UniPin Ladies Series S3 Kembali Wadahi Gamers Wanita

Billy Rifki
30/07/2023 02:32 WIB
UniPin Ladies Series S3 Kembali Wadahi Gamers Wanita
press release

Gelaran turnamen Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) khusus ladies, UniPin Ladies Series, kembali hadir dalam season ketiganya. Tim perempuan terbaik dari seluruh Indonesia akan kembali bertarung memperebutkan gelar juara pada turnamen yang akan berlangsung dari Agustus hingga September mendatang.

Melanjutkan season pertama dan keduanya yang sukses besar,  UniPin Ladies Series Season 3 diselenggarakan sebagai ajang untuk mengakomodasi animo dan popularitas para gamers perempuan di tanah air yang semakin meningkat.

Survey yang dilakukan Inmobi menyatakan bahwa jumlah gamer pria dan perempuan saat ini hampir sama besar. Artinya, gamer perempuan saat ini juga memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam kemajuan industri esports nasional. Hal ini terbukti dengan season pertama UniPin Ladies Series yang berhasil menjadi turnamen esports khusus perempuan terpopuler kedua di seluruh dunia dengan jumlah total penonton mencapai lebih dari 10,5 juta views di YouTube.

Ketertarikan masyarakat terhadap gamer perempuan dalam esports diperkirakan akan makin meningkat di 2023 dan di tahun-tahun selanjutnya. Hal ini mendorong para pelaku industri untuk menguatkan komitmennya dalam mendukung pengembangan talenta melalui penyelenggaraan turnamen-turnamen esports di tingkatan yang lebih kompetitif. Kehadiran UniPin Ladies Series diharapkan akan kembali memuaskan dahaga para penonton esports Indonesia akan hiburan berkualitas lewat kompetisi esports khusus perempuan.

Turnamen UniPin Ladies Series Season 3 akan dibuka dengan Regular Season yang berlangsung selama tiga minggu. Pada Regular Season, dua tim juara turnamen UniPin Ladies Development Series (ULDS) yaitu Dewa United Eve dan Kraken Gwyn akan dipertemukan dengan enam tim undangan dari season sebelumnya yaitu Bigetron Era, RRQ Mika, MBR Delphyne, Tiger Wong Seiren, Kagendra, dan GPX Basreng. Kemudian di babak Playoff sebagai puncaknya, enam tim teratas dari regular season akan bermain dalam sistem Double Elimination untuk memperebutkan gelar juara dan total hadiah senilai Rp200 juta.

Selain turnamen MLBB, UniPin Ladies Series Season 3 juga dimeriahkan dengan Cosplay Competition dan UNITY Caster Hunt. Seluruh rangkaian acara UniPin Ladies Series Season 3 ini merupakan bukti nyata dari komitmen UniPin dalam berperan aktif guna mengembangkan ekosistem di industri gaming.

Debora Imanuella selaku SVP dari UniPin Community menjelaskan pentingnya UniPin Ladies Series sebagai ajang gamer perempuan untuk mengasah skill dan unjuk gigi.

"Asia Tenggara merupakan rumah bagi 250 juta mobile gamers, dengan market terbesarnya yaitu di Indonesia yang memiliki jumlah gamer perempuan yang hampir setara dengan pria. Namun, kebanyakan dari player tersebut baru bermain mobile games saja tanpa pernah berkompetisi secara profesional. Oleh karena itu, turnamen khusus  perempuan sangat penting untuk diadakan supaya para perempuan menjadi familiar dengan skema kompetisi, sehingga mereka siap bersaing dan berprestasi, serta menjadi kebanggaan bagi Indonesia di level internasional nantinya," ucap Debora.

Dukungan Penuh PBESI

Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) selaku organisasi yang mewadahi semua kegiatan esports di Indonesia juga menyampaikan harapan dan dukungannnya kepada salah satu turnamen perempuan terpopuler di Indonesia ini.

“PBESI mendukung penuh penyelenggaraan UniPin Ladies Series ini. Turnamen ini kami harapkan dapat menjadi motor penggerak yang akan menumbuhkan kesetaraan gender dalam industri esports saat ini, serta mengasah bakat dan kepercayaan diri para atlet esports perempuan yang berpartisipasi di dalamnya,” ujar Christian Suryadi selaku Kepala Bidang Wasit dan Pelatih PBESI.

Tak ketinggalan, Yosephine Andjani selaku Esports Ecosystem Manager dari Moonton Indonesia juga mengutarakan dukungannya terhadap turnamen ini.

“Kehadiran UniPin dan pencapaian MLBB Ladies juga sejalan dengan pilar penting yang dibawa Moonton Games yaitu inklusivitas. Artinya, kami tidak membeda-bedakan gender dan juga hal lainnya yang dapat menjadi tembok pemisah bagi mereka yang ingin masuk ke industri esports. Semua khalayak berhak dan bisa menikmati esports lewat cara mereka masing-masing. Ada yang menempuh jalur professional player, ada yang menjadi caster, menjadi pemimpin komunitas seperti kak Debora, coach, dan masih banyak kesempatan lainnya. Esports for Everyone.”

Turnamen UniPin Ladies Series Season 3 terselenggara berkat dukungan dari para partner dan sponsor yaitu KDArena, Bank BCA, Advan, Sandisk, Samsung Odyssey, Biznet, Digital Alliance, TikTok, Vidio, Bintaro Jaya Xchange Mall, Fried Chicken Master, dan Goldshark; serta dukungan dari pemerintah melalui PBESI dan dari game publisher melalui MPL ID.

Turnamen UniPin Ladies Series Season 3 dapat disaksikan secara daring di akun YouTube UniPin Gaming. Informasi dan detail lebih lanjut terkait UniPin Ladies Series Season 3 dapat diakses secara langsung melalui akun Instagram UNITY @unipincommunity dan akun Instagram Ladies Series @unipinladiesseries. Selain itu, seluruh informasi terkait UniPin dan aktivitas lainnya dapat dilihat di @unipinindonesia.