Eksibisi PON Esports

Belom Kapok! MPL Filipina Kembali Sanksi Dua Tim Diduga Match Fixing

Billy Rifki
13/10/2021 16:00 WIB
Belom Kapok! MPL Filipina Kembali Sanksi Dua Tim Diduga Match Fixing
instagram

MPL Filipina atau MPL PH kembali memberikan sanksi untuk dua tim peserta MPL PH Season 8. Mereka adalah Nexplay EVOS dan Omega Esports yang diduga main "sabun" atau match fixing dalam pertandingan yang terjadi hari ketiga week-7. Di laga tersebut, NXPE dan Omega terlihat seperti main tidak serius. Di match pertama tim NXPE menggunakan 5 flameshot tanpa retribution disertai emblem tak wajar, sementara di game kedua Omega seperti sengaja membiarkan base mereka di push oleh minion dan akhirnya kalah.

Hal ini tentu mengherankan padahal belum lama ada pemain dari Blacklist International yang dikenakan denda. Seakan belum kapok, aksi ini makin mecoreng citra MPL PH di komunitas esports khususnya Mobile Legends. Banyak yang menduga kalau alasan kedua tim melakukan perilaku tersebut karena ingin mengatur posisi mereka di bracket playoffs nanti. Berdasarkan klasemen, NXPE dan OMG ada di peringkat 3 dan 4, tim yang kalah akan menghadapi Blacklist International. Dari penelusuran di kolom komentar halaman yang menayangkan informasi ini, baik NXPE dan OMG sepertinya ingin kalah agar bertemu Blacklist International karena jawara MPL musim lalu tersebut sedang timpang akibat Oheb yang disanksi karena selebrasi melanggar.

Yamisok Nobar


Pihak MPL PH menilai mereka telah melanggar peraturan terkait integritas berkompetisi dan perilaku profesional. MPL PH juga telah memberikan sanksi kepada kedua tim berupa senilai $3000 USD atau sekitar 42 juta Rupiah. Selain itu, kedua tim dan kelima pemain yang bertanding mendapat peringatan serius termasuk dicopot dari nominasi penghargaan MPL PH seperti player terbaik dan lain-lain.

Salah satu pemain dari NXPE, Dogie mendapat sanksi tambahan yakni denda $500 USD atau 7 juta Rupiah akibat melakukan gestur-gestur yang dilarang.

MPL PH menegaskan kalau setiap tim dan pemain terikat dengan peraturan resmi MPL PH, meski begitu, mereka punya tanggung jawab secara pribadi untuk menjaga nilai-nilai integritas dalam berkompetisi. Mereka akan berusaha meningkatkan kualitas MPL PH di season 8 agar pihak yang bertanding secara serius juga para penonton tidak kecewa.

Apa tanggapan kalian Sobat Esports?