Jadi Sponsor MPL, Lita Ingin Buka Peluang Kerja Baru untuk Gamers

Billy Rifki
21/04/2022 13:21 WIB
Jadi Sponsor MPL, Lita Ingin Buka Peluang Kerja Baru untuk Gamers
esports.id interview

MPL Season 9 masih membuktikan sebagai turnamen esports prestisius. Banyak sponsor besar yang masuk menjadi bagian perjalanan kompetisi franchise esports terbesar di Indonesia. Salah satu yang baru bergabung musim ini adalah Lita.

Lita adalah platform jasa main bareng dengan menyediakan talent-talent menarik kepada usernya. Tak cuma mabar, pengguna juga bisa ngobrol, video call dan room chat. Esports.ID mewawancarai perwakilan Lita yang datang ke MPL Arena untuk meramaikan fase playoffs yang akan dimulai hari ini (21/4).

Welfin, Rindah & Jane dari Lita

Welfin dan Rindah selaku tim konten dari Lita menjelaskan lebih detil mengenai platform tersebut dan harapan dari kolaborasi mereka bersama MPL. "Kalau Lita sendiri itu berawalnya bergerak di bidang jasa teman mabar. Selain itu kita ada juga layanan teman curhat. Jadi selain bisa main bareng sambil on voice, kita juga bisa curhat-curhatan loh," jelas Rindah.

Tak menutup kemungkinan juga Lita digunakan untuk mencari jodoh bahkan ada kasus yang berhasil menjalin hubungan serius akibat sering menggunakan Lita menurut penuturan Rindah.

Sebagai konsep platform yang baru, Lita ingin mengenalkan jasa mereka lebih luas dan akhirnya memutuskan bergabung dengan MPL sebagai salah satu sponsor di season 9. "Alasan kita bergabung dengan MPL tentu ingin mengenalkan Lita, karena ini kan konsep baru di Indonesia. Kedua, Mobile Legends ini kan game yang harus menggunakan kerjasama tim, jadi Lita merasa kalau ada orang yang solo rank kan susah, kami menyediakan platform untuk main bareng dengan para talent berskill bahkan pro player," tambah Welfin.

Talent yang Lita miliki bukan cuma wanita-wanita cantik, tapi juga mantan pro player, streamer-streamer terkenal sampai coach bereputasi. Ini sebagai bukti kepedulian Lita terhadap ekosistem esports Indonesia dengan menyediakan peluang kerja bagi para talent berbakat tersebut sambil melestarikan aktifitas game seperti Mobile Legends tetap semarak.

Gabung menjadi talent Lita tidaklah sulit. Syarat pertama harus mempunyai umur cukup yakni 18 tahun, tidak memalsukan foto pribadi dan punya skill bermain game yang baik. Pelamar nantinya akan di screening dan di verifikasi langsung oleh tim Lita.

Platform jasa mabar seperti ini sayangnya rawan disalahgunakan oleh user. Lita menyadari hal ini dan telah memberikan batasan bagi para talent agar mereka tidak mengalami hal yang kurang menyenangkan seperti ucapan-ucapan yang toxic dan merendahkan atau sampai diajak bertemu langsung di luar Lita.

Karenanya, tim Lita melarang video call dengan tujuan tidak baik dan memperingatkan talent untuk tidak bertemu klien di dunia nyata sebagai bentuk proteksi. Selebihnya, para talent harus bisa menjaga diri sendiri dan menyadari resiko bila tergoda oleh hasutan user tak bertanggung jawab.

Rindah pun mengingatkan kepada user untuk memilih talent mabar mereka sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. "Masing-masing user kan berbeda, ada yang emosional, ada yang sabar dan baik. Tapi kadang mereka ngga menyaring teman mabarnya mau seperti apa. Kita punya kriteria untuk teman mabar cewek misalnya punya suara imutkah, mau yang jago kah? Beda orang kan beda kebutuhannya," jelas Rindah.

Untuk mengetahui teman yang kalian butuhkan, Lita telah menyediakan informasi atau keterang talent mereka jadi kalian bisa memilih teman main yang sesuai sebelum push rank.

Terakhir, Welfin berharap bisa terus berkolaborasi dengan MPL di musim depan agar mereka bisa terus menyuarakan Lita sebagai platform mabar dan peluang pekerjaan baru bagi gamer.

"Saat ini kolaborasi dengan MPL sesuai ekspktasi. Kita juga bergabung dengan MPL harapannya bisa mengurangi publik yang toxic. Kedua kami ingin memperkenalkan Lita juga ke publik. Soalnya ini kan model pekerjaan yang baru karena jadi talent Lita itu tidak gratis tapi dibayar. Ada beberapa yang bahkan jadi mata pencaharian hidup, meski masih dipandang sebelah mata, Lita berharap dengan bergabung ke MPL bisa dianggap sebagai pekerjaan yang lumrah," ujar Welfin.

Lita turut hadir menyemarakkan playoffs MPL Season 9 dengan membuka booth di MPL Arena. Kalian bisa mengikuti giveaway mereka dengan cara datang ke MPL Arena, men-download aplikasi Lita, melakukan pendaftaran dan ikuti spinning wheels-nya di lokasi.