Valentina, Mage Baru Mobile Legends Paling Serbaguna

Billy Rifki
01/12/2021 16:26 WIB
Valentina, Mage Baru Mobile Legends Paling Serbaguna
esports.id, Mobile Legends

Mobile Legends kedatangan hero mage baru bernama Valentina pada update patch 1.6.34 di 22 November lalu. Hero ini punya ciri khas yakni bisa mencuri skill ultimate lawan, mengubah wujudnya menjadi hero tersebut selama durasi tertentu.

Skill ini membuat Valentina tak cuma unik tapi juga serbaguna dalam berbagai situasi. Valentina bisa menyediakan damage aoe, crowd control besar sampai kemampuan cleaw wave masif tergantung dari lawan yang ia duplikasi.

Yamisok Nobar


PENGENALAN VALENTINA

PASIF VALENTINA: PRIMAL FORCE

Pasif Valentina cukup unik karena memberikan exp setiap kali skillnya mengenai hero. Artinya, Valentina bisa mendulang level lebih tinggi dibandingkan lawan meskipun ia memakai sepatu roam asalkan rajin mem-poke musuh saat lane atau rotasi.

Bila damage yang dikeluarkan Valentina mengenai lawan yang levelnya lebih kecil, 60% damage Valentina akan menjadi tambahan HP. Untuk ukuran mage, kemampuan bertahan Valentina sangat membahayakan karena pasif ini.

SKILL 1: SHADOW STRIKE

Valentina mengeluarkan skill berbentuk kipas, memberikan damage dan efek slow serta stack Shadow Sigil. Lawan yang terkena skill ini lagi saat terdampak Shadow Sigil akan mengalami efek terrify selama 0,7 detik. Terrify adalah status efek unik yang membuat hero bergerak seakan linglung karena ketakutan. Skill ini bisa kalian jumpai juga di Vexanna.

Shadow Strike adalah alat poke, clear minion dan damage terbesar dari Valentina. Cooldownnya juga cepat ditambah reduction bila skill 2 Valentina menyerang hero lawan.

SKILL 2: ARCANE SHADE

Skill inisiasi dan kabur Valentina dalam pertempuran. Valentina melompat kedepan sambil menembakkan tiga buah shadow bolt ke arah lawan. Skill ini bisa digunakan kembali dalam durasi 6 detik dan mempersingkat waktu cooldown Shadow Strike selama 1 detik untuk setiap 1 shadow bolt yang mengenai lawan.

Meskipun damage skill ini tak terlalu besar, Valentina terbilang lincah karena punya escape mechanisme yang baik. Ia bisa menyergap musuh atau memancing mereka untuk mengejar tanpa sadar sambil menunggu masa pakai Shadow Strike aktif kembali.

SKILL ULTIMATE: I AM YOU

Valentina berubah menjadi hero target dan mendapat skill ultimate lawan selama durasi 12 detik. Semakin bagus ultimate lawan, semakin bagus juga alasan memakai Valentina. Misalnya musuh menggunakan Pharsa atau Yve, kalian bisa memakai ulti tersebut untuk menyerang kembali lawan memakai skill teman mereka sendiri.

Valentina juga berubah jadi wujud incarannya. Contoh, bila ia berubah jadi Benedetta, maka kalian bisa mendapatkan pasif Elapsed Daytime seperti Benedetta yang asli. Saat memakai Wanwan, Valentina otomatis mengaktifkan ultimate Crossbow of Tang tanpa perlu membuka weakness point musuh.

COCOK DI SEGALA STRATEGI

Kemampuan Valentina meniru jurus musuh membuatnya handal di berbagai strategi. Misalnya bila tim kalian tak memiliki stun, Valentina bisa mengambil cc musuh seperti Akai atau Khufra untuk cc kejutan. Valentina juga berdampak besar saat teamfight bila mengambil utli Pharsa atau merusuh upaya Lord lawan bila mengambil skill pamungkas Yu Zhong.

Sebagai mage yang cukup sustain, Valentina bisa bertransisi sebagai roamer. Bonus dari exp dan kemampuan mobilitas skill duanya membuat hero ini piawai menjalankan tugas sebagai tukang rusuh early game. Musuh perlu mengerahkan lebih dari satu crowd control untuk menjinakan Valentina tank, karena ia bisa kabur dan menambah darahnya saat menyerang balik.

Dijadikan core midlaner pun Valentina punya damage yang tinggi, Arcane Shade bisa digunakan untuk menggocek skill mage lawan lalu menghabisi mereka yang darahnya lembek. Gabungan antara damage burst skill 1 dan dps dari skill 2 dijamin membuat musuh mundur kalau tidak menanti waktu respawn untuk hidup kembali ke Land of Dawn.

VALENTINA TERLALU OP

Namanya hero baru, wajar bila orang melihat Valentina sangat OP. Apalagi memang skillnya benar-benar kuat baik itu skill bawaan maupun kemampuan menjiplak musuh. Jangan heran kalau kalian sulit menggunakan hero ini di rank match.

Valentina juga musti teliti saat mengambil ultimate musuh, jangan sampai mengambil skill yang tak berguna. Misalnya memakai ultimate Alucard atau Gusion yang tidak berdampak pada skill dari Valentina.

Itu dia beberapa alasan mengapa Valentina adalah mage paling serbaguna di meta saat ini. Apakah Valentina akan tetap OP di meta selanjutnya?