Pesan Presiden Joko Widodo Untuk Atlet Indonesia di SEA Games 2023

Dandesignlab
03/05/2023 17:33 WIB
Pesan Presiden Joko Widodo Untuk Atlet Indonesia di SEA Games 2023
@timindonesiaofficial

Harapan besar dan terbaik untuk Indonesia.

Presiden Joko Widodo telah resmi melepas para atlet Timnas Indonesia yang akan bertanding di SEA Games 2023 Kamboja pada Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/5/2023). Melalui akun sosial media Instagram (@garudaku.esi), beliau memberikan pidato singkat yang mengutarakan pesan dan harapan besar sang presiden Indonesia untuk para atlet agar berjuang keras serta meraih hasil terbaik pada kejuaraan SEA Games ke-32 Kamboja tahun ini.

Joko Widodo selaku Presiden Indonesia berpesan bahwa beliau meminta para atlet Timnas Indonesia dapat meraih medali emas di atas angka yang dikoleksi pada tahun lalu ketika di Vietnam. Beliau juga ingin agar Indonesia naik peringkat, dari urutan ketiga menjadi urutan kedua atau pertama.

"Di SEA Games Vietnam, kita memperoleh medali 69 emas. Peringkat kita di peringkat ke-3. Sekarang mestinya lebih dari itu. Saya minta, emasnya ada di atas 69. Peringkatnya juga di atas 3, pilihannya hanya ada (posisi) dua atau satu," Pesan Bapak Presiden Joko Widodo pada pidato pelepasan kontingen Indonesia melalui video Instagram (@garudaku.esi).

Presiden Joko Widodo Yakin Para Atlet Telah Siap dan Matang Jelang SEA Games 2023!

Joko Widodo yakin bahwa para atlet yang akan bertanding dan berjuang di SEA Games 2023 Kamboja telah berbekal kemampuan dan latihan yang mumpuni. Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, dalam laporannya menambahkan bahwa Timnas Indonesia akan mengikuti 31 dari 36 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

Jumlah atlet Indonesia di SEA Games Ke-32 tercatat sebanyak 599 atlet yang didampingi oleh pelatih dan ofisial sebanyak 230 orang, serta dukungan tim headquarter dan tenaga keolahragaan yang terdiri atas dokter, paramedis, masseur, dan tim recovery sebanyak 55 orang. Dito Ariotedjo juga telah resmi mengukuhkan keseluruhan Tim Indonesia untuk SEA Games Kamboja 2023.

Atlet Timnas Esports Indonesia Sudah Bersedia Tanding di SEA Games 2023 Kamboja!

Para atlet Timnas Indonesia cabang olahraga elektronik (Esports) telah menjalankan sejumlah kualifikasi dan latihan yang matang berdasarkan dokumentasi dari Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI). Pada laporan 15 April 2023, Timnas VALORANT telah diberangkat ke Korea Selatan untuk melaksanakan pelatihan khusus yang bertujuan untuk mengasah serta memaksimalkan kemampuan para atlet Timnas Indonesia dengan cara melawan beberapa tim terbaik pada kontingen tersebut.

“PB ESI berkomitmen tinggi terhadap visi-misinya untuk mengembangkan esports sebagai cabang olahraga prestasi yang terpandang di mata Indonesia maupun dunia. Maka, kami menetapkan target yang cukup tinggi untuk SEA Games ke-32 Kamboja 2023, dan kami pun berupaya semaksimal mungkin untuk mencapai target tersebut, salah satunya melalui kerja sama dengan organisasi esports yang telah diakui secara internasional dalam
mengadakan training camp untuk tim nasional VALORANT,”

“Para atlet Valorant Indonesia masih memiliki ruang yang begitu besar untuk bertumbuh. Kami sangat yakin dengan potensi yang mereka tunjukkan, sehingga kami tidak segan menargetkan prestasi tertinggi dan bahkan mengirimkan mereka ke training camp secara tersendiri di Korea Selatan. Niscaya, semua persiapan ini akan membuahkan hasil terbaik di panggung SEA Games ke-32 Kamboja 2023,” ujar Frengky Ong selaku Sekretaris Jenderal PB ESI.

Richard "frgdibtj" Permana selaku Deputy Head Coach of Timnas Esports Indonesia juga telah membagikan kegiatan para Timnas Cross Fire yang memiliki skema serupa di mana para atlet telah diberangkatkan ke Hangzhou, Cina, demi mengukuhkan performanya. Beliau mengungkap bahwa hal tersebut dilakukan demi menambah pengalaman para atlet Timnas Indonesia.

"Di Cina, karena kiblat CrossFire ialah Cina, skenanya sangat hidup. Tim terbaik di sini (Cina) semua. Tim Vietnam juara satu SEA Games kemarin pun latihannya lawan Cina,"

"Di Korea Selatan karena bisa lebih leluasa untuk menambah pengalaman dengan bertanding (scrim) melawan tim Cina, Korea, Jepang di luar region SEA yang sudah sering kita jalani." ungkap Richard Permana ekslusif kepada Esports ID.

Mari kita dukung terus para atlet Timnas Indonesia, baik dari cabang olahraga tradisional maupun esports, agar dapat bertanding dengan maksimal dan mengharumkan nama Tanah Air di SEA Games 2023 Kamboja.

Esports Indonesia, Jaya Jaya Jaya!