Meta Tank Jungler, User Tank Auto Jago Jadi Hyper Carry?

Billy Rifki
19/10/2021 14:10 WIB
Meta Tank Jungler, User Tank Auto Jago Jadi Hyper Carry?
esports.id

Meta tank jungler kian marak akibat dari patch update Mobile Legends 1.6.18. Beberapa hero dari kategori tank ternyata punya potensi jadi hyper carry dampak dari damage retribution yang makin tinggi bila pengguna memiliki maksimum HP besar.

Di MPL Season 8, Aura Fire sudah menunjukan aksi hyper tank dengan Baxia dan Uranus. Penggunaan Barats juga makin marak di public match. Di region lain, ada Akai dan Hylos yang terbukti bisa jadi hyper carry mematikan bila diberi ruang farming. Namun, apakah artinya user tank bisa otomatis jago jadi hyper carry? Tidak semudah itu, berikut beberapa alasan mengapa user tank tidak bisa asal main meta tank jungler!

Yamisok Nobar

- META TANK JUNGLER CUMA MENGUBAH HERO, BUKAN GAMEPLAY

Meta tank jungler saat ini tidak serta merta mengubah gaya main di Mobile Legends. Untuk menang, seorang core atau hyper carry tetap perlu mengambil objektif, memenangkan teamfight dan melakukan rotasi.

Gaya rotasi role tank dan hyper carry atau jungler tentu berbeda. Tank harus membuka map, melakukan zoning, menerima damage dari musuh dan sebagainya. Sementara tank jungler melakukan hal yang sama seperti core assassin atau MM, hanya saja daya tahan tubuh mereka lebih kuat.

Tank jungler memungkinkan tim untuk mengendalikan tempo permainan di awal game karena lebih kuat. Damage retribution juga lebih tinggi tergantung dengan jumlah max HP hero, artinya perebutan turtle dan Lord akan lebih menguntungkan bagi tim yang memakai tank jungler.

- ALUR ROTASI USER TANK DAN HYPER CARRY BERBEDA

Bagi pemain yang terbiasa memakai tank, mereka pasti sudah hapal jalur rotasi bila ingin menyergap musuh. Tank biasanya maju duluan untuk menerima damage dari lawan yang mencoba bertahan. Kalaupun mereka mati, kerugian tim tidak besar karena role tank berperan sebagai pendukung tim.

Namun, saat menjadi hyper tank, kematian harus tetap dihindari. Meski hero seperti Hylos atau Barats mampu menyerap banyak damage, kalian harus memastikan kalau musuh mengalami kerugian lebih banyak dibanding tim kalian.

Hyper tank juga tidak disarankan menginisiasi serangan kecuali sudah ada rekan lain yang bersiap di posisi mereka. Damage dari tank jungler sendiri cukup baik di early game namun akan menurun saat late game, jadi kalian tak bisa terus-terusan sok kuat ketika game belum ada titik cerah memasuki menik ke-15.

- HYPER TANK COCOK UNTUK GAYA MAIN OBJEKTIF & CORE PEMULA

Bila core konvensional seperti assassin dan marksman bisa banyak melakukan freestyle atau mencari kill, hyper tank harus fokus pada objektif. Ini bagus bagi pemain yang baru mau pindah role atau mencoba main jadi hyper carry.

Menggunakan hero tank sebagai jungler memungkinkan kalian untuk survive bahkan bila melakukan salah langkah. Kalian bisa melakukan gank sendiri, mempelajari alur rotasi yang baik, mengetahui cara tercepat membabat monster hutan dan lain-lain.

Sehingga ketika kalian mulai fasih bermain tank jungler, kalian akan merasakan enaknya bermain jungle memakai hero dari kategori assassin atau marksman.

User tank mungkin tidak otomatis jago main hyper carry, tapi yang jelas bermain hyper tank bisa melatih kalian menjadi pemain core yang lebih baik nantinya.