Sandiaga Uno Beri Dukungan dan Menyaksikan Kejuaraan Dunia M4

Dandesignlab
09/01/2023 17:06 WIB
Sandiaga Uno Beri Dukungan dan Menyaksikan Kejuaraan Dunia M4
M4 World Championship

Menparekraf, Sandiaga Uno, telah menyaksikan secara langsung Kejuaraan Dunia M4. Ia memberikan dukungannya kepada dua tim perwakilan tanah air di ajang ini yaitu RRQ Hoshi & ONIC Esports yang menjadi kandidat kuat juara M4.

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Wonderful Indonesia juga telah memperkenalkan kuliner khas Nusantara kepada wisatawan yang datang ke venue M4 World Championship.

Kedua tim perwakilan Indonesia yang bertanding pada Kejuaraan Dunia M4 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, telah berhasil mempertahankan eksistensinya dan melaju ke tahap berikutnya pasca menjadi runner up di babak grup. Melihat pencapaian yang luar biasa dari para pemain dan tim perwakilan tanah air, Menteri Pariwisata dan Ekonomi, Sandiaga Uno, telah memberikan dukungan penuh untuk keduanya untuk dapat meraih gelar juara dunia tahun ini.

Setiap pengunjung juga dapat berwisata kuliner di FnB Area by GrabFood yang terdapat berbagai macam makanan tradisional Indonesia. Dengan menggandeng UMKM binaan, M4 diharapkan menjadi sebuah acara yang dapat mendorong ekonomi kreatif di Tanah Air.

"Kami yakin dengan kolaborasi antara Wonderful Indonesia dan M4, kami percaya bahwa industri esports khususnya Mobile Legends: Bang Bang akan mendorong tahun 2023 yang jauh lebih optimistis dalam hal pemulihan pascapandemi," Menparekraf Sandiaga Uno.

M4 merupakan serie ke-4 dari Kejuaraan Dunia Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) yang merupakan turnamen tertinggi di ekosistem esports Mobile Legends. Tim Indonesia yaitu EVOS Legends telah menjadi tim pertama yang menjuarai kejuaraan ini, dan disusul oleh tim Filipina, BREN Esports & Blacklist International. 

Kejuaraan Dunia M4 diselenggarakan mulai 1-4 Januari 2023 untuk babak grup dan 7-15 Januari 2023 untuk fase knockout. Terdapat 16 klub dari 13 region yang bertanding untuk menjadi tim dan pemain terbaik sekaligus memperebutkan gelar juara dunia Mobile Legends: Bang Bang. Seluruh tim saat ini tengah berlomba-lomba memperebutkan total hadiah senilai 800 ribu USD atau sekitar Rp 12,5 miliar.

Menparekraf Sandiaga Uno memberikan pesan kepada seluruh pecinta MLBB Esports di Indonesia bahwa "Jadilah tuan rumah yang baik dan humble. Ingat untuk terus ramah. Tunjukkan bahwa ramah adalah jati diri kita. Tunjukkan bahwa kita sangat indah dan kita bisa menjadi tuan rumah bagi turnamen yang hebat."

Peta esports di Indonesia telah berkembang secara eksponensial selama beberapa tahun terakhir. Turnamen Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia mencapai angka 2,8 juta penonton yang menonton secara bersamaan di sejumlah platform digital di musim ke-9 liga profesional itu, dan menjadi liga esports pertama yang mengimplementasikan sistem franchise di Tanah Air dengan total prizepool sebesar USD 300 ribu atau setara dengan Rp 4,5 miliar. 

Di 2022, Indonesia juga berhasil menjadi juara umum turnamen International Esports Federation yang diselenggarakan di Bali beberapa waktu Silam dengan tim MLBB yang berhasil menjadi juara satu setelah berhasil mengalahkan rivalnya tim asal Filipina.

Selain itu, di tahun ini liga MLBB lokal kedua terbesar, Mobile Legends: Bang Bang Development League Indonesia juga membuka kesempatan untuk pemain-pemain level amatir untuk meraih mimpi mereka menjadi atlet atau pemain profesional MLBB melalui MDL Open Qualifiers. Semua tim yang ada di Indonesia dapat mendaftar mulai 2-12 Januari 2023 dan dua tim terbaik akan langsung mendapatkan slot regular season MDL Indonesia Season 7.

Selain Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kejuaraan Dunia M4 juga mendapatkan dukungan dari Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI).