Turnamen Komunitas MPL ID, Hubungkan Komunitas & Penyaluran Bakat

Billy Rifki
30/10/2023 14:32 WIB
Turnamen Komunitas MPL ID, Hubungkan Komunitas & Penyaluran Bakat
Press release

Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia Season 12 memiliki banyak kejutan. Mulai dari hadirnya tim baru di ekosistem MPL Indonesia (Dewa United E-sports), hadirnya MLBB Indonesia Community Cup, Geek Fam yang berhasil melaju ke babak final dan menjadi perwakilan Indonesia untuk Kejuaraan Dunia M5, hingga lahirnya Turnamen Komunitas MPL Indonesia yang semakin memberikan kesempatan bagi para pemain grassroots untuk mewujudkan mimpi mereka menjadi pemain profesional MLBB.

Turnamen Komunitas MPL Indonesia adalah sebuah platform untuk menghubungkan seluruh komunitas yang ada dalam ekosistem esports MLBB. Setiap komunitas akan memiliki kualifikasi skala besar untuk memilih tim perwakilan. Kemudian, pemenang dari setiap kualifikasi bersaing secara offline di playoffs MPL Indonesia.

"Turnamen Komunitas MPL Indonesia adalah salah satu inisiasi kami dalam menghubungkan semua komunitas yang ada di ekosistem MLBB. Bukan cuma itu, ini juga menjadi bukti nyata Moonton Indonesia yang konsistensi dalam memajukan ekosistem esports di Indonesia dengan cara memberikan ruang bagi pemain grassroots untuk mengasah kemampuan mereka yang membuat bakat mereka bisa dilihat oleh para tim esports di Indonesia. Selain itu, fans dari seluruh tim esports yang tadinya hanya sebagai super fans, kini memiliki kesempatan untuk mewakili tim mereka lebih jauh lagi," ujar Azwin Nugraha, PR & Communications Manager Moonton Indonesia.

Komunitas Evos Fams

Di season kali ini, turnamen komunitas terdiri dari 12 tim yang melibatkan komunitas dari 9 tim MPL Indonesia, Community Hero, Moonton Student Leader, dan juga ada tim dari kualifikasi terbuka di komunitas Facebook MPL Indonesia. Turnamen Komunitas di musim ini, terbagi menjadi tiga fase mulai dari kualifikasi terbuka masing-masing komunitas, regular season, dan juga playoffs.

Derby Klasik juga terjadi di Turnamen Komunitas MPL Indonesia dan EVOS Fams keluar sebagai komunitas terkuat di musim ini dengan catatan clean sheet, setelah akhirnya berhasil mengalahkan RRQ Kingdom dengan skor telak 3-0.

Di musim yang akan datang, MPL Indonesia akan bekerjasama lebih dalam lagi bersama seluruh stakeholders terutama dengan tim MPL Indonesia. Rencananya, setiap tim akan mengadakan kualifikasi terbuka sehingga dalam mencakup fans MLBB Indonesia dalam skala lebih besar lagi.