima besar tim esports terpopuler di MPL Season 8. Posisi keempat dan kelima jatuh kepada Alter Ego dan Aura Fire.

Itu dia beberapa rekor yang tercipat di MPL Indonesia Season 8. Tiap tahun, MPL Indonesia selalu berhasil memecahkan rekor baru berkat antusias dan solidaritas dari para fans. Mampukah MPL musim selanjutnya menciptakan rekor yang lebih mencengangkan?