5 Pemain Dengan Statistik Terbaik di M3, Blacklist Mendominasi!

Billy Rifki
21/12/2021 12:30 WIB
5 Pemain Dengan Statistik Terbaik di M3, Blacklist Mendominasi!
worlds.mobilelegends.com

Ajang kejuaraan dunia Mobile Legends M3 sudah usai, Blacklist International dinobatkan sebagai juara usai mengalahkan ONIC PH dengan skor 4-0. Dari laga tersebut bisa terlihat kuatnya dominasi Blacklist International sebagai tim maupun permainan para player secara individu.

Dari segi statistik, ada beberapa pemain yang tampil sangat bagus dan mencuat sepanjang gelaran playoffs M3. Oheb yang berstatus sebagai MVP final serta Wise sang jungler menempati posisi 1 dan 2 pemain dengan statistik terbaik di M3. Namun ada pemain lain yang secara mengejutkan juga masuk ke posisi 5 besar. Siapa saja mereka?

Dilihat dari data di atas, terlihat besarnya kontribusi Oheb sebagai pemain dengan kills terbanyak untuk Blacklist International. Oheb tak cuma piawai memenangkan lane dengan hero andalannya seperti Beatrix dan Clint, tapi juga aktif melakukan rotasi terutama untuk menutupi fase farming Wise yang cenderung pasif di early game dan lebih fokus objektif.

Meski Wise bukan tipikal jungler yang agresif, namun permainannya sangat solid dan konsisten. Ia adalah orang yang memastikan Blacklist bisa mengamankan Turtle, Lord dan Turret di early dan mid game. Uniknya, meski Ohmyv33nus jadi pemain dengan pengumpul assist terbanyak di Blacklist dengan 302 total assist, Wise mampu menyumbang setengahnya selama playoffs M3. Ini semua berkat pemilihan hero "global vision" yang sering ia pick seperti Aldous dan Yi Sun-shin.

Di peringkat tiga, Alberttt RRQ Hoshi menjadi core yang berbahaya walau hasil akhir timnya tidak memuaskan. Savage dan maniac-nya di babak grup turut mendongkrak statistiknya ke top three pemain berstatistik terbaik di M3. Alberttt juga punya kills participation yang tinggi, menunjukan kalau gameplay RRQ Hoshi bergantung pada agresifitas Alberttt untuk menyarangkan kill. Taktik ONIC PH dan Blacklist International untuk menekan Alberttt pun terbukti efektif membungkan perwakilan Indonesia tersebut.

Mobazane yang dielu-elukan selama M3 juga termasuk core dengan statistik terbaik selama M3. Reputasinya sebagai pentolan BloodThirstyKings bukan isapan jempol semata. Sama seperti Alberttt, Mobazane adalah kunci permainan BTK. Hampir semua momentum BTK diciptakan oleh Mobazane, apalagi ketika dia memakai hero seperti Balmond dan Saber yang punya ultimate penting di teamfight.

Terakhir, player pujaan Malaysia Cikugais juga tak kalah menterang di playoffs M3. Ciku sudah bergonta-ganti role semenjak tampil di M3, namun konsistensinya sebagai penggendong Todak tak pernah pudar. Salah satu hero terbaiknya di turnamen ini adalah Wanwan. Ia mampu comeback dari ketertinggalan lalu menjadi ancaman tak terhentikan.

Dari statistik individual sebelumnya, bisa diterjemahkan kembali sebagai kesatuan untuk statistik tim secara menyeluruh. Blacklist International punya jumlah assist begitu tinggi sepanjang turnamen. Ohmyv33nus menyumbang 40% dari total assist Blacklist International.

Pun dengan permainan objektif dari Wise yang mencuat lewat statistik Lord, Turtle dan tower kills dari Blacklist yang tak tersaingi tim manapun. Uniknya, ONIC PH yang jadi runner up bukanlah tim dengan statistik terbaik nomer dua melainkan Todak.

Todak membukukan lebih banyak kill dan damage serta turret kills yang lebih baik. Yang membuat ONIC PH merosot adalah kekalahan mereka di grand final yang terbully total oleh Blacklist International.

Itu dia pemegang statistik terbaik di M3. Bagaimana menurut kalian?